Laman

Senin, 27 Februari 2017

JOSEPHINE WIGGS




Dilahirkan dengan nama Miranda Cordelia Susan Josephine Wiggs pada 26 Februari 1963 di Letchworth, Hertfordshire, adalah seorang musisi indie/alternative rock berkebangsaan Inggris, yang dikenal untuk karyanya dengan band-band The Perfect Disaster, The Breeders dan Dusty Trails.

Wiggs adalah putri dari Richard Wiggs, seorang guru dari anak-anak cacat dan pendiri dari the Anti-Concorde Project. Wiggs mempelajari Filosofi di University of London, mendapatkan gelar BA, kemudian mendapatkan MA dalam bidang Continental Philosophy dari University of Sussexx. Dia mempelajari celo selama sepuluh tahun. Dia bergabung dengan The Perfect Disaster pada 1998 sebagai pemain bass, bermain di album-album Asylum Road (1988), Up (1989) dan Heaven Scent (1990) sebelum pergi untuk membentuk The Breeders dengan Kim Deal dan Tanya Donelly. Wiggs bermain celo di album Spaceman 3, Playing With Fire.


Pada 1988, Wiggs bertemu Kim Deal saat Perfect Disaster mendukung the Pixies di London. Pada 1989, Deal meminta Wiggs untuk bergabung dengannya dan Tanya Donelly dari Throwing Muses dalam pembuatan album Breeders pertama, Pod. Deal, Wiggs dan drumer Slint Britt Walford berlatih selama satu minggu di rumah Wiggs di Berdfordshire, dan untuk minggu-minggu selanjutnya dengan Donelly di London, sebelum berkendara ke Edinburgh untuk merekam album dengan penata rekaman Steve Albini. Album dirilis pada 1990 di label rekaman 4AD. Pada 1992, Deal mengunjungi Wiggs di Brighton selama waktu libur dari the Pixies, dan mereka mengerjakan lagu Safari, merekamnya di London dengan teman Wiggs drumer Spaceman 3/Spiritualized Jon Mattock. Rekaman ini menjadi judul lagu dari rilisan kedua Breeders, EP Safari.

Dari 1992, bersama Deal dan Wiggs, inkarnasi kedua Breeders terdiri dari Kelley Deal pada gitar dan Jim Macpherson pada drum. Formasi ini merekam album Last Splash pada 1993, yang menampilkan lagu terkenal Cannonball dengan riff bass pembukanya yang ikonik. Video untuk Cannonball, sering diputar di MTV, disutradarai oleh Kim Gordon dan Spike Jonze. The Breeders mendukung Nirvana di tur In Utero mereka, dan Last Splash menerima status platinum.

Rekaman terakhir mereka adalah sebuah EP hanya dalam bentuk vinyl, Head to Toe yang judul albumnya ditulis oleh Wiggs. Setelah bermain di the 1994 Lollapolooza Tour, The Breeders menjalani hiatus yang tidak pasti menyusul masalah narkoba yang sangat terpublikasi dari gitaris Kelley Deal. Kim Deal merilis sebuah album solo, the Amps, Pacer pada 1995, dan dia membangkitkan kembali nama Breeders pada akhir 1990an, tapi tanpa Wiggs ataupun Macpherson yang menjadi anggota dari formasi ini. Pada November 2005, Wiggs memainkan dua pertunjukan dengan The Breeders di London, pada sebuah acara yang memperingati ulang tahun ke 25 dari label rekaman 4AD.

Pada 21 Agustus 2009, dengan waktu satu hari dan tanpa latihan, Wiggs memainkan tiga pertunjukan dengan The Breeders setelah bassis Mando Lopez harus pulang ke rumahnya karena pacarnya pingsan. Pertunjukan ini berlangsung di the Black Cat di Washington, DC, Diesel di Pittsburgh, dan di Newport Music Hall di Columbus, Ohio. Pada 2013, Wiggs bergabung kembali dengan The Bredeers untuk 6 jadwal 20th Anniversary World Tour, bersamaan dengan rilisan 4AD dari LSXX, sebuah vinyl box-set berisi 7 cakram, dan paket 3 CD edisi terbatas.

Pada 1992, Wiggs berkolaborasi dengan Jon Mattock dan merilis sebuah album, Nude Nudes, dibawah nama Honey Tongue. Pada 1995 Wiggs dan Luscious Jackson, drumer Kate Schellenbach (Beastie Boys asli) membentuk Ladies Who Lunch, merilis 7 inch vinyl "Kims We Love" (sebuah penghargaan untuk Kim Deal dan Kim Gordon dari Sonic Youth, dimainkan seluruhnya di kibord Casio) di label milik Beastie Boys, Grand Royal. Ini diikuti dengan 7 inch vinyl dari lagu milik Buzzcocks, Everybody's Happy Nowadays.

Pada 1995, Wiggs merekam dan ikut memproduseri album Klassics With a K untuk Kostars, Jill Cunniff dan Vivian Trimble dari Luscious Jackson, dan melakukan tur dengan mereka memainkan drum. Pada 1996 Wiggs berkolaborasi lagi dengan Jon Mattock merilis album Bon Bon Lifestyle melalui Grand Royal sebagai The Josephine Wiggs Experience. Wiggs memainkan semua alat musik, merekam dan mencampur album.


Pada 1997, Wiggs mulai menulis dan merekam kolaborasi dengan kibordis Luscious Jackson Vivian Trimble dibawah nama Dusty Trails. Album rilisan 2000 mereka melalui Atlantic Records menyertakan sebuah lagu yang ditulis untuk, dan dinyanyikan oleh, Emmylou Harris. Mereka juga menulis musik untuk Happy Accidents, sebuah film oleh Brad Anderson (penulis/sutradara dari Next Stop Wonderland yang dibintangi Marisa Tomei dan Vincent D'Onofrio. Selain itu, mereka berkolaborasi secara internasional dengan koreografer Brasil yang berbasis di New York, menulis dan merekam musik panjang untuk Poor Reality, 2001, dan Exit 2007. Mereka juga membuat soundtrack untuk film pendek Flying Lesson, (yang tayang perdana di Lincoln Center, 2008) dan untuk film pendek mereka The Collection (2011).

Pada 2009, Wiggs merekam soundtrack untuk Conversation With Boxing Gloves, sati dari 11 film pendek yang membuat ulang Vita Futurista Redux, sebuah reka ulang dari film rilisan 1916 yang hilang Vita Futusrista, yang diprakarsai oleh Performa 09 dan tayang perdana di SFMOMA. Pada 2012, dia menulis dan merekam sebuah musik berbasis piano untuk dokumenter Built on Narrow Land, sebuah film tentang rumah modern yang terinspirasi Bauhaus di Wellfleet, Cape Cod, yang ditayangkan di Provincetown International Film Festival dan disertakan di Architecture and Design Film Festival, New York City, 2013. Pada 2013, dia menulis dan merekam musik  untuk film pertama oleh penulis-sutradara Desiree Akhavan, Appropriate Beahvior, yang tayang perdana di Sundance Film Festival, pada 2014.

Menurut sebuah profil Rolling Stones pada 1994 dari The Breeders, Wiggs adalah seorang vegetarian yang tidak pernah memakan daging selama hidupnya. Artikel itu juga mengidentifikasinya sebagai seorang lesbian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...