Laman

Selasa, 12 Juli 2016

CHRISTINE McVIE




Lahir pada 12 Juli 1943 di Bouth, Cumbria, Inggris, dengan nama Christine Anne Perfect. Dia tumbuh di wilayah Bearwood dari Smethwick dekat Birmingham, dimana ayahnya, Cyril P.A. Perfect, adalah seorang pemain violin konser dan pengajar musik di St. Peter's College of Education, Saltley, Birmingham dan belajar violin di St Philip's Grammar School, Birmingham. Ibunya, Beatrice E.M. (nee Reece), diklaim sebagai seorang medium, psikiatris, dan paranormal. Kakek Christine adalah seorang organis di Westminster Abbey.


Walaupun Christine dikenalkan pada piano di usia 4 tahun, tidak hingga usia 11 tahun dia belajar musik secara serius, saat dia dikenalkan kembali pada piano oleh Philip Fisher, seorang musisi lokal dan teman sekolah dari kakak Christine, John. Melanjutkan pelatihan musik klasiknya hingga usia 15 tahun, McVie secara radikal merubah fokus musiknya ke rock & roll saat John membawa pulang buku lagu Fats Domino. Pengaruh awal lainnya termasuk The Everly Brothers.


Christine mempelajari pembuatan patung di sebuah kampus seni di Birmingham untuk lima tahun, dengan tujuan menjadi seorang guru seni. Selama waktu itu dia bertemu dengan sejumlah musisi di kancah blues Inggris. Tujuan pertamanya dalam bidang musik tidak datang hingga dia bertemu dua teman, Stan Webb dan Andy Silvester di sebuah pub pada ssuatu malam. Pada saat itu, mereka bermain di sebuah band bernama "Sounds of Blue" yang memiliki beberapa jadwal yang akan dimainkan, tapi tidak memiliki pemain bass. Mengetahui bahwa Christine memiliki bakat musik, mereka memintanya untuk bergabung. Juga, selama waktu itu, dia sering menyanyi dengan Spencer Davis. Setelah lima tahun, McVie lulus dari kampus seni dengan tingkatan guru, tapi pada saat itu "Sounds of Blue" sudah bubar.

Baru lulus dari kampus seni, Christine menyadari dia tidak punya cukup uang untuk digunakan sebagai modal untuk masuk dunia seni, maka dia pindah ke London, dimana dia bekerja secara singkat sebagai penata pakaian sebuah department store.

Pada 1967 Christine mengetahui bahwa mantan rekan sebandnya, Andy Silvester dan Stan Webb, membentuk sebuah band blues, Chicken Shack, dan sedang mencari seorang pianis. Dia menulis pada mereka meminta untuk bergabung, dan mereka mengundangnya untuk memainkan kibord/piano dan menyanyikan vokal latar. Rilisan debut dari Chicken Shack adalah "It's Okay With Me Baby", ditulis oleh dan menampilkan Christine. Dia bertahan dengan Chicken Shack untuk dua album, selama dimana rasa musiknya untuk blues menjadi kokoh, tidak hanya dalam permainan pianonya yang bergaya Sonny Thompson, tapi melalui suara "bluesy" otentiknya. Chicken Shack memiliki sebuah hit dengan "I'd Rather Go Blind", yang menampilkan Christine pada vokal utama. Christine menerima sebuah penghargaan Melody Maker untuk vokalis wanita pada 1969 dan 1970. Christine meninggalkan Chicken Shack pada 1969 setelah menikah dengan bassis Fleetwood Mac John McVie setahun sebelumnya.


Christine adalah seorang penggemar dari Fleetwood Mac pada saat itu, dan saat tur dengan Chicken Shack, kedua band sering bertemu. Mereka juga "rekan selabel" di Blue Horizon, dan Fleetwood Mac meminta Christine untuk bermain piano sebagai musisi sesi untuk lagu Peter Green di album kedua band, Mr. Wonderful.

Dia juga merilis 3 buah album solo. Dia berkontribusi pada 8 buah lagu milik Fleetwood Mac pada album Greatest Hits pada 1988, antara lain "Don't Stop", "Little Lies", "Everywhere", "Over My Head", "Say You Love Me" dan "You Make Loving Fun".

Pada 1998, sebagai seorang anggota dari Fleetwood Mac, dia dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame dan menerima Brit Award untuk kontribusinya yang besar dalam musik. Sejak pensiun dari band, dia mengerjakan materi solo di studio pribadi di rumahnya di Wickhambreaux, Kent. Dia muncul di panggung dengan Fleetwood di O2 Arena, London pada September 2013 dan bergabung kembali dengan band pada Januari 2014. Penampilan penuhnya di panggung sejak kembali dengan band adalah show Fleetwood Mac pada Oktober 2014. Pada 2014 dia menerima penghargaan Inggris Ivor Novello Award untuk Lifetime Achievement.

Christine menikah dengan pemain bass John McVie pada 1970, pasangan itu bercerai pada 1976. dari 1979 hingga 1982 dia berkencan dan bertunangan dengan Dennis Wilson dari the Beach Boys; mereka putus sebelum kematian Wilson. Chrsitine menikah dengan kibordis Eddy Quintela pada 18 Oktober 1986. Mereka bercerai pada pertengahan 1900an. Christine tidak memiliki anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...