Laman

Jumat, 29 September 2017

ANDY WARD




Dilahirkan pada 28 September 1952 dengan nama Andrew John Ward di Epsom, Surrey, Inggris adalah seorang drummer progressive rock berkebangsaan Inggris.

Ward belajar di the City of London’s Freemen’s School. Dia mulai memainkan drum pada usia 13 tahun di sebuah band rock lokal dengan Jim Butt (gitar), Doug Houston (vokal), Colin Burgess (bass) dan Jan (Murray) Obodynski (kibord).

Ward menjadi seorang anggota pendiri dari band Camel, yang  dibentuk pada 1971, dimulai dari band pertama milik Ward, The Brew. Salah satu cahaya utama dari gerakan rock progresif Inggris, Camel menikmati kesuksesan besar secara luas, puncaknya pada 1975 saat mereka menampilkan album mereka The Snow Goose di the Royal Albert Hall, diiringi oleh the London Symphony Orchestra. Menyusul sebuah periode kesehatan yang menurun – termasuk masalah yang disebabkan oleh alkohol dan narkoba – pada 1981 dia terpaksa pension dari band.


Dua tahun kemudian dia muncul kembali secara singkat di band Marillion, muncul di video dari single hit “Garden Party” dari album debut mereka Script for a Jester’s Tear dan tampil dengan mereka untuk tiga bulan sebagai pengganti untuk drummer asli mereka, Mick Pointer, yang baru saja dikeluarkan. Penampilan milik Ward dengan band termasuk sebuah pemunculan di The Old Grey Whistle milik BBC saat mereka menampilkan “Forgotten Sons”. Menurut Mark Kelly, Ward direkrut ke dalam band tanpa sebuah audisi karena reputasinya. Namun, seperti yang diingat oleh Kelly dan Fish, masalah pribadinya muncul kembali dan dia hampir menderita sakit parah di pertengahan tur Amerika pertama milik band.


Selama 1990an Ward bekerja dengan Caravan of Dreams milik Richard Sinclair dan Going Going, dengan Sinclair, Hugh Hopper, Vince Clarke dan Mark Hewins. Pada 1994 dia bergabung dengan Mirage – sebuah “supergroup” progresif gabungan dari para anggota dari Camel dan Caravan. Proyek-proyek lainnya meliputi grup yang hanya untuk studio Chrys&themums, dipimpin oleh penynayi-penulis lagu eksentrik Yukio Yung (alias Terry Burrows), yang menerima trek drum melalui kiriman pos dari Ward sebelum membangun lagu dari trek drum itu, memainkan alat music lainnya sendiri. Pada saat ini Ward juga menjadi drummer penuh waktu dengan band rock Inggris cult the Bevis Fond, dengan siapa dia melakukan rekaman dan tur secara luas.


Pada 2002 sebuah CD kompilasi, Sticking Around, dirilis, menyorot hasil kerjanya dengan Camel dan proyek lainnya.


Pada 2003, Ward berpartisipasi dalam sebuah reformasi singkat dari para anggota asli dari The Brew (dengan Latimer dan Ferguson) dan merekam materi untuk sebuah album yang sebagian besar tidak pernah dikerjakan karena masalah kesehatan Latimer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...