Laman

Rabu, 03 Mei 2017

PAY




Dilahirkan dengan nama Parlin Burman Siburian di Pematang Siantar, Sumatera Utara, pada 2 Mei 1970. Pay mulai bermain gitar sejak kelas 4 SD.

Pay mendirikan BIP pada 20 April 2000 di acara reuni Potlot yang diadakan di GOR Saparua, Bandung. Selain Pay, juga ada Bongky (bass) dan Indra Q (kibord) yang ketiganya merupakan mantan anggota Slank dimana mereka keluar pada 1996. BIP telah mengedarkan album-album seperti "Turun Dari Langit" (2001), "Min Plus" (2002), "Udara Segar" (2004) dan "Berangkat" (2010). Kini formasi mereka dilengkapi oleh Irfan Fahri Lazuardy (vokal) dan Avis Sukaesih (drum).


Pay juga terpilih sebagai salah satu gitaris yang tampil di album Gitar Klinik dan jam session bersama Andy Timmons di Hard Rock Cafe Jakarta.

Pay merupakan mantan anggota Slank. Pay masuk Slank pada tahun 1989. Pada masa itu Pay kenal dengan beberapa produser dan coba-coba menawarkan demonya Slank, akhirnya ketemu dan Slank diambil. Tahun 1990 Slank mulai rekaman, dengan personel yang terdiri dari Pay, Bimbim, Bongky, Indra dan Kaka.

Pay yang berjasa besar mengantarkan Slank berkenalan dengan Boedi Soesetyo, yang pada akhirnya menjadi manajer Slank. Ceritanya, selain bermain untuk Slank, Pay kadang juga bermain gitar mengiringi artis lain untuk rekaman.


Suatu ketika, Pay mengisi gitar untuk album Nike Ardilla. Saat itu, Nike sedang ditangani produser Ichwan dan Boedi Soesetyo. Setelah tugasnya selesai, Pay menawarkan bandnya sendiri yakni Slank supaya bisa diberi kesempatan untuk rekaman. Ia lantas memperdengarkan demo Slank kepada dua produser ini. Tak disangka, dua orang ini tertarik. Langsung aja Slank pun diajak rekaman. Tapi di tengah jalan, Ichwan mundur. Jadilah Boedi sendirian yang menjadi produser. Slank pun akhirnya masuk dapur rekaman dan berhasil merilis album pertama yang bertajuk SUIT-SUIT...He...He...(GADIS SEXY). Album yang keluar pada tahun 1990 ini ternyata laku keras. Album ini pun yang membuat Slank mendapatkan penghargaan di BASF Award 1991 sebagai 'Artis Pendatang Baru Terbaik'.

Pay pernah bergabung bersama Andy Liany, Ronald, dan Once membentuk Fargat 27, dan merilis album "Seribu Angan". 

Pada 1996, Pay diajak oleh Ali Akbar untuk bermain di single "Puisiku Terbang" bersama Ian Antono dan Eet Syahranie. Pay memiliki album solo berjudul Bungaku Hilang rilisan 1997.

Berawal dari kesibukan personel masing-masing, Pay pun akhirnya mengikuti jejak sang vokalis, Ipang dan teman lainnya di BIP yang lebih dahulu bersolo karir.

Pay tak sendirian dalam menggarap proyek barunya itu. Seakan tak terpisahkan, Pay tetap melibatkan mantan istri, Dewiq yang memang diketahui selalu kompak dalam menciptakan lagu.

Pay menikah dengan Cynthia Dewi Bayu Wardhani atau yang lebih dikenal dengan Dewiq, seorang penyanyi asal Makassar, Indonesia, yang juga seorang musikus dan penyanyi. Ia kemudian menceraikan Dewiq. Pada tahun 2010, Pay menikahi Irene Anastasya Pricilia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...