Laman

Sabtu, 11 Februari 2017

JOHN WEATHERS




Dilahirkan dengan nama John Patrick Weathers pada 7 Februari 1947 di Carmarthen, Carmarthensire, Wales, adalah seorang drumer, dikenal bermain dengan band progressive rock Gentle Giant.

Dia pindah ke Swansea hingga berusia 15 tahun, dia kemudian tinggal dengan bibinya di Liverpoll, pada saat baru dimulainya ledakan skena Merseybeat. Weathers memiliki seprangkat drum saat masih anak-anak, maka mulai bermain drum lagi, bermain di beberapa band lokal. Kembali ke Wales pada 1964, pengalamannya di skena Mersey membawanya masuk ke beberapa band lokal, antaranya The Vikings (1964) dan The Brothers Grimm (1965).

Pada 1966 Weathers bergabung dengan sebuah band Neath The Eyes of Blue, bersama dengan Phil Ryan (kibord) dan Gary Pickford-Hopkins (vokal) dari The Smokestacks. Band ini menjadi profesional, dan memenangkan sebuah Beat Contest oleh Melody Maker pada 1966. Hadianya adalah sebuah kontrak rekaman selama satu tahun, tapi mereka harus merekam lagu-lagu yang dipilih untuk mereka, daripada materi milik mereka dan single-single mereka, "Heart Trouble"/"Up And Down" dan "Supermarket5 Full Of Cans"/"Don't Ask Me To Mend Your Broken Heart", terjual dengan baik.

The Eyes of Blue berganti label dari Decca ke Mercury Records dan merekam album pertama mereka Crossroads of Time pada 1968. Mereka kemudian merekam sebuah album Buzzy, sebagai band pendukung untuk penyanyi-penulis lagu Amerika Buzzy Linhart, sebelum merekam album kedua mereka In Fields of Ardath pada 1969.

Band Strawberry Dust mendukung The Eyes, dan membuat Weathers tertarik, yang membujuk Lou Reizner untuk membiayai album, dimana Weathers memproduseri dan menulis/ikut menulis 6 lagu. Women & Children First dirilis pada 1970, tapi Reizner mengganti nama band menjadi Ancient Grease, tanpa memberitahu mereka, dan menunjuk dirinya sendiri sebagai seorang produser.

Album ketiga milik The Eyes of Blue, Bluebell Wood, dirilis dibawah nama lain Big Sleep, adalah yang terakhir milik mereka, saat band bubar tidak lama setelah itu. Weathers bermain secara singkat dengan Strawberry Dust, hingga mareka juga bubar, kemudian dibentuk kembali sebagai Racing Cars. Setelah pembubaran ini dia bermain drum di pemunculan final dari band Swansea Soul, the John Smith Committee.

Pada 1970 Weathers dan Phil Ryan bergabung dengan Pete Brown & Piblokto! bermain di satu single, "Flying Hero Sandwich"/"My Last Band", sebelum Piblokto juga dibubarkan. Weathers kemudian bergabung dengan embrio Wild Turkey dengan Glenn Cornick (mantan Jethro Tull), Gary Pickford-Hopkins (mantan Eyes of Blue) dan Graham Williams (mantan Strawberry Dust), tapi Weathers dan Williams pergi untuk bergabung dengan Graham Bond's Magick sebelum Wild Turkey merekam materi apapun. Dia muncul di album 1971 milik Graham Bond, We Put Our Magick On You, dan kemudian tahun itu bergabung dengan The Grease Band.


Weathers bergabung dengan Gentle Giant pada 1972, sebagai pengganti sementara untuk drumer mereka Malcolm Mortimore, yang sedang cedera dalam sebuah kecelakaan mobil. Dia pertama bermain di album Octopus milik Gentle Giant, dan posisinya kemudian menjadi permanen, bertahan dengan mereka hingga mereka bubar, setelah album terakhir mereka Civilian (1980). Dia sangat disukai oleh penggemar untuk gaya permainan drumnya yang berciri, dan juga memainkan vibe dan xylofon, juga alat perkusi lainnya. Dia juga lebih sering menambahkan vokalnya  baik di studio dan penampilan langsung seiring berjalannya waktu, bahkan menjadi vokalis utama pada lagu-lagu "Interview" dan "Friends", yang terakhir adalah komposisi miliknya.

Sementara dengan Gentle Giant, Weathers terkadang bermain dengan band milik Phil Ryan The Neutrons, termasuk album 1974 mereka, Black Hole Star.


Setelah Gentel Giant dibubarkan pada 1980, Weathers memainkan sejumlah posisi sementara, hingga dia bergabung dengan band rock psychedelic/progressive Man saat mereka dibentuk kembali pada 1983. Terpisah dari ketidakhadiran yang singkat, saat dia tidak sehat dan Rick Martines untuk sementara mengambil alih, dia bertahan dengan Man hingga 1996, merekam dua album studio dan 3 album live, dan menjadi drumer terlama mereka, secara tiba-tiba pergi karena Gentle Giant akan dibentuk kembali. Secara ironis, dia meninggalkan Man sebelum Phil Ryan bergabung kembali dengan band. Weathers terkenal saat tampil di acara S4C TV pada 1986 Rocking With A Sikh, mendukung pemeran Sikh Elvis Peter Singh, bersama dengan Martin Ace dan Micky Jones.

Hal itu secara beragam dilaporkan bahwa dia menderita RSI atau arthritis, tapi menurut dia sebenarnya adalah "diagnosa dengan sebuah kondisi bernama Spinocerebellar ataxia, yang berhubungan dengan M.S." Memoir yang tidak diterbitkan dari waktunya yang dia habiskan di Morriston Hospital - Two Weeks in Pain - Under the Knife, secara terbuka mendokumentasikan percobaan dari seorang pasien yang memulihkan diri setelah menjalani operasi.


Weathers sudah muncul di beberapa soundtrack TV Wales, dan pada 2006 bergabung kembali dengan re-inkarnasi terkini dari Wild Turkey, untuk merekam album mereka You & Me In The Jungle dan tur Eropa.

Weathers juga seorang ornitologis (ilmu hewan yang berfokus pada burung) yang terampil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...