Laman

Minggu, 03 Juli 2016

ANDY FRASER




Lahir pada 3 Juli 1952 dengan nama lengkap Andrew McLand Fraser di Paddington, London, Inggris, merupakan bass gitaris yang berkarir lebih dari 40 tahun dan waktunya paling banyak dihabiskan sebagai salah seorang anggota pendiri band rock Free pada tahun 1968, pada usia 15 tahun.

Fraser lahir di Paddington, daerah Central London dan mulai bermain piano pada usia 5 tahun. Dia berlatih secara klasik hingga usia 12 tahun, saat dia beralih ke gitar. Pada usia 13 tahun dia bermain di East End, klub West Indian dan setelah dikeluarkan pada 1968, pada usia 15 tahun, mendaftar di Hammersmith F.E. college dengan murid lain, Sappho Korner, mengenalkan Fraser kepada ayahnya, musisi blues dan penyiar radio Alexis Korner, yang menjadi sosok ayah bagi Andy. Tak lama, menerima telepon dari John Mayall, yang sedang mencari pemain bass, Korner menyarankan Fraser, dan masih berusia 15 tahun, dia telah bermain di band pro dan memperoleh bayaran 50 pounds per minggu, walaupun hal itu akhirnya menjadi jabatan yang singkat.


Korner juga menjadi bagian penting bagi langkah Andy berikutnya, ke band berpengaruh Free, yang berisi Paul Rodgers (vokal), Paul Kosoff (gitar) dan Simon Kirke (dram). Fraser memproduksi dan ikut menulis lagu "All Right Now" bersama Rodgers, sebuah hit #1 di lebih dari 20 wilayah dan diakui oleh ASCAP pada 1990 dengan memperoleh lebih dari 1.000.000 pemutaran radio di AS pada akhir 1989. Pada Oktober 2006 sebuah BMI London Million-Air Award diberikan pada Rodgers da Fraser untuk menandai lebih dari 3 juta penyiaran radio dan tv dari “All Right Now”. Simon Kirke kemudian mengenang: “’All Right Now’ diciptakan setelah sebuah pertunjukan yang jelek di Durham. Kami menyelesaikan pertunjukan kami dan keluar dari panggung dengan suara dari langkah kaki kami sendiri. Sambutan sudah mati bahkan sebelum saya meninggalkan drum. Hal yang jelas bahwa kami memerlukan sebuah lagu rock untuk menutup pertunjukan kami. Tiba-tiba inspirasi mendatanganidan dia mulai menyanyikan ‘All Right Now’. Dia duduk dan menulisnya disana di ruang ganti pakaian. Itu hanya memerlukan tidak lebuh dari 10 menit.”

Fraser juga ikut menulis dua single hit lainnya untuk Free, “My Brother Jake”dan “The Stealer”. Free awalnya bubar pada 1971, dan Andy membentuk trio, Toby, dengan gitaris Adrian Fisher (kemudian dengan Sharks), dan dramer Stan Speake. Merekam materi tapi tidak dirilis, dan Andy bergabung kembali dengan Free pada Desember 1971. Dia pergi untuk kedua kalinya pada Juni 1972.


Setelah meninggalkan Free, Andy membentuk Sharks dengan vokalis Snips (kemudian dengan Baker Gurvitz Army), gitaris Chris Spedding dan dramer Marty Simon. Meskipun diterima secara baik para kritikus, terutama karyta gitar penuh cita rasa milik Spedding, Andy pergi setelah album debut mereka, First Water (1973).

Dia kemudian membentuk Andy Fraser Band, sebuah trio dengan Kim Turner pada drum dan Nick Judd pada kibord. Mereka merilis 2 album, Andy Fraser Band dan In Your Eyes, keduanya pada tahun 1975, sebelum band dibubarkan juga. Setelah gagal membentuk band dengan Frankie Miller, Fraser pindah ke California, untuk berkonsentrasi dalam penulisan lagu. Dia menghasilkan hits untuk Robert Palmer, Joe Cocker, Chaka Khan, Rod Stewart dan Paul Young.

