Laman

Kamis, 28 September 2017

AL PITRELLI




Dilahirkan pada 26 September 1962 di New York, AS adalah seorang gitaris berkebangsaan Amerika.

Pitrelli belajar di Berklee College of Music di Boston di awal 1980an (dimana kibordis Derek Sherinian adalah rekan satu asramanya; mereka nantinya bekerja sama di band Alice Cooper). Sementara di Berklee, Al membentuk sebuah band metal asli 80an dengan sesama teman sekelas yang meliputi gitaris Venom Mike Hickey. Setekah keluar dari Berklee, Pitrelli bekerja sebagai seorang musisi sesi selama awal harinya, dan juga memberikan pelajaran gitar di Manhattan. Penampilan label mayor miliknya adalah tampil dengan Michael Bolton, membantunya untuk mendukung single-nya “Fool’s Game”. Pitrelli berkata mengenai single itu, “Ini adalah saat Michael Bolton mencoba untuk menjadi Sammy Hagar dan bukan Engelbert Humperdinck.”


Pitrelli adalah gitaris dan penata music milik Alice Cooper dari 1989 hingga 1991 di tur Trashes The World Tour. Dia kemudian bergabung dengan band Widowmaker milik Dee Snider untuk dua album di awal/pertengahan-1990an, dan juga secara singkat bermain dengan Stephen Pearcy (dari band Ratt) di sebuah band bernama Vertex. Sekitar waktu ini pada 1992 dia bergabung dengan bassis Randy Coven dan drummer John Reilly untuk merilis sebuah CD sejenis Shrapnel Records berjudul “CPR”. Pitrelli juga bergabung dengan Asia, muncul di album mereka Aqua (1992) dan Aria (1994). Dia kemudian tampil di banyak sesi New York, termasuk untuk Kathy Troccolli, Taylor Dayne, Randy Coven, Expose. Lagu-lagunya sudah dibawakan ulang oleh Y&T, Lita Ford dan Derek Sherinian. Selama 1 bulan dia menjadi pengganti di Blue Oyster Cult.


Al bergabung dengan Savatage pada 1995, bergabung di saat bersamaan dengan Chris Caffery yang kembali ke band. Caffery sebelumnya adalah bagian band sekitar perilisan dari Gutter Bullet pada 1989. Pitrelli bermain gitar di album-album Dead Winter Dead (1995), The Wake of Magellan (1997), dan mengisi sebagian gitar utama di Poets and Madmen (2001), meskipun menjadi anggota dari Megadeth pada saat itu. Di album itu, Pitrelli bertanggung jawab untuk putro dari “Stay with Me a While”, solo-solo utama dari “Morphine Child” dan “The Rumor”, bagian pertama dari solo utama di “Comissar” dan outro-nya. Selama masanya dengan Savatage, dia diminta oleh produser mereka Paul O’Neill jika ia tertarik untuk bergabung di proyek sampingannya, Trans-Siberian Orchestra. Pitrelli setuju dan memainkan sebuah peran di semua album mereka hingga saat ini.


Pitrelli sudah menjadi seorang anggota inti dari grup sejak album pertama mereka. Selain menjadi gitaris utama, dia juga penata musik panggung. Program tur 2007 milik TSO memberi kredit “edgy playing and vast musical lexicon” miliknya dengan menyebutnya sebuah sosok yang pantas untuk gaya rock progresif yang konstan milik band. Permain utama milik Pitrelli yang menonjol adalah di “Tracers” dan instrumental “Toccatta – Carpimus Nocten”, yang terakhir adalah yang ikut dia tulis. Kedua lagu membentuk bagian dari opera rock kelima milik grup, di album rilisan 2009 mereka Night Castle.


Pitrelli adalah anggota dari Megadeth dari 2000-02, menggantikan Marty Friedman. Pimpinan band Megadeth Dave Mustaine memintanyan untuk bergabung setelah mendengar ulasan bagus dari drummer mereka saat itu Jimmy DeGrasso, dengan siapa Pitrelli bermain selama hari-harinya dengan Alice Cooper di awal 1990an. Pitrelli bergabung dengan band setelah sebuah “audisi” di hadapan penonton langsung di Vancouver pada 16 Januari 2000. Dua malam setelah Friedman memainkan pertunjukan terakhirnya dengan Megadeth, Pitrelli diminta untuk bermain selama limabelas menit sebelum pertunjukan dan terkejut oleh keadaan bahwa mereka tidak pernah berlatih. Dia diperkenalkan selama rekaman dari Rude Awakening, sebuah CD/DVD live yang dirilis pada 2002, dan juga tampil di album rilisan 2001 mereka The World Needs a Hero. Saat Megadeth memasuki hiatus setelah Mustaine mengalami cedera lengannya, Pitrelli bergabung kembali dengan Savatage pada 9 April 2002 dan juga meneruskan pekerjaanya dengan TSO.


Pada 1998, Pitrelli tampil di album video game Sonic Adventure Remix, dimana dia memainkan gitar di sebuah remix dari lagu tema milik game itu “Open Your Heart”.


Dia menikah dengan istri pertamanya Donna dan memiliki dua anak Jesse dan Jamie, dan dengan istri keduanya Jane Mangini. Pitrelli menikah dengan istri ketiganya Nicole. Dia adalah ayah dari lima orang anak: Jesse, Jamie, Zak, Olivia dan Layla.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...