Laman

Senin, 04 Juli 2016

MICHAEL SWEET




Lahir dengan nama Michael Harrison Sweet pada 4 Juli 1963 di Whittier, California, Amerika Serikat.

Pada awal 1980an, Sweet dan kakaknya memulai sebuah band bernama Roxx Regime dan bermain di tempat kecil. Mereka adalah sebuah trio untuk beberapa periode dengan Sweet menjadi satu-satunya pemain gitar di band. Band ini kemudian menjadi Stryper. Band memberontak pada anggapan tentang heavy metal sebagai satanik dan membawa Christian rock masuk ke mainstream.


Dengan band ini, Sweet bukan satu-satunya vokalis utama dan berbagi tugas gitar utama, tapi dia juga menulis sebagian besar musik untuk band juga ikut menjadi produser dan mengaransemen musik. Band merekam lim album studio yang sangat sukses. Reputasi band mengalamai penurunan pada 1990an.

Setelah sembilan tahun sebagai vokalis utama/gitaris utama dari Stryper, Sweet meninggalkan band pada 1992 agar bisa menjalani karir solo. Dia pertama merilis sebuah album demo berjudul Unstryped, yang menampilkan tujuh lagu yang awalnya ditujukan untuk band. Sweet kemudian memasukkan beberapa lagu ini ke album penuh pertamanya.


Album debut self-title miliknya dirilis pada 1994 dan terjual lebih dari 250.000 buah. Dia menondaklanjutinya dengan album yang lebih lembut berjudul Real pada 1996 yang memberinya sebuah nominasi Dove Award. Segera setelah perilisan Real, Sweet meninggalkan Benson Records, dengan siapa dia sudah merilis dua album.

Selama waktu ini, Sweet dan istrinya Kyle pindah ke Massacchusetts, dimana Sweet bekerja di bisnis tanah perkemahan/kebun cranberry milik ayah mertuanya, Maple Park. Pada 1998, dia merilis sebuah album demo independen berjudul Truth yang menerima pengakuan kritikus. Dia teken kontrak dengan Restless Records dan merilis ulang Truth pada 2000 dengan sebuah daftar lagu baru dan tata artistik baru.


Pada 19 Agustus 2007, Sweet diminta oleh Tom Scholz dari Boston sebagai salah satu penyanyi utama dan gitaris untuk Come Together: A tribute to Brad Delp di Bank of America Pavilion di Boston, MA. Tom Scholz kemudian meminta Sweet untuk bergabung dengan Boston untuk tur musim panas 2008 milik band dengan Styx sebagai band pembuka.

Sweet menampilkan vokal utama, vokal latar, dan gitar untuk Boston. Sweet diminta menjadibagian apa yang akan dimaksudkan menjadi penampilan terakhir Boston pada 8/19/07. Ini adalah pertunjukan amal/penghormatan dan nama-nama seperti Sammy Hagar, Mickey Thomas dan Ann Wilson ada diantara tamu yang diundang. Tom Scholz tergerak oleh apa yang sudah ditulis oleh Sweet tentang almarhum Brad Delp dan kemudian mendengar Sweet menyanyi dan memainkan gitar. Scholz juga terkesan dengan bakat Sweet dan dia mengundangnya untuk bergabung dengan band dan menjadi anggota permanen. Boston mulai merencanakan tur untuk 2008 dengan Styx sebagai band pembuka. Sweet menjadi vokal utama pada sebagian besar daftar lagu dan memainkan gitar untuk seluruh lagu dan juga membawakan karya solo. Pada Agustus 2011, diumumkan bahwa Sweet sudah meninggalkan Boston untuk fokus pada prioritasnya dan kontribusi untuk Stryper.

Pada 1999, Sweet melakukan reuni dengan mantan rekan band Stryper Oz Fox dan Tim Gaines selama sebuah konser di Puerto Rico. Konser itu menampilkan band milik Fox dan Gaines, SinDizzy. Sweet diundang sebagai artis solo. Ketiganya bersama-sama membawakan empat buah lagu. Tahun berikutnya, Stryper Expo pertama diadakan di New Jersey dan keseluruhan lineup melakukan reuni lagi.

Walaupun bassis asli Tim Gaines meninggalkan grup pada 2005 dan digantikan oleh Tracy Ferrie, band tetap melakukan kerja sama, merilis sebuah album baru berjudul Reborn, diproduseri oleh Sweet. Namun, dia tetap melanjutkan karir solonya juga. Pada Agustus 2006, dia merilis sebuah album solo berjudul Him yang menampilkan himne tradisional yang ditulis ulang dan diaransemen oleh Sweet. Band kemudian merilis album Murder by Pride, diproduseri oleh Sweet pada Juli 2009.

Kematian istri Sweet, Kyle, diumumkan pada 5 Maret 2009, setelah dua tahun bertarung dengan kanker ovarium. Selama 2007 Sweet merilis sebuah album berjudul Touched untuk menghormati Kyle.

Pada September 2009, Stryper melakukan tur dunia ulang tahun ke 25 mereka, “Rocking the Hell Out of You for 25 Years” dengan para anggota asli. Tur ini menyertakan dua band pembuka: Manic Drive dan Flight Patterns, band terakhir menampilkan putra Sweet, Michael Sweet, Jr.

Pada 15 Februari 2011, Stryper merilis sebuah rekaman baru berjudul The Covering, diproduseri oleh Sweet.


Pada 2013 Stryper merilis dua album studio berjudul Second Coming dan No More Hell to Pay via Frontiers Records. Mereka merilis sebuah album/DVD live, Stryper: Live at the Whiskey, direkam pada 2013 di WhiskeyA Go Go di Sunset Strip yang direkam dari Nopember 2013. Sweet juga bekerja dengan pendiri Lynch Mob dan mantan anggota Dokken, George Lynch pada rekaman sebuah album berjudul Only to Rise dalam sebuah supergrup yang diberi nama oleh mereka berdua Sweet & Lynch. Sweet mendiskusikan grup ini Eddie Trunk Podcast pada 4 Februari 2015. Grup ini juga terdiri dari mantan anggota White Lion dan Megadeth James LoMenzo pada bass, dan mantan anggota Whitesnake dan Foreigner Brian Tichy pada drum. Only to Rise dirilis pada 27 Januari 2015.

Diluar dari Stryper yang sudah merilis album baru mereka, Fallen, Sweet menegaskan dia sudah teken kontrak dengan Rat Pak Records untuk merilis sebuah album solo pada awal 2016 berjudul One Sided War.

Michael Sweet terpengaruh oleh Creedence Clearwater Revival, The Beatles, Elvis Presley, Chuck Berry, Bad Company, Foghat, Cheap Trick, Aerosmith, Van Halen, Judas Priest, Buck Owen, Ray Price, Tammy Wynette, Al Green dan the Bee Gees.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...