Laman

Minggu, 30 April 2017

ANGGUN




Dilahirkan dengan nama Anggun Cipta Sasmi pada 29 April 1974 di Jakarta, Indonesia. Anggun merupakan anak dari Darto Singo, Beliau merupakan salah satu seniman yang berasal dari Indonesia, dan Sang Ibu Dien Herdina, Yang merupakan masih kerabat dari Keraton Yogyakarta. 

Anggun mengawali karirnya dengan tampil di Jakarta tepatnya panggung taman impian jaya Ancol saat berusia 7 tahun, hingga ia merilis album anak-anak 2 tahun kemudian. Hasil dari bimbingan musisi Ian Antono,  Anggun rekaman album studio pertamannya di Indonesia yang berjudul "Dunia Aku Punya" yang rilis pada tahun 1986.

Pada tahun 1989 namanya mulai dikenal sebagai seorang penyanyi lewat single album yang berjudul “Mimpi”. Pada tahun 1990 sampai 1991 ia berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Artis Indonesia Terpopuler ditahun 1990 sampai 1991. Popularitas Anggun terus melejit dengan dirilisnya sederet singel seperti "Tua Tua Keladi" dan "Takut". Anggun kemudian berhasil meraih penghargaan sebagai "Artis Indonesia Terpopuler 1990-1991". Setelah sukses dengan singel, Anggun kembali merilis album studio berjudul Anak Putih Abu Abu (1991), yang disusul dengan Nocturno (1992). Pada usianya yang masih belia, Anggun telah berhasil melejit sebagai salah satu penyanyi rock paling sukses di paruh awal 1990-an. Album-albumnya terjual laris di pasaran dan singel-singelnya merajai tangga lagu di Indonesia.

Selanjutnya Anggun mulai melebarkan sayapnya di kancah dunia musik internasional dengan pergi ke negara Perancis. Ia berangkat ke Perancis dengan tujuan untuk rekaman album Internasionalnya atas prakarsa dari seorang produser asal Perancis yang bernama Erick Benzi.

Anggun merilis album perdananya ke 33 Negara di seluruh dunia pada tahun 1997 dengan judul Snow on The Sahara. Semenjak saat itu ia merilis albumnya dengan berbagai macam bahasa terutama dalam bahasa Perancis dan Inggris. Anggun juga telah melakukan banyak kolaborasi dengan beberapa artis mancanegara seperti Peter Gabriel, Pras Michel (The Fugees), David Foster, dan masih banyak lagi.

Beberapa penghargaan yang pernah Anggun raih diantaranya ialah dalam ajang The Cosmopolitan Asia Women ditahun 2000, The Women Inspire Awards ditahun 2002, dibulan Januari 2003 penghargaan Diamond Award oleh menteri kebudayaan perancis, pada tahun 2013 ia mendapatkan nominasi dalam tiga kategori diantaranya ialah World’s best Live Act, Worl’s Best Female Artist, Entertainer of The Year dan masih banyak lagi.

Pada tanggal 25 Mei 2006, Konser Untuk Negeri yang menampilkan Anggun C. Sasmi pun digelar di Jakarta Convenstion Center. Dalam konser tersebut berhasil terjual sebanyak 5000 tiket. Anggun juga telah mengeluarkan rilis album kompilasi the best of miliknya. Album tersebut adalah kompilasi terbaik selama karier internasionalnya. Rilis album tersebut diluncurkan di Malaysia, Indonesia, dan Italia.

Di tahun 2014 Anggun diminta untuk menjadi juri dalam ajang pencarian bakat X Factor The World bersama dengan sejumlah juri lainnya yakni Ahmad Dhani, Paula Abdul, Louis Walsh, dan Danil Beding. Ditahun berikutnya yakni pada bulan Januari 2015 ia diminta untuk menjadi juri dalam ajang pencarian bakat se-benua Asia yakni Asia’s Got talent bersama dengan musisi ternama Asia lainnya seperti Melanie Chisholm, Vannes Wu, dan David Foster.

Sederet album yang telah Anggun rilis diantaranya Chrysalis ditahun 2000, Luminescence ditahun 2005, Elevation ditahun 2008, Echoes ditahun 2011.  Album yang dirilis Anggun dalam bahasa Perancis diantaranya ialah Au Nom De LA Lune ditahun 1997, Desirs Contraires ditahun 2000, Luminescence ditahun 2005, dan Echos ditahun 2011.

Anggun juga pernah terlibat dalam sejumlah acara telivisi baik sebagai pengisi acara. Sejumlah judul film dan acara televisi yang pernah melibatkan dirinya diantaranya ialah Muppets TV ditahun 2006, Star Academy Arab World ditahun 2007, Earth (Un Jour Sur terre) ditahun 2007, Anggun Cari Bintang Pantene ditahun 2007 sebagai Narator, What War May Bring ditahun 2010, X Factor Around the World ditahun 2013 sebagai Juri, Indonesia’s Got Talent ditahun 2014 sebagai Juri, dan Asia’s Got Talent ditahun 2015 sebagai Juri.

Meskipun telah sukses sebagai seorang penyanyi, Anggun tidak pernah melebarkan sayap kariernya ke bidang lain di luar musik. Saat menggelar promosi album internasional pertamanya di televisi Amerika Serikat, Anggun sempat ditawarkan sutradara Hollywood untuk bermain di film James Bond: The World Is Not Enough dan High Fidelity. Namun, kedua peran tersebut ditolak Anggun dan akhirnya diberikan pada aktris Sophie Marceau dan Lisa Bonet. Anggun mengatakan "Aku lahir sebagai penyanyi. Aku tidak akan mencoba profesi lain karena menurutku masih banyak orang yang memang dilahirkan untuk menjadi bintang film atau model. Aku merasa panggilan jiwaku adalah musik." Selain itu, Anggun juga cenderung selektif dalam memilih produk iklan yang dibintanginya. 

Anggun merupakan salah satu penyanyi pertama dari Asia yang benar-benar mampu menerobos industri musik internasional di luar Asia. Tidak seperti para penyanyi kulit hitam, orang-orang Asia masih sulit mendapat tempat di blantika musik Eropa dan Amerika. Kesuksesan Anggun secara langsung atau tidak telah membuka jalan bagi penyanyi-penyanyi lain dari Asia. Setelah Anggun baru muncul sederet nama penyanyi Asia yang mencoba menggarap pasar musik Eropa atau Amerika seperti Coco Lee, Utada Hikaru, BoA, atau Tata Young. Penyanyi Hong Kong Coco Lee bahkan mengaku terinspirasi oleh Anggun saat hendak meluncurkan album internasional pertamanya Just No Other Way (1999). Lionel Zivan S. Valdellon, seorang jurnalis asal Filipina, menyebut Anggun sebagai "seorang duta yang sangat bagus untuk Indonesia dan Asia secara umum." Anggun sendiri mengatakan, "Saya rasa sudah saatnya orang-orang [luar Asia] tahu lebih banyak tentang Asia, tidak hanya sekadar tempat liburan."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...