Laman

Kamis, 16 Februari 2017

MR. LORDI




Lahir dengan nama Tomi Petteri Putaansuu pada 15 Februari 1974 adalah musisi, pengusaha, special effect make-up artist, penulis lagu, aktor, pelukis, seniman komik dan desainer grafis Finlandia. Ia terkenal dengan nama panggungnya Mr. Lordi alias Mr. L.

Mr. Lordi paling dikenal sebagai vokalis di band heavy metal/hard rock Lordi. Di band itu ia bertanggung jawab untuk penulisan lagu dan menciptakan semua topeng, kostum, grafis dan alat peraga panggung tersebut.
 
Mr. Lordi telah menulis lagu dan melukis tata artistik sampul bagi banyak band dan artis seperti Rotten Sound, Jope Ruonansuu, Domination Black, Grandevils dan Agnes Pihlava. Ia juga telah mengadakan beberapa pameran seni di Finlandia.
 
Semua foto-foto publisitas Mr. Lordi menyembunyikan wajahnya dengan topeng dan tata rias panggung. Namun, banyak tabloid telah menerbitkan foto palsu dari wajah tidak bertopeng itu. Sebuah foto asli yang diterbitkan dari wajah tanpa topeng itu diambil di awal 1990-an, sebagai ketua Kiss Army Finlandia.
 
Sebelum Lordi Mr. L telah bermain di banyak band rock dari Rovaniemi, paling dikenal sebagai penyanyi utama untuk mantan bandnya Wanda Whips Wall Street. Ia mendirikan Lordi sebagai proyek solonya pada tahun 1992, saat ia berusia 18 tahun. Dia menghasilkan demo pertama, Napalm Market, pada tahun 1993. Mr. L menjelaskan suara Lordi yang diinginkan sebagai "lagu yang dibuat oleh Kiss pada tahun 1983, dibawakan ulang oleh Pantera pada tahun 1992 dan remix oleh Puff Daddy". Lordi menjadi sebuah band empat tahun kemudian ketika Mr. Lordi bertemu line-up asli Lordi selama Finnish Kiss cruise, yang diselenggarakan oleh dirinya sebagai presiden dari Kiss Army Finlandia.


Sambil bekerja sebagai storyboard artist, Mr. Lordi menghabiskan waktu luangnya memproduseri album pertama Lordi Bend Over and Pray the Lord pada tahun 1997. Namun, dia tidak bisa menemukan penerbit untuk album ini dan album itu belum pernah dirilis. Sejak itu, ia juga telah menggambar sebuah buku komik yang menampilkan Lordi. Setelah tahun 2002, ketika single pertama Would You Love a Monsterman? dan album Get Heavy akhirnya dirilis oleh BMG Finlandia, Mr. Lordi masih bertanggung jawab untuk semua tata artistik album, desain merchandise dan topeng dan pakaian dari anggota band. Lagu-lagu yang dia tulis bersama dengan anggota band lainnya.
 
Mr. Lordi telah menulis lagu dan membuat album cover untuk banyak band dan seniman Finlandia seperti Rotten Sound, Agnes Pihlava dan Neljänsuora. Di luar Finlandia Mr. Lordi telah tampil sebagai tamu langsung di konser milik U.D.O. dan Doro Pesch.
 
Pada tahun 2011 Mr. Lordi menciptakan paduan suara miliknya sendiri dari Rovaniemi untuk versi Finlandia dari miniseri Clash of the Choirs. Dia memberi nama paduan suara itu dengan "Rock'n'Rollo" dan mengundang paduan suara itu untuk tampil di konser ulang tahun milik Lordi pada 2012.
 
