Laman

Minggu, 10 Desember 2017

JILL SAWARD




Dilahirkan pada 9 Desember 1953 di London, Inggris adalah seorang penyanyi, musisi dan komponis Inggris, yang dikenal sebagai suara utama dari band jazz-funk asal Inggris Shakatak.


Dia memulai karir musiknya pada usia 16 tahun, dengan band jazz rock progresif Inggris Fusion Orchestra, dari tahun 1969 sampai 1972, mendominasi klub Inggris pada saat itu.


Jill Saward dan the Fusion Orchestra mendapatkan pengikut penggemar yang mendapatkan kontrak rekaman dengan EMI Music untuk memproduksi album pertama mereka Skeleton in Armour, sebuah album yang segera mendapat pengakuan kritis atas debutnya, dan sekarang dianggap sebagai barang kolektor yang sangat dicari. 

Setelah band Fusion Orchestra berpisah, Saward terlibat dalam grup wanita baru, yang bernama Brandy. Bandini, diproduksi oleh Polydor, aktif selama sekitar tiga tahun di Inggris dan Eropa, sebelum bubar pada tahun 1976.


Saward kemudian ditemukan oleh pemimpin band Nicky North yang mengundangnya untuk tampil di 'Cats Whiskers' dengan band funk soulnya sendiri. Dia juga mendapatkan nama untuk dirinya sendiri sebagai salah satu penyanyi sesi Inggris saat itu. Saward juga memiliki jabatan singkat dengan kelompok musikal wanita, yang bernama Citizen Gang, yang dibangun oleh produsen Perancis Orpheus Productions, dan masih berhasil berkolaborasi dengan Nicky North Band. Pada periode inilah ia bertemu band, Nigel Wright dan Roger Odell, yang masih menjadi komponen band jazz-funk Shakatak.


Melalui mereka, Saward dapat merekam beberapa vokal di trek eksperimental dari sebuah lagu berjudul "Steppin", dan setelah sembilan lagu top ten hits, Saward diundang untuk menjadi bagian permanen grup tersebut dan mulai tur ke seluruh dunia.

Dia menjadi suara utama Shakatak yang berbagi kesuksesan selama lebih dari 35 tahun. Band ini masih tur dan rekaman dan masih populer di seluruh dunia, terutama di Eropa dan Timur Jauh. Mereka biasanya menerbitkan album baru setiap dua tahun untuk JVC Records and Secret Records.

Meski terus melakukan tur dan rekaman, Saward selalu berhasil menemukan waktu untuk mengembangkan proyek baru, dan masih terus menulis dan merekam materi baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...