Laman

Rabu, 20 September 2017

CANDY DULFER



Dilahirkan pada 19 September 1969 di Amsterdam, Belanda, sebagai putri dari saksofonis Hans Dulfer. Dia mulai memainkan drum pada usia 5 tahun. Saat berusia 6 tahun, dia mulai memainkan saksofon sopran. Pada usia 7 tahun, dia beralih ke saksofon alto dan kemudian mulai bermain di band konser lokal Jeugd Doet Leven (Inggris: “Youth Brings Life”) di Zuiderwoude.

Dulfer memainkan solo pertamanya diatas panggung dengan band milik ayahnya De Perikels (“The Perils”). Di usia 11 tahun, dia membuat rekaman pertamanya untuk album I Didn’t Ask (1981) dari De Perikels. Pada 1982, saat dia berusia 12 tahun, dia bermain sebagai anggota dari seksi alt tiup wanita dari Rosa King di North Sea Jazz Festival. Menurut Dulfer, King mendorongnya untuk menjadi pimpinan band miliknya sendiri. Pada 1984, di usia 14 tahun, Dulfer memulai bandnya sendiri Funky Stuff.

Band milik Dulfer tampil di Belanda dan pada 1987 adalah band pembuka untuk konser Eropa milik Madonna.

Pada 1988 Prince mengundang Dulfer di panggung untuk memainkan solo improvisasi selama salah satu pertunjukan Eropa milik Prince. Pada 1989 Dulfer tampil di video “Partyman” milik Prince.


Dulfer mengerjakan pekerjaan sesi dengan gitaris Eurythmics dan produser Dave Stewart dan menjadi musisi tamu untuk Pink Floyd selama penampilan milik band itu di Knebworth pada 1990, dimana beberapa lagu dirilis di album live dan video multi artis, Live at Knebworth ’90.

Album debut milik Dulfer, Saxuality, dirilis pada 1990 dan dinominasikan untuk sebuah Grammy dan disertifikasi emas untuk penjualan di dunia dengan jumlah setengah juta buah. Dulfer juga memiliki sebuah hit yang masuk tangga jazz seperti “For the Love of You” dan “Finsbury Park, CafĂ© 67”.

Dulfer juga saksofonis yang tampil di A Night in San Fransisco milik Van Morrison, sebuah album pada 1993, dan tampil dengan Alan Parsons dan bandnya di konser World Liberty pada 1995.

Dulfer berkolaborasi dengan ayahnya Hans Dulfer di album duet Dulfer Dulfer pada 2001. Dia bergabung dengan band milik Prince pada 2004 untuk tur Musicology Live 2004ever miliknya.


Pada 2007, dia merilis album studio kesembilannya Candy Store. Album ini mencapai posisi No. 2 di tangga album Top Contemporary Jazz milik Billboard. Lagunya Candy Store dan lagu “L.A. Citylights” mencapai posisis No. 1 di tangga lagu Smooth Jazz National Airplay di AS.

Dulfer sebagian besar adalah seorang musisi otodidak terkecuali untuk beberapa pelatihan di sebuah band konser dan beberapa bulan pelajaran musik.

Pada 2007, Dulfer adalah pembawa acara dan pewawancara di Candy meets …, acara televisi miliknya untuk penyiaran publik NPS. Dalam seri ini dia bertemu dengan Sheila E., Maceo Parker, Hans Dulfer, Van Morrison, Dave Stewart, dan Mavis Staples.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...