Pada akhir 80-an Mr. Lordi mulai membuat film horor dengan teman-teman. Sebagai seorang sutradara film dan efek desainer, dia, dengan pembuat film muda Pete Riski (sutradara video musik Lordi masa depan), Petri Kangas, Kimmo Valtanen (calon CEO Sony BMG Finlandia) dan Tomi Yli-Suvanto menerima banyak penghargaan dan mewakili Finlandia di festival film internasional. Mr. Lordi juga bekerja sebagai artis storyboard bagi produsen film Finlandia dan menyutradarai banyak video musik Finlandia.
 
Mr. Lordi telah memiliki tiga pameran seni di Finlandia. Pameran itu juga bersisi tata artistik Mr. Lordi untuk Lordi dan band lainnya.
 
Lahir dan dibesarkan di Rovaniemi, Mr. Lordi segera tertarik pada monster dan efek khusus, sebagian besar melalui film-film horor. Dia juga seorang penggemar berat dari The Muppet Show dan ET dan segera diperkenalkan ke dunia heavy metal melalui temannya Risto Niemi, saat ia berusia 8 tahun.

Selalu tertarik pada topeng dan pertunjukan visual, ia sangat tertarik pada Alice Cooper, W.A.S.P., Motley Crue, Kiss dan Twisted Sister. Dia memulai banyak band dengan teman-temannya dan merancang dan sampul album untuk mereka semua.

Mr. L tidak belajar dengan baik di sekolah - kecuali musik dan menggambar. Setelah bertahun-tahun, ia lulus sebagai desainer media, yang mengkhususkan diri sendiri dalam video editing. Dia membuat video musik pertama Lordi, Inferno, kombinasi tujuh menit dari fantasi horor dan musik video heavy metal, pada tahun 1995. Video ini menampilkan teman Mr. Lordi dalam tata rias dan topeng tebal dan dekorasi horor yang dibuat oleh Mr. Lordi - dan Mr. Lordi sendiri bernyanyi tanpa tata rias apapun. Tak lama kemudian ia bertemu anggota band masa depannya pada perjalanan KIss Army ke Swedia dan Lordi berubah menjadi band nyata dengan empat anggota - Mr. Lordi, G-Stealer, Enary dan Amen.

Ia menikah dengan pacar lamanya Johanna Askola pada awal Agustus 2006 di kota kelahirannya Rovaniemi.
 
Seperti anggota lain di band Lordi, Mr. Lordi juga memiliki cerita latar belakang fiksi dan muncul sebagai monster fiksi dalam buku komik dan video musik dari Lordi. Karakternya digambarkan dengan nama "The Hulk from Hell", "The Most Fearsome Khan of All", "The Biomechanical Man" dan "The Unholy Overlord of All Tremors". Senjatanya yang paling dikenal adalah armor biomekanik dan kapak.

Sejarah fiksi dari Mr. Lordi mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang Siluman dari Selatan bernama Duke of Demons dan ibunya seorang Troll dari Utara yang bernama Angel. The Demons menyerbu Lapland dan memperkosa para Troll. Sebagai anak haram dari keduanya, Mr. Lordi menerima kekuatan gaib dari mereka dan selama berabad-abad muncul sebagai beberapa tokoh-tokoh sejarah, seperti Genghis Khan, Attila the hun dan Vlad the Impaler. Setelah mengalahkan para Demon dan Troll, sebagai the Lord of Lapland, ia naik sebuah iringan, yang diberikan kepadanya oleh Puuhkalakki, ditarik rusa zombie terbang.
 
Menurut salah satu teori, Mr. Lordi telah menghabiskan berabad-abad mencari One True Love miliknya, tapi belum menemukannya. Kalmaged sang penjelajah waktu mengatakan bahwa Mr. Lordi telah mengintegrasi dirinya dengan medan magnet bumi dan dengan demikian mengendalikan seluruh planet dan sekarang dapat melakukan perjalanan antar dimensi yang berbeda dengan mudah. Mr Lordi secara pribadi telah mengumpulkan anggota band lainnya sebagai sekutu dalam perang trans-dimensi melawan musuh-musuh mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...