Laman

Rabu, 20 Februari 2019

PAUL DEAN



Dilahirkan dengan nama Paul Warren Dean pada 19 Februari 1946 di Vancouver, British Columbia, Kanada adalah musisi Kanada dan gitaris utama dari band rock Kanada Loverboy yang mencapai ketenaran besar di awal 1980-an.

Tumbuh di Calgary, Alberta, Dean pertama kali mulai bermain bass mainan pada usia 12 tahun, kemudian ukulele plastik yang ia terima untuk Natal pada usia 13 tahun. Ia telah menerima gitar pertamanya 2 bulan kemudian, sebuah akustik, yang ia hancurkan dengan bermain bulutangkis ketika ia menabung untuk membeli gitar listrik pertamanya, kemudian pada musim panas itu.

Pengaruh musik awal Dean meliputi Duane Eddy, Luther Perkins, Hank Marvin, The Ventures, The Fireballs, Johnny and the Hurricanes, dan kemudian Led Zeppelin, Jeff Beck, The Beatles, Jimi Hendrix dan Boston.

Band-band pertama Dean meliputi Cannonball, Great Canadian River Race, Canada dan Scrubbaloe Caine. Scrubbaloe Caine merilis satu album, Round One pada tahun 1973 sebelum bubar pada tahun 1975.

Dean kemudian bertemu drummer Matt Frenette dan bergabung dengan Streetheart di Regina, Saskatchewan pada 1977. Dean, bersama dengan penyanyi Kenny Shields, pemain keyboard Daryl Gutheil, bassis Ken Sinnaeve dan drummer Matt Frenette merilis album debut mereka Meanwhile Back in Paris Paris pada tahun 1978. 


Pada tahun 1979, Dean dan Frenette meninggalkan Streetheart dan kembali ke Calgary di mana mereka membentuk Loverboy dengan penyanyi Mike Reno. Loverboy sejak itu menghasilkan tujuh album studio plus kompilasi dan album live, dan sejumlah hit single di Kanada dan Amerika Serikat.

Pada tahun 1982, Dean memenangkan Juno Award "Composer of the Year" bersama dengan Reno untuk menulis "Turn Me Loose" dari album debut 1980 berjudul Loverboy.

Pada tahun 1989, Dean merilis album solo pertamanya yang berjudul Hard Core. Album ini terdiri dari sembilan lagu dengan lagu-lagu yang ditulis bersama oleh artis 80-an lainnya seperti Bryan Adams dan Paul Stanley (dari Kiss). Album solo keduanya, Machine pada 1995, menampilkan suara blues dengan penampilan tamu dari Reno. Dean merilis album solo ketiga pada tahun 1997 berjudul Blackstone.

Dean terus melakukan tur dan memainkan pertunjukan langsung dengan Loverboy. Album band, Just Getting Started, awalnya dirilis secara eksklusif melalui Wal-Mart pada 30 Oktober 2007 dan sekarang tersedia di iTunes. Loverboy mendapat tempat penampilan utama di pesta Gray Cup 2007 di Toronto.

Pada Juno Awards 2009 Dean dilantik ke dalam Music Hall of Fame Kanada sebagai seorang anggota dari Loverboy. Album terbaru band ini dirilis pada 2014.

Paul Dean saat ini tinggal di Vancouver bersama istri dan putranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...