Komposisi paling terkenal milik Fraser tetap “All Right Now” dan “Every Kinda People”, yang direkam Robert Palmer pada 1978 untuk album Double Fun miliknya.

Pada 1984, Fraser merilis album lainnya sendiri. Fine, Fine Line menampilkan mantan drummer Back Street Crawler Tony Braunagel, Bob Marlette (kibord), Michael Thompson (gitar) dan David Faragher (bass), dengan Fraser berkontribusi vokal.

Telah didiagnosa dengan HIV, dia kemudian didiagnosa dengan Kaposi’s sarcoma, sebuah bentuk kanker yang dianggap langka hingga mendapatkan epidemik AIDS. Waktu ini menjadi pertanyaan oleh pengakuan Fraser bahwa dia seorang homoseksual. Dia bermain bass dengan mantan rekan band Free, Paul Rodgers, di Woodstock ’94, tapi kemudian menutup diri hingga 2005, saat sebuah rilisan bau, Naked and Finally Free, muncul. Pada saat perilisan album baru, Fraser diwawancarai oleh Dmitry M. Epstein untuk situs DME dan mengungkapkan: “Secara jujur, saya tidak berpikir tentang diri saya sebagai seorang pemain bass. Saya sebenarnya hanya menggunakan gitar bass karena anak-anak lain di band sekolah kami ingin menjadi penyanyi, atau drummer, atau gitaris. Saya selalu berpikir tentang diri saya melakukan apapun yang diperlukan untuk membuat segalanya berhasil. Saya bahagia menambahkan piano, atau tamborin, atau apapun yang menolong.

Pada awal 2006, menulis untuk majalah Vintage Guitar, Tom Guerra mengadakan wawancara dengan Fraser, meliputi karir, pengaruh dan alat musiknya dan, pada April, Fraser menanggapi dengan keteratarikan dalam musiknya dengan mengumunkan dua pertunjukan live langka di Temecula Community Arts Theatre pada 4 Mei di Southern California. Pertunjukan itu, dibantu oleh band berisi 8 orang, adalah penampilan live pertamanya sejak reuni Woodstock 1994.

Pada 2008, Fraser menulis dan menyanyikan lagu “Obama (Yes We Can)”, untuk mendukung kampanye pemilihan Barack Obama sebagai presiden AS.

Didirikan oleh Fraser, Mctrax International adalak perusahaan sebagai Mctrax International Corporation di California, USA, 2005. Bermarkas di California bagian selatan, Mctrax International, dan cabangnya MctraxMedia, MctraxMotion dan MctraxStudios awalnya diciptakan sebagai media untuk materi penulisan milik Fraser.

Pada Mei 2010, Fraser diwawancarai untuk seri documenter BBC2 berjudul Rock ‘n’ Roll. Pryek ini menampilkan documenter lima bagian, dinarasikan oleh pembawa acara pertunjukan musik Inggris Mark Radcliffe plus untuk online dan radio. “Dokumenter ini bertujuan menjelaskan keseuksesan beberapa band heat di 50 tahun terakhir, termasuk The Who, the Police, the Doors, Bon Jovi dan Foo Fighters”.

Pada pertengahan 2013, Fraser memainkan peran pembantu sebagai seorang bassis di band Tobu Earnshaw untuk sebuah seri pendek dari jadwal UK. Menemani Earnshaw dan Fraser adalah rekan veteran, gitaris Chris Spedding. Fraser sudah menjadi produser dan pemandu Earnshow pada sejumlah rilisan album.

Fraser meninggal pada 16 Maret 2015 di rumahnya di California. Dia telah berjuang melawan kanker dan AIDS. Dia meninggalkan dua orang putri Hannah dan Jasmine Fraser.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...