Laman

Sabtu, 29 April 2017

KIM GORDON




Dilahirkan dengan nama Kim Althea Gordon pada 28 April 1953 di Rochester, New York, AS. Ayahnya, Wayne Gordon, adalah seorang profesor di Sosiology Department di University of Rochester. Pada usia 5 tahun, keluarganya pindah ke Los Angeles, California dimana ayahnya diberi tawaran program  profesor di sosiology department di University of California, Los Angeles (UCLA). Gordon menggambarkan ibunya adalah "a homemaker with creative tendencies." Dia menghadiri sebuah sekolah dasar progresif yang menuju UCLA.

Di memoir miliknya, Gordon menghabiskan musim panasnya dengan keluaganya di Klamath, California, dekat perbatasan Oregon. Di Los Angeles, Gordon belajar di University High School, dan setelah lulus, belajar di Otis Art Institute of Los Angeles County. Dia juga secara singkat menjadi murid di York University di Toronto, Canada, dimana dia bermain di band pertamanya. Dia secara singkat bekerja untuk Larry Gagosian selama dia belajar sebagai sebuah pekerjaan sampingan.

Setelah lulus dari sekolah seni, Gordon pindah ke New York City dan menjadi tertarik dalam band-band "no-wave".


Di New York City, dia bergabung dengan band singkat CKM, dengan Christine Hahn dan Stanton Miranda, dan bertemu dengan calon rekan bandnya di Sonic Youth, Lee Ranaldo dan Thurston Moore melalui Miranda. Gordon mulai berkencan dengan Moore dan, bersama dengan Ranaldo, pasangan itu kemudian membentuk Sonic Youth pada 1981. Pada awalnya band ini merilis dua album pertama mereka, Confusion Is Sex (1983) dan Bad Moon Rising (1985) masing-masing melalui Neutral dan Homestead Records, sebelum teken kontrak dengan SST untuk merilis EVOL (1986) dan Sister (1987). Pada Oktober 1988, band merilis album Daydream Nation melalui Enigma Records.

Pada 1989, band teken kontrak dengan DGC Records, cabang dari Geffen, dan merilis Goo (1990), yang menjadi hit komersil pertama milik grup. Band melakukan tur secara luas untuk album ini antara 1990 dan 1991, dan sebuah dikumenter berjudul 1991: The Year Punk Broke yang mendokumentasikan tur milik band dengan Nirvana, Babes in Toyland, Dinosaur Jr., Gumball dan Mudhoney. Gordon dikenal sebagai penggemar Karen Carpenter dan Sonic Youth menulis lagu "Tunic" tentang musisi itu. 

Band membawakan ulang lagu terkenal "Superstar", yang sudah dibawakan oleh The Carpenters pada 1971. Antara 1983 dan 2009, Gordon, dengan Sonic Youth, merilis total 16 album studio, rilisan terakhir mereka adalah The Eternal (2009) sebelum pembubaran resmi mereka pada 2011.


Pada 1989, Gordon, Sadie May, dan Lydia Lunch membentuk Harry Crews dan merilis album Naked in Garden Hills. Pada 1991, Courtney Love, yang terpengaruh oleh Sonic Youth dan skena no wave, mengirimi Gordon sebuah surat yang memintanya untuk memproduseri rekaman debut milik Hole, Pretty on the Inside. Gordon, bersama asisten dari Don Fleming, memproduseri album ini pada 1991, yang kemudian menerima pengakuan kritikus dan status kultus.


Gordon berkolaborasi dengan Cafritz untuk membentuk band Free Kitten yang juga melakukan rekaman dengan Mark Ibold dan Yoshimi P-We. Free Kitten merilis tiga album melalui label rekaman Kill Rock Stars dan album keempat di label rekaman Ecstatic Peace milik Moore.

Persamaan yang besar adalah sebuah kolaborasi musikal yang melibatkan Gordon, Jim O'Rourke dan Alan Licht. Band muncul di kompilasi Fields and Streams pada 2002.

Menyusul pengumuman hiatus dari Sonic Youth, Gordon melakukan tur dengan Ikue Mori, drumer kelahiran Tokyo dari band 1970an DNA-Gordon pernah tampil dengan Mori sebelumnya pada acara-acara seperti the NoFunFest pada 2004. Duo ini menyelesaikan tur Eropa pada pertengahan 2012. Bersama dengan Bill Nace, Gordon dan Mori terpilih untuk acara All Timorrow's Party pada Juni 2013 yang diadakan oleh band Deerhunter.


Gordon juga membentuk sebuah proyek noise guitar dengan Nace, bernama Body/Head, dan sebuah single berjudul "The Eyes, The Mouth" dirilis pada 2012 di label Belgia Ultra Eczema. Album debut milik band Coming Apart dirilis pada 10 September 2013 di label Matador Records dan band menyelesaikan sebuah tur AS selama September/Oktober 2013.


Pada 12 September 2016, Kim Gordon merilis single solo pertamanya, "Murdered Out".

Gordon menikah dengan Moore (penyanyi dan gitaris Sonic Youth) pada 9 Juni 1984 dan melahirkan putri mereka Coco Hayley Moore pada 1 Juli 1994. Gordon dan Coco berdomisili di Northampton, Massachusetts, AS, dimana Coco belajar di Pioneer Valley Performing Arts Charter Public School di South Hadley, Massachusetts. Pasangan itu sering terlihat di wilayah itu dan Sonic Youth memainkan sebuah konser amal dengan Cat Power untuk Greenfield Center School pada 2005. Band memainkan sebuah konser amal kedua untuk sekolah itu pada 2007. Hingga 2013, Coco adalah murid di School of Art Institute of Chicago. Dia lulus pada 2016.

Sebuah pengumuman pada Oktober 2011 menegaskan bahwa Gordon dan Moore berpisah. Gordon mengungkapkan tentang keputusan itu pada April 2013, setelah perceraian dilaksanakan: dia pertama menanyakan pada Moore tentang sebuah pesan yang dia ketahui dari seorang wanita tidak bernama; hal ini diikuti oleh sesi konseling, dan perpisahan kemudian terjadi sebagai akibat dari ketidakmampuan Moore untuk mempertahankan pernikahannya. Gordon menjelaskan bahwa mantan suaminya "like a lost soul." Gordon juga mengungkapkan bahwa dia didiagnosa dengan kanker payudara DCIS selama perceraikannya, yang secara sukses dirawat dengan operasi.

Sutradara film Sofia Coppola, musisi Kathleen Hanna dan penyanyi Irlandia memuja Gordon untuk pengaruh yang sudah dia berikan pada karya seni milik mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...