Laman

Selasa, 19 September 2017

TONY HARNELL



Dilahirkan dengan nama Antony Harnell pada 18 September 1962 di San Diego, California, AS.

Dia memiliki seorang kakak tiri perempuan dari pihak ayahnya. Ibunya, Contance Haldaman, adalah seorang penyanyi opera sementara ayahnya, Boyd Harnell, adalah seorang jurnalis foto. Saat masih remaja, Harnell adalah seorang skateboarder dan peselancar mahir professional.

Harnell mulai menyanyi pada usia 5 tahun. Di usia 17 tahun dia bergabung dengan band pertamanya dan menghabiskan tiga tahun selanjutnya di kurang lebih limabelas band termasuk Jackals asal Bronx, sebuah band dari sejumlah bakat yang muncul dari ruang bawah tanah sang gitaris yang dalam waktu dua tahun, memperoleh cukup popularitas di wilayah NYC untuk mengisi klub-klub rock yang selalu berisi banyak penonton dengan cara dari mulut ke mulut saja. Ini adalah band dimana Harbell menjadi dikenal. Di usia 18 tahun, Harnell mulai belajar dengan guru vokal Don Lawrence.


Setelah sebuah pertunjukan pada 1984, Harnell diperkenalkan pada produser rekaman Mike Varney yang mengenal sebuah band di Norwegia, TNT, yang sedang mencari seorang penyanyi. Harnell segera dipekerjakan setelah band mendengar sebuah demo tape dari vokalnya.

Harnell dan gitaris Ronni Le Tekro menulis bersama semua materi milik TNT selama 22 tahun keberadaannya dengan band. TNT merekam Sembilan album studio, dua video live dan dua kompilasi “best of”. Diperkirakan bahwa TNT dengan Harnell menjual antara 3,5-4 juta album.

Dia meninggalkan band pada April 2006 karena masalah pribadi dan professional. Dia menampilkan pertunjukan terakhirnya dengan band pada 30 Juni 2006 dan sebuah DVD dirilis di musim semi yang menampilkan pertunjukan puncak di Madrid, Spanyol pada 1 April.

Pada 17 Oktober 2013, Harnell mengumumkan bahwa bergabung kembali dengan TNT.

Setelah absen selama satu setengah tahun, selama dimana, dia mengomandani Skid Row, Harnell mengumumkan kembali lagi ke TNT pada Mei 2016.


Harnell juga tergabung di Morning Wood. Morning Wood adalah sebuah supergroup rock yang terdiri dari Harnell, Al Pitrelli, Chuck Bonfonte, dan Danny Miranda.

Album band adalah pertama dirilis di Jepang pada 1994 selama perpisahan pertama TNT dan pada 2002 dirilis kembali di Eropa dengan nama “Tony Harnell and Morning Wood.


Harnell juga memiliki proyek sampingan bernama Westworld. Westworld adalah proyek sampingan dai Harnell yang menampilkan Mark Reale, Bruno Ravel, dan John O’Reilly, dengan kibordis Josh Pincus dan violinis Mark Wood. Westworld sudah merilis tiga album studio dan sebuah album live.


Harnell juga memiliki sebuah band lain bernama Starbreaker. Starbreaker menampilkan Harnell, John Macaluso, Magnus Karlsson, dan Fabrizio Grossi. Band ini merilis album pertamanya pada 2005. Sebuah album Starbreaker kedua, Love’s Dying Wish, dirilis pada 2008. Band ini tidak pernah melakukan tur.


Harnell sudah mengerjakan lagu-lagu untuk seri game video Sonic the Hedgehog. Lagu pertamanya untuk seri ini adalah “It Doesn’t Matter” di soundtrack dari Sonic Adeventure yang dirilis pada 1988 oleh SEGA. Harnell kembali pada 2001 untuk menampilkan versi yang ditulis kembali dari tema untuk Sonic di Sonic Adventure 2, juga tema tahap pertama “Escape from the City” dengan Ted Poley. Menyusul hal ini pada 2004, Harnell menampilkan tema Team Sonic untuk Sonic Heroes berjudul “We Can”, kembali dengan Poley dan pada 2011 dia kembali untuk Sonic Generations untuk menampilkan dua remix baru dari “Escape from the City” dengan Poley.

Pada 2008, Harnell merilis materi solo pertamanya dalam bentuk demo, EP Cinematic, melalui situs miliknya.


Pada 6 April 2015, diumumkan bahwa Johnny Solinger sudah meninggalkan Skid Row. Beberapa jam kemudian, band mengumumkan bahwa Harnell akan menjadi pengganti dari Solinger. Pada 29 Desember dia mengumumkan dia meninggalkan Skid Row.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...