Laman

Jumat, 22 Desember 2017

ALAN PARSONS




Dilahirkan pada 20 Desember 1948 di London, Inggris.

Pada bulan Oktober 1967, pada usia 18, Parsons bekerja sebagai asisten penata rekaman di Abbey Road Studios, di mana ia mendapatkan kredit pertamanya di LP Abbey Road. Dia menjadi rutin di sana, merancang proyek seperti Wild Life dan Red Rose Speedway milik Paul McCartney, lima album oleh Hollies, dan The Dark Side of the Moon milik Pink Floyd, dimana dia menerima nominasi Grammy Award pertamanya. Dia dikenal melakukan lebih dari apa yang biasanya dianggap sebagai lingkup tugas penata rekaman. Ia menganggap dirinya sebagai direktur rekaman, menyamakan kontribusinya dengan rekaman tentang apa yang Stanley Kubrick berikan pada film. Ini terlihat dalam karyanya dengan "Year of the Cat" milik Al Stewart, di mana Parsons menambahkan bagian saksofon dan mengubah konsep rakyat asli menjadi balada yang dipengaruhi jazz yang menempatkan Al Stewart ke tangga lagu. Hal ini juga terdengar dalam pengaruh Parsons pada “He Ain’t Heavy, He’s My Brother” dan "The Air That I Breather" milik the Hollies, berbeda secara tajam dari tahun hits terkenal 1960an mereka "Stay", "Just One Look", "Stop! Stop! Stop! " atau "Bus Stop". 
Parsons juga diketahui telah menukar pergeseran selama mengerjakan Dark Side of the Moon sehingga ia bisa bekerja sepenuhnya pada proyek tersebut.

Parsons juga memproduksi tiga album oleh Pilot, sebuah band pop rock Skotlandia yang terdiri dari Ian Bairnson pada gitar, Stuart Tosh pada drum, dan David Paton pada vokal, gitar, bass dan William (Billy) Lyall, piano dan kibords. Hit mereka meliputi "January" dan "Magic".

Dia juga mencampur album debut oleh band Amerika Ambrosia dan menghasilkan album kedua mereka Somewhere I've Never Traveled. Parsons dinominasikan untuk Grammy Award untuk kedua album ini.


Pada tahun 1975, dia menolak undangan Pink Floyd untuk kembali dan mengerjakan tindak lanjut untuk "Dark Side," Wish You Were Here, dan kemudian memulai Proyek Alan Parsons dengan produser dan penulis lagu (dan penyanyi sesekali) Eric Woolfson, yang dia pernah bertemu di Abbey Road. Proyek ini terdiri dari sekelompok musisi revolusioner dan vokalis studio, terutama anggota Pilot dan (di album pertama) anggota Ambrosia . Tidak seperti kebanyakan kelompok rock, Alan Parsons Project tidak pernah tampil live selama masa jayanya, meski merilis beberapa video musik. Satu-satunya pertunjukan live selama inkarnasi aslinya adalah pada tahun 1990, dengan kehadiran Woolfson namun di balik layar. Setelah merilis sepuluh album, yang terakhir di tahun 1987, Proyek dihentikan pada tahun 1990 setelah Parsons dan Woolfson berpisah, dengan album 11 yang direncanakan Proyek yang dirilis tahun itu sebagai album solo Woolfson. Parsons terus merilis karya atas namanya sendiri dan bekerja sama dengan musisi lain. Parsons dan bandnya sekarang secara teratur mengunjungi banyak belahan dunia.

Meskipun vokalis, keyboardis, bassis, gitaris dan flautis berbakat, Parsons hanya menyanyikan bagian-bagian yang tidak biasa dan insidentil pada albumnya, seperti vokal latar "Time" . Sementara keyboardnya bermain sangat terdengar di album Alan Parsons Project, sangat sedikit rekaman yang menampilkan serulingnya. Selama akhir 1990-an, karier Parsons menempuh lingkaran penuh yang menarik. Setelah memulai di industri musik di Abbey Road Studios di London sebagai asisten penata rekaman di akhir tahun 1960an, dia sempat kembali untuk mengelola studio secara keseluruhan. Dia dilaporkan berhasil menggabungkan peran ini dengan tuntutan jadwal pertunjukan dan rekaman yang padat. Parsons juga melanjutkan produksi selektifnya untuk band lain.

Dari semua kolaboratornya, gitaris Ian Bairnson yang lama bekerja dengan Parsons, termasuk album post-Woolfson milik Parsons, Try Anything Once, On Air, dan The Time Machine.

