Laman

Senin, 04 Juli 2016

JOHN WAITE




Lahir dengan nama John Charles Waite pada 4 Juli 1952 di Lancaster, Lancashire, Inggris. Dia merupakan lulusan dari Villanova University.

Waite pertama kali mendapatkan perhatian sebagai penyanyi utama dan bassis dari The Babys, sebuah band rock Inggris yang memiliki kesuksesan tangga lagu menengah, termasuk dua hit pop yang keduanya secara kebetulan mencapai No. 13 di Billboard Hot 100, “Isn’t It Time” (1977) dan “Everytime I Think Of You” (1979), dan penggemar setia di tur konser mereka. Selama lebih dari lima tahun, band menghasilkan lima album dengan album  terakhir On the Edge pada Oktober 1980, setelah itu grup dibubarkan.


Waite kemudian meluncurkan karir solonya dengan album debutnya pada 1982, Ignition, yang menghasilkan single hit “Change”. The Chrysalis 45 gagal masuk chart di Billboard Hot 100 selama perilisan awalnya (Juni 1982) tapi menjadi lagu teratas di stasiun radio rock, juga menjadi video musik paling terkenal di MTV saat saluran kabel ‘baru’ itu merayakan satu tahun pengoperasiannya. Lagu itu ditulis oleh Holly Knight. Lagu ini awalnya direkam pada 1981 oleh band milik Knight, Spider, dan pada 1985 dimasukkan dalam album soundtrack platinum Vision Quest. Saat single ini dirilis ulang, mencapai Top 50 di Hot 100. “Going to the Top” dirilis sebagai single susulan asli untuk “Change”.

Album berikutnya, No Brakes, mendapatkan perhatian internasional. Album itu adalah album Billboard Top 10 di AS karena hit besar “Missing You” yang mencapai No. 1 di Billboard Hot 100 single chart AS. Lagu itu menyingkirkan “What’s Love Got to Do With It?” milik Tina Turner dari No. 1. Untuk musim itu, Turner sendiri kemudian merekam dan merilis lagu hit milik Waite. (Single milik Turner mencapai No. 84 di Billboard’s Hot 100 pada 1996.) “Missing You” juga mencapai No. 1 di Billboard Album RockTracks juga Top 10 dari Billboard Adult Contemporary chart. No Brakes terjual lebih dari 1,5 juta buah di AS dan belum disertifikasi dengan standar emas milik RIAA (perusahaan rekaman harus mendaftarkannya ke RIAA untuk sertifikasi itu). Dua single lagi dari No Brakes, termasuk “Tears” adalah hit Top 10 di Billboard Mainstream Rock chart.

Album selanjutnya Mask of Smiles menyusul pada 1985 menampilkan single hit “Every Step of The Way”. Single lainnya, “If Anybody Had a Heart”, dirilis dari soundtrack dari film rilisan 1986, About Last Night…. Pada 1987, Rover’s Return dirilis dengan single “These Times Are Hard For Lovers”. Waite memiliki pemunculan soundtrack lain pada 1990 dari Days of Thunder dengan “Deal for Life”, ditulis oleh Martin Page dan Bernie Taupin.


Pada tahun 1988, Waite bergabung dengan mantan rekan satu band The Babys, Jonathan Cain dan Ricky Phillips bersama dengan Neal Schon dari Journey dan dramer Deen Castronovo, untuk membentuk supergrup Bad English. Pada 1989, balada milik Bad English “When I See You Smile” (ditulis oleh Diane Warren) menjadi No. 1 di Billboard Hot 100 dan mendapatkan single sertifikasi emas. Albumnya sendiri mencapai Top 5 di Billboard dan terjual hamoir dua juta buah di AS saja. Bad English merilis dua album sebelum ketegangan diantara para anggota membawa pada pembubaran band pada 1992.

Waite kembali ke karya solo. Dia merilis album Rough & Tumble. Dia meneruskan tur, seperti pada 2003 dengan Ringo Starr & His All-Starr Band, dan sebagai aksi pembuka untuk Journey pada 2005.


Pada 2006, “Missing You” dirilis sebagai duet dengan Alison Krauss dan mencapai Top 40 di Country Charts di AS. Waite muncul dengan Krauss di The Tonight Show pada 5 Februari 2007 untuk membawakan lagu itu. Lagu-lagu milik Waite juga sudah muncul lagi di media lain: 2013 “Missing You” tampil di film Warm Bodies, dan “Change” ada di soundtrack film AS Anchorman 2: The Legend Continues.

Pada 2008 dia merekam vokal tamu pada lagu “In God’s Shadow” dari proyek milik Keith Reid, The Common Thread.

Waite muncul sebagai dirinya sendiri dan membawakan dua lagu di film 2010, New Day, dari L’Oiseau Blanc Films.

Pada 2011 terk judul dari album solo kesepuluhnya Rough and Tumble menjadi nomor satu di Classic Rock radio.

Setelah sekian lama menjadi warga New York City, dia kini tinggal di Santa Monica, Califronia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...