Laman

Rabu, 13 Desember 2017

DAN BAIRD




Dilahirkan dengan nama Daniel John Baird pada 12 Desember 1953, di San Diego adalah seorang penyanyi dan penulis lagu, musisi dan produser Amerika. Dia dikenal sebagai penyanyi utama dan gitaris ritem dari band rock pemuncak tangga lagu tahun 1980an The Georgia Satellites. Baird membentuk The Georgia Satellites pada tahun 1980 dan meninggalkan band pada tahun 1990 untuk mengejar karir solo. Dia sering dikreditkan sebagai pelopor musik cowpunk dan alt-country, yang menggabungkan unsur musik rock, musik country, outlaw country, dan punk rock.

Baird melakukan tur dan rekaman dengan bandnya Homemade Sin, yang saat ini menampilkan dua mantan anggota The Georgia Satellites, Baird dan drummer Mauro Magellan. Mantan anggota bassis Georgia Satellites Keith Christopher digantikan pada tahun 2014 oleh Micke Nilsson. Homemade Sin juga menampilkan gitaris Warner E. Hodges, yang tur dan rekaman dengan Jason & the Scorchers.


Homemade Sin menampilkan campuran materi solo Baird di samping lagu hits dan favorit penggemar dari tahun-tahun dengan The Georgia Satellites. Untuk mencapai suara amplifier tabung klasik yang serupa dengan Homemade Sin, Baird sangat bergantung pada konfigurasi vintage yang sangat mirip dengan apa yang digunakan selama masa jabatannya dengan The Georgia Satellites. Menciptakan kebingungan bagi beberapa penggemar, ada versi reformasi The Georgia Satellites yang menampilkan gitaris asli Rick Richards dan bassis Rick Price, yang bergabung dengan grup tersebut untuk menggantikan bassis asli Keith Christopher, yang meninggalkan band sebelum ketenaran mereka.


Lahir dan dibesarkan di San Diego, Baird pindah ke Atlanta, Georgia pada usia remaja awal. Selain The Georgia Satellites, dia telah mengerjakan berbagai proyek musikal dan merupakan produser rekaman. Baird memiliki banyak gitar dan amplifier vintage. Gitar kesukaannya adalah Fender Esquire asli yang merupakan milik Steve Marriott, yang merupakan penyanyi utama band Inggris Small Faces and Humble Pie. Dengan The Georgia Satellites, Baird bekerja dengan produser Ian McLagan, yang juga anggota Small Faces. Baird dengan bahagia menikah dan tidak minum alkohol. Selama tur, Baird sering ditemukan berolahraga di gym hotel. Menurut blog Baird di MySpace, ia bertemu Neil Young di sebuah ruang ganti hotel. Keduanya membahas gitar dan amplifier, dan Young memuji Baird pada musiknya.

Baird merilis album solo pertamanya, Love Songs for the Shearing Impaired, pada bulan Oktober 1992. CD ini diproduseri oleh Brendan O'Brien dengan Produser Eksekutif Rick Rubin, yang mendirikan Def American Recordings. Sebuah ulasan di majalah Rolling Stone memuji kombinasi rock redneck yang menghentak dan lirik cerdas yang licik:


"Ini adalah bagaimana bluesed-up macho rock harus dilayani: mendesis panas dan ekstra ramping, dibumbui dengan selera humor yang licik. Pada debut solonya, Love Songs for the Hearing Gairair, mantan pentolan Georgia Satellites tersebut memberikan perhatian seperti seorang yang cerdas. Baird membagi dongeng kulit putih dengan boogie yang berasal dari Chuck Berry, namun gitarnya memancarkan kedekatan yang menyengat. Tidak Retro - sungguh." 

"I Love You Period", single dari album, masuk tangga lagu pada tanggal 10 Oktober 1992 dan mencapai puncak di # 26 di Billboard Hot 100. "The One I Am" masuk tangga lagu pada tanggal 23 Januari 1993 dan mencapai puncak di # 13 di chart Billboard untuk Album Rock Tracks.


Pada tahun 2005, Baird mulai tur dengan bandnya Homemade Sin. Dia telah merekam dengan artis lain, termasuk The Yayhoos dan Will Hoge. Baird adalah salah satu anggota band Hoge yang asli sebelum pergi untuk mengejar karir individu. Baird juga tampil sebagai anggota band musik country Trent Summar & the New Row Mob.

Baird juga berada di band saksofon milik Bobby Keys The Suffering Bastards. Dia juga bermain dengan band The Bluefields, sebuah band rock Amerika yang juga menampilkan Warner E. Hodges dan Joe Blanton (Royal Court of China).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...