Laman

Senin, 27 Februari 2017

MATT O'REE




Dilahirkan pada 26 Februari 1972 di Holmdel, New Jersey, AS adalah seorang gitaris blues-rock, penyanyi, dan penulis lagu berkebangsaan Amerika. O'Ree dikenal sebagai seorang pendiri dan frontman untuk Matt O'Ree Band yang dia bentuk pada 1994. Pada 2015, Matt bergabung dengan Bon Jovi sebagai pemain gitar ritem tur mereka disamping Phil X. Dia bergabung tidak lama sebelum tur Bon Jovi Live! yang dimulai pada 11 September 2015, di Jakarta, Indonesia di Gelra Bung Karno Stadium dan berlanjut menempuh Asia dengan pertunjukan terakhir pada 3 Oktober 2015 di Tel Aviv, Israel di Hayarkon Park. Tur ini untuk mendukung album rilisan 2015 milik Bon Jovi, Burning Bridges.


Saat masih muda, O'Ree terpengaruh oleh artis-artis seperti Albert King, Howlin' Wolf, Jimi Hendrix dan Stevie Ra Vaughan. Pada usia 13 tahun, dia mendapatkan gitar pertamanya dan mulai belajar untuk memainkannya. Dua tahun kemudian, pada usia 15 tahun, dia mulai bermain di berbagai band. Setelah lulus SMA, dia mengambil mata pelajaran musik saat kuliah. Selama waktu ini, dia juga bekerja sebagai seorang karyawan di sebuah studio rekaman dan mengajar murid lainnya cara memainkan gitar. Pada masa inilah, dia bisa berkolaborasi dengan para musisi lainnya yang membuatnya dapat membentuk bandnya sendiri.

Pada 1994, O'Ree membentuk the Matt O'Ree Band. Pada 1997, dia mulai menulis dan merekam materi yang menjadi album debutnya, 88 Miles yang dirilis pada 1998. Hal ini membawa pada pertunjukan pembuka untuk para artis rekaman internasional seperti Foreigner, Kansas, The Original Blue Brothers Band, Buddy Guy, Leslie West dan Mountain, Blues Travelor, The Outlaws, Marshall Tucker, Gov't Mule, Robin Trower, Blue Oyster Cult, Johnny Winter, Edgar Winter, Dickie Betts, Dick Dale, Gretchen Wilson, The Screamin' Cheetah Wheelies, Bernand Allison, Chris Duarte, Indigenous, Robby Krieger, Gary Hoey, Walter Trout, Labambas Big Band, dan Smokin' Joe Kubek. Pada 2001, album kedua, Chalk It Up, dirilis. Pada 2005, O'Ree merilis album studio ketiganya berjudul Shelf Life, yang disertakan di sebuah edisi dari "Guitar World Magazine". Shelf Life memenangkan empat Asbury Park Music Awards untuk: Best Blues Band, Best Guitarist, Best Local Release, dan Best Song of the Year - "Saints & Sinners." Pada 8 Juni 2006, O'Ree memenangkan kontes gitar Grand Prize of the Guitarmageddon: "King of the Blues" yang dibawakan oleh BB King dan John Mayer melalui Guitar Center dan Guitar World Magazine. Dia menang setelah bersaing dengan 4.000 gitaris lainnya. Hadiahnya meliputi beberapa gitar dan dukungan dari Gibson guitars, belanja gratis dengan Guitar Center dan sebuah mobil dari Scion.


Dia membentuk the Matt O'Ree band pada 1994 dengan anggota tiga orang yang memainkan gitar, bass dan drum, menampilkan sebagian besar musik blues cover dan asli. Pada 2008, the Matt O'Ree band berubah dari tiga orang menjadi empat orang, dengan menambahkan kibordis Eric Safka. Dengan formasi baru band, mereka membuat musik baru dan arah yang berbeda dalam penulisan lagu.

Mulai saat itu, O'Ree dan bandnya mulai melakukan tur secara nasional dan internasional. Banyak perjalanan diambil di bus tur buatan mereka yang mereka beri nama "Big Jenna" yang memiliki sebuah lagu yang ditulis tentang hal itu berjudul "Big Jenna" di album live-nya.

Pada 2014, The Matt O'Ree band bermain di panggung utama the Light of Day Foundations di The Paramount Theater sebelum Joe Grushecky dan Bruce Springsteen, menambahkan sedikit musik dari "Smoke on the Water" daftar lagu mereka.

Pada 30 Oktober 2015, The Matt O'Ree Band menampilkan sebuah pertunjukan sambutan untuk kembalinya O'Ree dari turnya dengan Bon Jovi, di the Stone Pony di Asbury Park, New Jersey dengan pengunjung yang membludak. Para pengunjung terdiri dari musisi lokal, media lokal, dan promoter juga para penggemar. David Bryan dengan band menampilkan sebuah versi dari lagu milik Bon Jovi "Wanted Dead or Alive" yang menampilkan Bryan menyanyi. Juga lagu yang ikut ditulis oleh O'Ree dan Bryan, "My Everything Is You". Band juga membawakan pertama kali singke baru mereka - versi rekaman dari "Black Boots" yang menampilkan artis New Jersey lainnya, Bruce Springsteen, pada vokal dan gitar taku, yang dirilis pada 2016.

Pada 2013 O'Ree bertemu David Bryan dari Bon Jovi di sebuah tempat lokal bernama Jamians, yang berlokasi di Red Bank, New Jersey. Bryan kemudian menampilkan sebuah lagu dengan The Matt O'Ree Band, membentuk sebuah pertemanan lama. David Bryan sejak itu membantu O'Ree dengan karirnya dengan memperkenalkannya pada Jon Bon Jovi dan memberinya sebuah audisi untuk menjadi gitaris dalam band Bon Jovi. Mereka juga menulis beberapa lagu bersama; salah satunya adalah "My Everything Is You". Lagu ini diproduseri oleh Bryan untuk album O'Ree mendatang.


September 2015 terlihat Matt O'Ree menjadi gitaris untuk tur Bon Jovi Live! dengan Bon Jovi dan bermain menempuh Asia Tenggara selama 3 minggu, tampil pada 11 September di Jakarta, Indonesia di depan 45.000 orang untuk memulai tur.

Pada 11 November 2015, O'Ree dan Bryan tampil di panggung dengan legenda blues Buddy Guy di klub blues B.B. King di New York City. Dia satu panggung pada malam itu dengan Buddy Guy, Earl Slick, Evan Stanley (putra Paul Stanley), penyanyi pendukung Eryn Shewell.

Pada 11 September 2016, Matt O'Ree dilantik ke dalam the NY/NJ Blues Hall of Fame. Matt sebagai seorang Master Blues Artist.

Dia menggunakan ampli Trainwreck dan pada 2011 merekam sebuah video promisi untuk perusahaan itu.

Matt saat ini bertunangan dengan penyanyi blues soul New Jersey, Eryn Shewell.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...