Laman

Jumat, 17 Februari 2017

JACK PONTI




Dilahirkan pada 16 Februari 1958 di Red Bank, New Jersey, AS, adalah seorang musisi, penulis lagu, produser rekaman, manajer, eksekutif label dan konsultan Amerika.


Dia memulai karirnya dalam bisinis musik dengan bermain gitar di band rock The Rest di kota asalnya New Jersey di akhir 1970an. The Rest menampilkan Jon Bon Jovi yang masih muda sebagai vokalis, tapi meskipun mendapatkan promosi oleh musisi New Jersey sukses lainnya, seperti Southside Johnny dan anggota dari Bruce Springsteen's E Street Band, dan sebuah demo yang diproduseri oleh Billy Squier, tidak mendapatkan sebuah kontrak rekaman dan dibubarkan. Jon Bon Jovi kemudian membentuk bandnya sendiri Bon Jovi, yang di tahun selanjutnya mendapatkan kesuksesan dunia dan jutaan penjualan rekaman, sedangkan Ponti menemukan sebuah pekerjaan sebagai seorang penulis lagu dan produser untuk band rock lainnya. Mendiang legenda bisnis Ahmet Ertegun memberi Ponti pekerjaan produksi pertamanya dan keduanya menjadi akrab.


Pada akhir 80an dan awal 90an, Ponti ikut menulis lagu-lagu untuk Bon Jovi, Alice Cooper, Keel, Trixter, Nelson, Kane Roberts, Joe Lynn Turner, Bonfire dan artis lainnya. Dia juga memproduseri dan menulis album untuk band-band hard rock dan glam metal Babylon A.D., Baton Rouge, Doro dan untuk bandnya sendiri Surgin', yang dia bentuk pada 1985 atas dorongan manajernya saat itu. Surgin' dibubarkan setelah satu album, meski kompilasi terusannya sudah dirilis yang berisi demo-demo awal. Surgin' masih memiliki penggemar yang kuat di komunitas AOR.


Selama periode akhir dari popularitas glam metal, dia sangat terlibat dengan Skid Row dan Nelson. Pada 1991 dia pensiun dari bisnis musik untuk beberapa tahun. Selama waktu ini dia mendirikan sebuah sekolah seni beladiri, gym, dan mencurahkan energinya untuk seni beladiri dan anjing, terutama peranakan langka dari Fila Brasileiro.

Dia kembali lagi pada 1996, mendekati bisnis musik sebagai seorang manajer bakat dan pemilik label rekaman. Pada 1998, dia mendirikan CazzyDog Management dan menjadi manajer dari artis R&B dan pemenang Granmmy Awards India Arie yang dinominasikan untuk 7 penghargaan Grammy sebagai seorang artis debutan, sebuah rekaman yang masih dipegang oleh Arie saat ini. Klien lainnya di daftar CazzyDog meliputi: Boyz II Men, Az Yet, Mike E., Pru, dan Scarface. Diantara penulis/produser yang mereka manajeri adalah Carlos (Six July) Broady. N.O. Joe Johnson, Mary Brown, semua penulis dibawah Teddy Riley, dan pembawa acara.

Pada 2004 dia mendirikan Bardic Records dan the Platform Group. Kedua perusahaan itu dirancang untuk mengerjakan sektor "indie" yang akan dikembangkan. Kedua bidang itu dihentikan setelah mengalami rekonfigurasi.

Dia saat ini adalah CEO dari Merovingian Music, sebuah label rekaman non-genre yang didirikan pada 2006, dengan rekanan yang kuat dalam industri dan daftar artis-artis pop, indie rock, hip hop dan heavy metal. Merovingian Music saat ini memiliki perusahaan rekanan baik dengan Capitol Records dan Jive Records dan sudah bergabung dengan C.E. Music, sebuah label yang dimiliki oleh perusahaan produksi David Letterman's Worldwide.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...