Laman

Selasa, 11 April 2017

BURKE SHELLEY




Lahir dengan nama John Burke Shelley pada 10 April 1953 adalah seorang pemain bass dan vokalis berkebangsaan Inggris dari grup Budgie asal Wales.

Shelley lahir di Tiger Bay, (kini dikenal sebagai Cardiff Bay) cardiff. Pada 1982, Shelley dilaporkan kembali memeluk agama Kristen.

Shelley sering dibandingkan dengan bassis/vokalis Rush Geddy lee, karena mereka berdua memiliki posisi bassis/vokalis di band yang power trio, keduanya memiliki suara melengking, dan selama pertengahan hingga akhir 1970an mereka memiliki kemiripan satu sama lain, dengan rambut lurus panjang dan kacamata besar. Seperti Lee, Shelley memiliki jangkauan vokal tenor.


Suara menyanyi Shelley pada rekaman Budgie awal (misal lagu "Parents" di album Never Turn Your Back on a Friend rilisan 1973) terkadang memiliki kemiripan, dalam timbre dan gaya, dengan Shirley Bassey, yang juga tumbuh di Tiger Bay. Dia mengatakan bahwa kemiripan itu terjadi sejak dia mengagumi karya Bassey. Di tahun-tahun selanjutnya, terutama album Budgie rilisan 2006, You're All Living In Cuckooland, suara Shelley menjadi lebih dalam.

Tur Budgie pada November 2010 ke Eropa Timur dibatalkan saat Shelley dirawat di rumah sakit pada 9 November di Wejherwo, Polandia, dengan aorti aneurysm sepanjang 6 cm. Setelah operasi, dia kembali ke Inggris untuk pemulihan, tapi tidak ada keputusan tentang masa depan untuk band yang dibuat. Shelley mengatakan bahwa setelah operasio itu dia mengalami kesulitan untuk secara bersama menyanyi dan memainkan bass untuk periode lama. Namun demikian, dia terus memainkan bass (dengan terkadang mengisi vokal latar) di band-band cover rock dan pop di South Wales.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...