Laman

Kamis, 27 April 2017

JOHN SLOMAN




Dilahirkan dengan nama John Anthony David Sloman di Cardiff, South Wales, pada 26 April 1957 sebagai anak sulung dari enam anak. Dia dikenal sebagai vokalis utama untuk band Wales Lone Star selama 1977/78 dan Uriah Heep dari 1979 hingga 1981.

Band pertama milik Sloman adalah pahlawan Cardiff lokal Trapper sebelum dia bergabung dengan Lone Star pada saat album rilisan 1977 mereka, Firing on All Six, didukung oleh pemunculan di Reading Festival pada 26 Agustus 1977, sebuah tur penampil utama, dan tur lainnya dengan Frank Marino & Mahogany Rush kemudian di tahun yang sama. Lone Star dibubarkan sebelum album ketiga dapat diselesaikan saat gitaris Paul Chapman pergi untuk mengambil tempat milik Michael Schenker di UFO. 4 lagu dari sebuah penyiaran BBC dengan Sloman, direkam pada 29 September 1977 di Queen Mary College dirilis pada 1994 sebagai bagian dari BBC Radio One Live In Concert.


Sloman dan drumer Lone Star Dixie Lee, bersama dengan bassis Trapper Pino Paladino, bergabung dengan band Kanada Pulsar dengan mantan gitaris Thomas Band Dave Cooper dan kibordis Gregg Dechert. Band ini terbukti sebagai sebuah penggabungan singkat saat Sloman mendapatkan panggilan dari kubu Uriah Heep pada 1979 untuk menggantikan John Lawton. Sloman merekam album Conquest yang kontroversial dengan grup tapi pergi pada 1981, karena "musical differences." Sloman memainkan kibord yang tidak dikreditkan pada album The Wild, the Willing and the Innocent milik UFO pada 1981.


Setelah Uriah Heep, dia membentuk John Sloman's Badlands dan tampil di the Marquee Club tapi gagal untuk mendapatkan persetujuan rekaman. Badlands menampilkan drumer Trapper John Munro, Neil Murray dari Whitesnake pada bass, dan gitaris John Sykes sebelum dia bergabung dengan Thin Lizzy. Sloman dan Murray keduanya bergabung dengan band Gary Moore yang menghasilkan album Rockin' Every Night: Live in Japan.

Sloman kemudian merekam album solo pertamanya, Disappearances Can Be Deceptive yang diproduseri Todd Rundgren, dirilis pada 1989. Album ini menampilkan kontribusi dari mantan rekan band Trapper dan Pulsar, Pino Paladino, John Munro dan Gregg Dechert, yang juga pernah bersama Solamn di Uriah Heep, juga gitaris sesi papan atas Alan Murphy.

Sloman mengerjakan beragam proyek selama 1990an, meliputi Souls Unknown dengan rekan lama Paladino dan Munro dan gitaris yang berafiliasi dengan The Who Steve 'Boltz' Bolton. Proyek lain melibatkan Paladino, gitaris Mats Johansson, dan drumer Theodore Thunder (Dick Heckstall-Smith, Leo Sayer). Sloman mengambil nama lain Earl Grangetown untuk The Beat Poets, sebuah usaha untuk masuk ke musik soul, yang juga melibatkan mantan rekan band Lone Star Pete Hurley pada bass. Walaupun sebuah album direkam, tapi tidak pernah dirilis.

Sloman kemudian menghasilkan tiga album solo lagi sejak pergantian milenium, Dark Matter (2003) dan 13 Storeys (2006), sebuah album akustik dimana dia dikreditkan dengan memainkan semuanya dari celo hingga harmonium, dan album terkininya, Reclamation (2010). Gitaris Toto Steve Lukather merekam sebuah cover dari "Jammin' with Jesus" milik Sloman dari Dark Matter di album solonya yang dirilis pada 2008 Ever Changing Times. Lukather aslinya memainkan lagu ini dengan Jeff Beck di tahun sebelumnya tapi Beck tidak pernah mengerjakannya.

Sloman menjadi tamu dengan veteran NWOBHM Praying Mantis di The Journey Goes On Pada 2003, mengisi vokal utama pada 3 lagu, "Tonight", "Beast Within" dan "The Voice". Dia juga dikreditkan di soundtrack Highlander: The Source pada 2007 sebagai vokalis yang membawakan hit "Princess of the Universe" dan "Who Wants to Live Forever" milik Queen juga "The Sun Is Gonna Shine", sebuah duet dengan Tamasin Hardy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...