Laman

Minggu, 30 April 2017

MARK KENDALL




Dilahirkan pada 29 April 1957 di Loma Linda, California. Dia dikenal sebagai anggota pendiri dan gitaris utama dari band Dante Fox, yang kemudian menjadi Great White.


Kendall tumbuh di Huntington Beach, Califronia. Dia datang dari keluarga yang berkata secara musik, dengan ibunya yang berprofesi sebagai seorang penyanyi jazz, ayahnya memainkan trumpet jazz, dan kakeknya, seorang pianis terlatih secara klasik mulai usia 13 tahun. Dengan demikian, Mark mendengarkan musik mulai usia dini, dan tidak pernah kehilangan kemampuannya dan bakat musik yang dia dapat dalam DNAnya.

Dia menerima gitar pertamanya pada usia 9 tahun setelah menyaksikan sebuah band lokal berlatih si sebuah garasi tetangganya. Ayahnya memberiknya sebuah gitar akustik Kay untuk hari ulangtahunnya dan dia mulai membangun sebuah bakat untuk mempelajari lagu sendiri. Natal berikutnya ayahnya membelikannya sebuah gitar listrik dan amplifier. Selain itu, ayahnya juga membelikannya tiga buah album: Are You Experience milik The Jimi Hendrix experience, Disraeli Gears milik Cream, dan Strange Days milik The Doors. Rekaman-rekaman ini terbukti sebagai pengaruh besar pada kehidupan musiknya.


Di kelas empat dia sudah tampil di perunjukan bakat sekolah dengan seorang teman, membawakan empat lagu: "Wipe Out", "Pipeline", "Gloria" dan "Secret Agent Man". Sejak itu, dia tidak pernah meninggalkan gitarnya bahkan saat memasuki masa remajanya. Mulai usia 8 hingga 18 tahun, dia memainkan baseball sebagai seorang pitcher yang dipersiapkan untuk menjadi seorang pemain profesional. Pada saat usia 18 tahun, lengannya mulai terasa sakit setelah tiga inning setiap kali dia melakukan pertandingan dan berakhir dengan memutuskan bahwa membuat musik akan menjadi kehidupan dan prioritasnya.

Kendall mendengar tentang seorang penyanyi bernama Jack Russell pada akhir 1978 dan memintanya untuk mengikuti audisi untuk bandnya ZZYZK yang memainkan materi asli dan cover. Saat itulah mereka memutuskan untuk membuat band mereka sendiri. Versi pertama dari band bernama Highway. Kemudian mereka merubahnya menjadi Livewire dan akhirnya mereka memainkan satu pertunjukan terakhir dibawah nama Wires. Kemudian pada 1979 Jack Russell ditangkap untuk kasus penembakan dalam usaha membantu sebuah perampokan dan dihukum 8 tahun penjara. Semua anggota band berpidah yang meninggalkan Kendall untuk memulai dari awal lagi. Mereka mantap dengan seorang penyanyi wanita bernama Lisa Baker. Nama yang mereka putuskan adalah Dante Fox. Saat George Lynch meminta Lisa untuk bergabung dengan bandnya Exciter beberapa bulan kemudian Kendall meminta seorang penyanyi bernama Butch Say untuk bergabung, yang memiliki gaya Rob Halford. Mereka bermain di seputaran kancah Los Angeles dan Orange County untuk tahun berikutnya. 


Kendall menerima beberapa surat yang ditulis oleh Jack dari orangtua Jack. Surat-surat itu berisi bahwa Jack mengatakan agar Kendall memberinya kesempatan audisi dan dia akan mengalahkan semua penyanyi yang mereka punya. Saat Kendall mengetahui Russell dibebaskan lebih awal dia berbicara dengan anggota band untuk mengaudisinya. Dengan suara 2 berbanding 1 diputuskan untuk menggantikan Butch say dengan Russell yang akan menjadi penyanyi ketiga band. Pertunjukan pertama Russell adalah di Trubadour di Hollywood setelah hanya menjalani 18 bulan hukumannya, di California Youth Authority. 

Saat Dante Fox tampil di The Whiskey di Hollywood pada suatu malam pada 1982, Alan Niven, seorang eksekutif rekaman ada diantara penonton dan datang ke belakang panggung untuk memberikan band kartu namanya. Hari berikutnya Mark menyertai Jack Russell pergi ke label dan bertemu dengan Niven. Sebelum mengetahuinya mereka merekam EP pertama mereka. Sejak itu Great White sudah melakukan rekaman dan tur selama 30 tahun dengan penjualan lebih dari 10 juta. Russell digantikan pada 2011 dengan penyanyi XYZ Terry Ilous setelah Russell tidak bisa kembali ke band, setelah hiatus lama. Band masih melakukan tur dan membuat musik, merilis album tebaru mereka Elation pada Mei 2012 melalui Frontiers Records.

Mark mengatakan, "Music adalah sebuah berkah murni dan saya tidak akan mengganti apapun tentang hidup saya". Dia berkata, "Bahkan dengan kesalahan-kesalahan yang saya buat, mereka bukan apa-apa dibandingkan dengan pengalaman yang saya pelajari dan merupakan bagian dari hidup"..

Selama 1980an Great White mencapai puncak popularitas mereka, membuat album-album multi platinum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...