Laman

Selasa, 07 Februari 2017

PUNKY MEADOWS




Dilahirkan dengan nama Edwin Lionel Meadows pada 6 Februari 1950 di Washington, D.C., AS adalah seorang gitaris Amerika yang dikenal untuk citra glam miliknya sebagai seorang anggota dari band Angel.

Dia tumbuh di Washington, D.C., anak tertua dari empat anak lelaki, di lingkungan Barnaby Terrace yang menghasilkan para legenda gitar Danny gatton, Roy Clark, dan Link Wray. Dia belajar di Draper Elementary dan Hart Junior High Schools, yang terakhir dimana dia mulai bermain gitar di band pertamanya, the Intruders.


The Cherry People dibentuk di Washington, D.C., bagian tenggara selama British Invasion pada 1964 dan merubah nama mereka dari the Intruders menjadi the English Setters menjadi the Cherry People, semua nama itu memantapkan mereka sebagai band yang bekerja keras dan paling berbakat di kota itu. Dari 1964 hingga 1972 band terdiri dari para anggota pendiri Chris Grimes (lahir 17 Juli 1948), Doug Grimes (lahir 24 April 1951), dan Punky Meadows (lahir 6 Februari 1950), dengan sejumlah perubahan personel yang berlangsung dari 1972 hingga band dibubarkan pada Juni 1975. Asal usul The Cherry People bermula di lingkungan Barnaby Terrace di Washington D.C. tenggara dimana para anggota asli Chris dan Doug Grimes, Punky Meadows, dan Larry Gray dibesarkan dengan the Beatles dan gelombang awal dari British Invasion. Pada 1964 keempat anak muda itu membentuk band pertama mereka, the Intruders.

Kemudian dia membentuk the English Setters, sebuah band yang bergaya the Beatles yang membuka untuk the Yardbirds, Neil Diamond, dan the Young Rascals, semuanya saat dia masih di SMA. Pada 1967, the English Setters merubah suara mereka dan merubah nama mereka menjadi the Cherry People, dan kemudian bersepakat dengan Heritage Records. Meadows sendiri berkata bahwa perusahaan rekaman mempromosikan mereka sebagai sebuah "poor man's Monkees". Mereka melakukan tur secara singkat pada 1968, muncul di Caesars Palace dan di American Bandstand.


Setelah Cherry People dibubarkan, Meadows dan Mickie Jones membentuk Daddy Warbux, kemudian BUX, yang merilis satu album. Angel dibentuk setelah keduanya bertemu dengan Gregg Giuffria dan kemudian Barry Brandt dan Frank Dimino, memilih nama "Angel" dari lagu oleh Jimi Hendrix, dimana Meadows adalah seorang penggemarnya.

Angel merilis album-album studio dari 1975 dan 1979 dan album live, Live Without a Net pada 1980, dan dibubarkan tidak lama setelah tidak mendapatkan kesuksesan kritis dan kesuksesan popular, kecuali di Jepang. Namun, Meadows, baik selama masa jabatannya dengan band dan sesudahnya diundang untuk bergabung dengan Kiss, Aerosmith, dan the New York Dolls, yang semuanya dia tolak.


Band ini memiliki citra glam yang sangat kuat yang dikatakan sebagai anti-tesis dari Kiss, sementara Meadows sendiri menjadi sangat terhubung dengan persona glam, yang membuat Frank Zappa mempelesetkan merk dagang dan rambutnya dalam lagu "Punky's Whips". Namun, Meadows menjadi "tersanjung" dan pada akhirnya berakhir di atas panggung selama sebuah konser Zappa dalam kostum Angel miliknya.


Meadows sudah pensiun dari bisnis musik, dan untuk 13 tahun memiliki dan menjalankan sebuah salon di Oakton, Virginia dan pensiun secara penuh pada 2005.

Pada 2015 Punky Meadows membuat sebuah pengumuman bahwa dia akan keluar dari pensiunnya dan akan merilis sebuah album solo di Mainman Records. Dia sudah menulis banyak lagu dengan Danny Anniello alias "The Farrow" dan akan memiliki sebuah rilisan 2016 dari Fallen Angel dengan pertunjukan yang akan menyusulnya.

Album solo debut Punky Meadows "Fallen Angel" dirilis pada 20 Mei 106 di Mainman Records. Album ini ditulis dan diproduseri oleh Punky Meadows dan teman baiknya Danny "Farrow" Anniello.


Posisi tangga di Billboard meliputi #6 di Top 100 New Artists, #25 di Top 100 Rock Albums dan #133 di Billboard Top 200 Physical sales. Album ini juga dirilis di Eropa di Escape Music dan di Jepang di Rubicon Records.

Personel di album: Punky Meadows - Lead guitar, rhythm guitar, Danny Farrow - Rhythm guitar, Felix Robinson - Bass guitar, Chandler Mogel - Lead vocals, Bob Pantella - Drums, Charlie Calv - Keyboards.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...