Pada tahun 1998, Parsons menjadi Wakil Presiden EMI Studios Group termasuk Abbey Road Studios. Dia segera meninggalkan jabatan itu, memutuskan untuk kembali ke usaha yang lebih kreatif. Parsons tetap sebagai konsultan kreatif dan associate producer untuk grup tersebut.

Selain menerima penghargaan emas dan platinum dari banyak negara, Parsons telah menerima sepuluh nominasi Grammy Award untuk penata rekaman dan produksi. Pada tahun 2007 ia menerima nominasi untuk Best Surround Sound Album untuk A Valid Path.

Dimulai pada tahun 2001 dan diperluas selama empat tahun, Parsons memahami dan memimpin sebuah acara penghargaan Beatles yang berjudul A Walk Down Abbey Road yang menampilkan sekelompok penampil terkenal seperti Todd Rundgren, Ann Wilson dari Heart, John Entwistle dari The Who, dan Jack Bruce dari Cream. Struktur acara termasuk satu bagian pertama di mana semua musisi berkumpul untuk saling membawakan hit masing-masing, dan bagian kedua yang menampilkan semua lagu Beatles.

Sejak tahun 1999 ia melakukan tur dengan nama yang direvisi, Alan Parsons Live Project (dengan izin dari Woolfson). Band ini saat ini menampilkan penyanyi utama PJ Olsson, gitaris Alastair Greene, drummer Danny Thompson, keyboardist Manny Focarazzo, keyboardist Tom Brooks, gitaris bass Guy Erez, vokalis dan saksofonis Todd Cooper, dan gitaris dan vokalis Dan Tracey. Band ini tampil live di MedellĂ­n, Colombia pada tahun 2013 sebagai Alan Parsons Symphonic Project dalam sebuah pertunjukan yang direkam untuk televisi Kolombia dan juga dirilis dalam bentuk CD (live 2-CD) dan DVD (Mei 2016).

Pada bulan Mei 2005, Parsons muncul di Canyon Club di Agoura Hills, California, untuk mencampur suara secara langsung untuk band penghormatan Pink Floyd berbasis California Selatan Which One's Pink? dan penampilan mereka dari The Dark Side of the Moon secara keseluruhan.

Pada tahun 2010, Parsons merilis single "All Our Yesterdays" melalui Authentik Artists. Parsons juga meluncurkan seri DVD pada tahun 2010 berjudul The Art and Science of Sound Recording ("ASSR") pada produksi musik dan proses rekaman audio yang lengkap. Single "All Our Yesterdays" ditulis dan direkam selama pembuatan ASSR. Serial yang diceritakan oleh Billy Bob Thornton, memberikan tutorial terperinci mengenai hampir semua aspek proses perekaman suara. 

Selama tahun 2010, beberapa laporan media, salah satunya termasuk kutipan dari perwakilan Parsons, menuduh bahwa lagu "Need You Now" oleh grup musik country Lady Antebellum menggunakan melodi dan aransemen "Eye in the Eye."

Parsons memproduksi album Jake Shimabukuro, Grand Ukulele, yang dirilis pada tanggal 2 Oktober 2012. Selain itu pada tahun 2012, ia menyumbangkan vokal dan keyboard dan gitar di lagu "Precious Life" oleh duo musik Jerman Lichtmond, dan tampil dengan banyak musisi progressive rock lainnya di album The Prog Collective oleh Billy Sherwood, menyanyikan "The Technical Divide."

Parsons mengerjakan album solo ketiga oleh Steven Wilson, The Raven that Refused to Sing (And Other Stories), yang dirilis pada 25 Februari 2013.

Pada akhir 2013, sebuah album live yang direkam dalam tur di Jerman dan Austria dengan judul LiveSpan dirilis, disertai oleh single berjudul "Fragile" dengan Simon Philips pada drum.

Legacy Recordings, divisi katalog Sony Music Entertainment, merayakan ulang tahun ke 35 Eye in the Sky, dengan merilis box set kolektor deluxe definitif, yang menampilkan materi langka dan belum pernah dirilis, pada 17 November 2017.

Parsons lahir di London. Ia tinggal di Santa Barbara, California, bersama istrinya Lisa dan kedua putrinya, Tabitha dan Brittni, serta banyak hewan peliharaan. Ia memiliki dua putra, Jeremy (Jerry) dan Daniel, dari pernikahan sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...