Laman

Minggu, 03 Juli 2016

JESSE LEACH




Lahir pada 3 Juli 1978 di Providence, Rhode Island, AS, dengan nama lengkap Jesse David Lynch yang dikenal sebagai vokalis utama dari band metalcore Killswitch Engage dan juga vokalis band stoner rock/heavy metal Seemless. Dia juga merupakan vokalis band hardcore metal The Empire Shall Fall dan Times Of Grace. Pada bulan Februari 2012 dia bergabung kembali dengan Killswitch Engage setelah keluarnya vokalis Howard Jones pada Januari 2012.

Band pertama Jesse, Corrin, dibentuk pada awal 1990-an. Corrin merekam 4 lagu pada tahun 1996 yang akhirnya dirilis dalam bentuk CD oleh Propaganda Machine pada tahun 1998 setelah band bubar.

Band kedua Leach, Nothing Stays Gold, dibentuk pada pertengahan 90an. Mereka menghasilkan sebuah EP single sebelum bubar pada 97/98.


Beberapa anggota yang tersisa dari Overcast dan Aftershock membentuk sebuah band baru di wilayah Massachusetts dan sedang mencari seorang vokalis. Pada 1999, Leach bersama dengan bassis Mike D’Antonio, gitaris Joel Stroetzel, dan gitaris Adam Dutkiewicz membentuk Killswitch Engage. Album debut self-title mereka dirils pada 11 Juli 2000.

Album Killswitch Engage berikutnya, Alive Or Just Breathing, dirilis pada 21 Mei 2002, menempatkan Killswitch Engage di depan dari skena metalcore. Namun, dua minggu menjelang melakukan tur Leach menikahi tunangannya. Saat dia tidak menghubungi istrinya, Leach akan duduk sendiri di van tur selama berjam-jam setelah pertunjukan dan menunggu untuk anggota band lainnya untuk kembali. Hasrat Leach akan musiknya digabung dengan perjuangan emosionalnya pada saat itu membuatnya tidak melatih pengendalian atas jeritannya. Dia akan mengeluarka suaranya hingga habis setelah beberapa pertunjukan dan berjuang dengan sisa tur. Leach juga mulai menderita depresi menengah yang bertambah tinggi saat tur berlanjut. Menurut Mike D’Antonio dalam sebuh wawancara untuk DVD milik Killswitch “(Set This) World Abaze”, “Serasa selalu ada awan gelap pada kepala Jesse.” Depresinya membawanya mundur dari band dan menghilang dari mata umum untuk beberapa waktu. Leach menulis sebuah email untuk band yang menjelaskan alasan dia pergi. Ucapan Leach dari wawancaranya di DVD itu, “Saya tidak memiliki energi mental untuk menghadapi mereka, atau bahkan menelepon mereka. Pada titik itu hidup saya dimana saya benar-benar tidak ingin berhadapan dengan mereka maka saya menulis pada mereka email yang panjang untuk menjelaskan, Saya sudah selesai. Menjelaskan lagu apa yang sangat berarti untuk saya, menjelaskan pengalaman apa yang berarti buat saya, dan saya berkata ‘Bye. Ketahuilah anda tidak akan bisa menemukan saya, saya akan berbulan madu sepenuhnya. Dan, jangan mencoba dan memangil dan menghubungi saya. Selesai dengan musik, titik.’”

Leach berekonsiliasi dengan mantan rekan bandnya pada 2005 di konser Roadrunner United 25th anniversary, berduet dengan Howard Jones. Seluruh anggota band bermain di panggung (minus Adam D yang keluar karena cedera dan digantikan oleh Andreas Kisser dari Sepultura) dengan Howard Jones dan Jesse menyanyikan “My Last Serenade”. Lagu diakhiridengan keduanya berpelukan, dan Leach berterima kasih pada penonton untuk dukungan mereka selama masa sulitnya.

Pada 6 Februari 2012, Killswitch Engage mengunggah foto Leach dan anggota band lainnya ke situs, mengindisikan kembalinya Leach ke Killswitch Engage. Killswitch Engage kemudian merilis sebuah pernyataan via Facebooknya, menegaskan Leach kembali secara permanen ke band. Dalam beerapa wawancara dia sangat banyak memberikan kredit untuk Howard Jones untuk karyanya dengan band saat Leach pergi.

Album studio keenam Killiswitch Engage Disarm the Descent dirilis pada 2 April 2013. Diumumkan pada Desember 2013 bahwa “In Due Time” dinominasikan untuk “Best Metal Performance” di the 2014 Grammy Awards, nominasi Grammy pertama band untuk Killswitch Engage dengan Jesse Leach.


Pada 2003 Jesse bergabung dengan band blues rock bernama Seemless. Seemless sering melakukan tur AS dengan band-band seperti Fu-Manchu, The Sword, Trivium, dan In Flames. Seemless dikenal untuk pertunjukan live yang eksplosif dan emosioanl dan memperlihatkan vokal bluesy soulful milik Leach. Melakukan tur dengan Seemless juga menunjukan pada dunia musik Jesse kembali dan mampu menyelesaikn tur. Seemless sudah merilis dua album dan memiliki beberapa video yang ditampilkan di Headbanger’s Ball milik MTV. Pada 2006 video mereka untuk single “Cast No Shadow” masuk Top Ten new video milik MTV. Seemless saat ini menulis lagu baru dan terkadang bermain. Karema keterlibuatan drummer Derek Kerswill dengan band metal MA, Unearth, diantara proyek lainnya, Seemless mengambil hiatus dari kehidupan tur.


Pada 2008, Leach membentuk sebuah band, The Empire Shall Fall, dengan teman-teman di wilayahnya. Band sudah merilis album independen pertama mereka “Awaken” pada 17 Nopember 2009. Termasuk Leach, The Empire Shall Fall terdiri dari gitaris Jake Davenport dan Marcus de Lisle, bassis Nick Sollecito, dan drummer Jeff Pitts.


Leach mengerjakan album lain dengan rekan band Killswitch Engage, Adam Dutkiewcz. Leach menyatakan bahwa judul sementara untuk proyek dengan Adam D. adalah Times of Grace. Dutkiewicz juga mengisi vokal utama pada beberapa lagu, dan dirilis pada 18 Januari 2011. Single pertama album, “Strength in Numbers”, dirilis pada 15 Oktober via Roadruner Records sebagai unduhan gratis selama 72 jam untuk mereka yang sudah mendaftar untuk surat-menyurat band. Lagu itu kini tersedia untuk dibeli di iTunes. Album ini dibuat dengan dukungan dari Killswitch Engage.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...