Laman

Kamis, 07 September 2017

JIKUN /rif




Dilahirkan dengan nama Adji Pamungkas pada 6 September atau yang lebih dikenal sebagai Jikun. /rif adalah band yang membesarkan namanya sejak 1992 bersama Andy (vokal), Iwan (bass), Magi (drum) dan Ovy (gitar). 

Bersama /rif, Jikun sudah menelurkan banyak album yang membuat mereka salah satu band rock yang cukup disegani di Indonesia. 


Sebagai seorang gitaris, Jikun sendiri sudah memiliki begitu banyak pengalaman di dunia musik, seperti menjadi Instruktur Rock Guitar untuk kelas hobi di lembaga kursus musik CHIC’S Jakarta pada 2005–2006.

Pada tahun 1993, Jikun juga pernah mendirikan band Redpinky bersama Andy /rif, Magi /rif, dan Trisno Pas Band, dan tampil di acara pentas musik di kampus-kampus se-bandung dan menghasilkan 1 (satu) un-realese mini album berisi 3 lagu original.

Jikun sendiri adalah gitaris jang di-endorse begitu banyak produk gitar maupun kostum, seperti gitar Palmer, instrumen musik Prince, efek pedal merk Planet Wave USA, gitar Cort Korea, gitar Gibson & Epiphone USA 2003-2004, amplifier gitar Laney England 2001, Boot Clothing merk Clubman Bandung, dan banyak lagi.



Selain bersama /rif, Jikun juga mendirikan band baru bernama Jikunsprain bersama Oktav (bass), Bima (drum) dan Megadalle (vokal). Alasan Jikun mendirikan band karena ia ingin mengekspresikan permainan gitarnya. Untuk itu ia memilih jalur musik instrumental rock.
Jikun yang menyukai permainan gitar cepat dan menghasilkan distorsi, memberi nama bandnya Jikunsprain. Nama ini diambil ketika ia sedang mengumpulkan materi solo album pertamanya, ia merasakan tangan kirinya seperti mati rasa. Setelah diperiksa ternyata persendian pergelangan kirinya mengalami penekanan. Hal ini disebabkan kecelakaan 10 tahun lalu yang mengakibatkan pergelangan kirinya patah. Oleh karena itu Jikun menambahkan kata sprain sebagai nama bandnya.

Walaupun memilih jalur memainkan instrumental rock, Jikun menyisip lagu dengan vokal dalam albumnya karena ia sadar orang Indonesia belum terbiasa mendengarkan instrumental rock kecuali jazz dan klasik. 

Pencapaian sukses Jikun sebagai salah satu gitaris handal di Indonesia, tak lantas membuatnya jumawa. Jikun mengaku mengidolakan beberapa nama gitaris tanah air. 
Berikut nama-nama gitaris yang dihormati Jikun /rif.

1. Ian Antono

Gitaris God Bless ini adalah nama pertama yang diucap Jikun. Ketika saya masih SMA, pertama kali dengerin God Bless, edan lah, ujarnya. Saat mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama dengan Ian Antono, Jikun merasa mempunyai taste yang sama dengan idolanya tersebut.

2. Eet Sjahrani

Selain Ian Antono, nama personel EdanE, Eet Sjahrani juga menjadi gitaris yang disegani Jikun. Ian Antono dan Eet, itu nama gitaris yang gue segani, ujarnya tegas.

3. John Paul Ivan [JPI]

Dari sekian banyak teman sesama gitaris, mantan personel Boomerang, John Paul Ivan juga salah satu idola Jikun. Berkat persahabatan keduanya, Jikun mengaku mengalami perubahan. Gara-gara John Paul Ivan, sekarang gue pakai Gibson. Dulunya padahal gue pakai Musicman.

4. Baron

Baron merupakan sahabat Jikun sejak kuliah. Jikun mengaku gitaris Baron Soulmates itu merupakan salah satu sahabatnya yang sering memberi saran dan masukan dalam memainkan gitar. Mungkin bukan mengubah pola main, tapi lebih memberi banyak masukan, jelas Jikun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...