Laman

Sabtu, 11 Februari 2017

DEREK SHULMAN




Dilahirkan dengan nama Derek Victor Shulman pada 11 Februari 1947 di The Gorbals, Glasgow, Skotlandia, adalah seorang musisi dan penyanyi multi-instrumentalis, dan eksekutif rekaman Skotlandia. Dari 1970 hingga 1980, dia adalah vokalis utama untuk band Gentle Giant.

Shulman memulai karir rekamannya sebagai seorang penyanyi dari band pop Inggris Simon Dupree and the Big Sound, dengan Pete O'Flaherty, Eric Hine, dan saudara-saudaranya Phil Shulman dan Ray Shulman. Rekaman di akhir 1960an untuk Parlophone Records, band berjuang dengan kesulitan kreatif setelah mengalami beberapa kesuksesan komersil dengan beberapa hit top 40, termasuk hit top 10 "Kites". Band pada akhirnya dibubarkan pada 1970.



Ketiga bersaudara itu kemudian membentuk band progressive rock Gentle Giant dengan gitaris Gary Green, kibordis Kerry MInnear, dan drumer Martin Smith (kemudian digantikan oleh Malcolm Mortimore, yang kemudian digantikan oleh John Weathers). Di Gentle Giant, Shulman dikenal sebagai seorang frontman yang dinamis saat di panggung dan merekam duabelas album dengan band selama lebih dari 10 tahun. Sementara band mendapatkan penggemar setia, mereka tidak pernah mengalami kesuksesan komersil dan, dengan popularitas mereka yang menurun pada akhir 1970an, mereka membubarkan diri setelah merilis album Civilian pada 1980. Seperti para anggota bandnya, Shulman juga memainkan beberapa alat musik, termasuk saksofon, recorder, bass, clavichord dan Shulberry milik mereka, sebuah ukulele listrik dengan 3 senar.


Menyusul karir rekamannya, Shulman menjadi seorang eksekutif rekaman yang produktif. Dimulai sebagai seorang A&R di PolyGram Records, dimana dia naik jabatan ke wakil presiden senior, dia mengontrak antara lain Bon Jovi, Dan Reed Network, Cinderella, Kingdom Come, dan Enuff Z'nuff. Pada 1988, dia menjadi presiden dan CEO dari Atco Records, dimana dia pertama kali mengontrak band blues rock Tangier dan Dream Theater juga Pantera. Dia juga memantapkan kembali karir dari AC/DC dan Bad Company, yang keduanya menjual album multi-platinum dibawah pengawasannya. Dia kemudian menjadi presiden dari Roadrunner Records yang mengontrak Slipknot dan Nickelback. Pada Maret 2010, Derek memantapkan sebuah bidang baru dengan impresario musik internasional Leonard Pavkovic bernama 2PLUS Music & Entertainment.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...