Laman

Senin, 24 April 2017

GLENN CORNICK




Dilahirkan dengan nama Glenn Douglas Barnard Cornick pada 23 April 1947 di Barrow-in-Furness, Lancashire, Inggris, adalah pemain bass berkebangsaan Inggris, dikenal sebagai salah satu anggota pendiri Jethro Tull. Rolling Stone menyebut permainannya dengan Tull sebagai "stout, nimble underpinning, the vital half of a blues-ribbed, jazz-fluent rhythm section".

Cornick belajar di Barrow-in-Furness Grammar School for Boys dan kemudian pindah ke Blackpool. Grup pertama dimana Cornic bermain adalah "The Executives", sebuah grup yang memainkan versi cover dari lagu-lagu terkenal di klub dan pub. Kemudian, dia bergabung dengan sebuah band soul bernama John Evan Smash dimana Ian Anderson dan gitaris Mick Abarahams juga menjadi anggota. Drumer Clive Bunker juga teman dari Abrahams yang kemudian bergabung dengan mereka untuk membentuk Jethro Tull.
Cornick melakukan tur dan rekaman dengan Jethro Tull dari akhir 1967 hingga akhir 1970. Dia bermain di tiga album studio pertama milik band, This Was, Stand Up dan Benefit, memainkan sebuah peran penting dalam aransemen musik, menjadi salah satu dari sedikit anggota Jethro Tull dengan beberapa pembelajaran musik. Selama bersama dengan band, dia memantapkan persona panggungnya, dengan kemampuan dan kompetensi musik yang kuat. Salah satu sedikit rekaman live Cornick dengan Jethro Tull adalah video Nothing Is Easy - Live in the Isle of Wight, direkam pada 1970 dan dirilis pada 2004. Dia dipecat dari band, terutama karena gaya hidupnya yang lebih mengedepankan pesta dibandingkan anggota band lainnya.


Setelah meninggalkan Jethro Tull, Cornick bermain sebagai seorang musisi sesi untuk Leigh Stephens di album rilisan 1971 miliknya And a Cast of Thousands. Di tahun yang sama, dia membentuk Wild Turkey, awalnya dengan: Graham Williams (gitar), Alan 'Tweke' Lewis (gitar), John "Pugwash" Weathers (mantan Pete Brown & Piblokto!) (drum) dan Gary Pickford-Hopkins (mantan Eyes of Blue) pada vokal; tapi Weathers dan Williams pergi untuk bergabung dengan Graham Bond's Magick sebelum Wild Turkey melakukan rekaman - tidak lama kemudian, Weathers bergabung dengan band Gentle Giant. Mereka digantikan oleh Jon Blackmore (gitar dan vokal) dan Jeff Jones (mantan Man) (drum) yang bergabung dengan Cornick, Tweke dan Pickford-Hopkins melakukan rekaman album pertama Wild Turkey, Battle Hymn - yang hanya mencapai nomor 193 di Billboard 200. Band merilis album kedua, Turkey, sebelum dibubarkan.

 
Cornick kemudian bergabung dengan band Jerman Karthago dengan siapa dia hanya merekam satu album Rock'N'Roll Testament sebelum pergi dan pindah ke Los Angeles untuk membentuk Paris dengan gitaris Bob Welch (mantan Fleetwood Mac) dan Thom Mooney (mantan Nazz) pada drum. Mereka merekam sebuah album Paris pada 1975, sebelum Mooney digantikan oleh Hunt Sales (mantan Todd Rundgren's Runt), dan pada 1976 merekam Big Towne, 2061. Paris dibubarkan pada 1977.


Pada 1996, Cornick berpartisipasi di sebuah penghormatan Jethro Tull, berjudul To Cry You a Song - A Collection of Tull Tales, bermain di lagu-lagu "Nothing Is Easy", "To Cry You a Song", "New Day Yesterday", "Teacher" dan "Living in the Past", bersama dengan mantan para anggota Tull Clive Bunker, Mick Abrahams dan Dave Pegg, bersama dengan John Wetton, Glenn Hughes, Robby Steinhardt, Wolfstone dan Keith Emerson.

Pada awal 2000an dua album live Wild Turkey dirilis, Final Performance (2000) dan Live in Edinburgh (2001) dan pada 2006 album studio keempat, You and Me in the Jungle, direkam oleh Cornick, Pickford-Hopkins, Dyche dan Gurl, yang semuanya sudah muncul di album-album terdahulu. Mereka dtemani oleh Graham Williams (mantan Racing Cars) (gitar), John "Pugwash" Weathers (perkusi) dan Clive Bunker (mantan Jethro Tull) (drum) yang semaunya pernah bermain dengan Cornick di masa lalu.

Cornick meninggal di Hilo, Hawaii, pada 28 Agustus 2014 karema gagal jantung.
Kematiannya diberitakan di media khusus, seperti the ProgMagazine dan Rolling Stone. Rekan band Jethro Tull Ian Anderson memberikan penghormatan di situs band. Martin Barre juga berduka akan kematian temannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...