Laman

Selasa, 12 Februari 2019

H.R.



Dilahirkan dengan nama Paul D. Hudson pada 11 Februari 1956 di Liverpool, Inggris, lebih dikenal dengan nama panggungnya H.R. (Human Rights), adalah penyanyi utama Inggris-Amerika dari band punk Amerika Bad Brains. Pengiriman vokalnya sangat beragam, mulai dari rengekan hidung cepat-berapi-api, hingga geraman liar dan pekikan, hingga syair reggae yang nyaris bersenandung atau staccato. Dia telah meninggalkan band secara berkala untuk mengejar upaya solo yang lebih mellow reggae daripada persembahan punk/metal milik Bad Brains yang biasa. Dia adalah kakak laki-laki dari Earl Hudson, drummer Bad Brains.

H.R. dan teman-temannya menjadi Rastafari sekitar tahun 1979. Arahan spiritual ini memengaruhi musik Bad Brains melalui vokalnya, dan mengilhami penciptaan dari band reggae-nya, Human Rights (atau H.R.).

Meskipun reggae adalah fokus utama pada materi solonya, ia mengeksplorasi genre musik rock dan lainnya. Dia memiliki banyak album yang dirilis di SST Records. Sebuah ulasan Village Voice dari konser Bad Brains menggambarkan H.R. di atas panggung "seperti James Brown mengamuk, dengan repertoar hiperkinetik berupa putaran, penyelaman, back-flip, splits, dan skanks.", meskipun dalam beberapa tahun terakhir kehadiran panggungnya menjadi lebih tenang, terutama karena perkembangan spiritualnya dari O.G. Punk/Rasta ke lebih dari Rasta Elder (setidaknya di atas panggung), serta permainan sesekali dari gitar ritem.

H.R. telah berkolaborasi dengan Long Beach Dub Allstars di lagu mereka "New Sun" di album Right Back, dan dengan P.O.D. di lagu mereka "Without Jah, Nothin'", di album Satellite.

Dalam beberapa tahun terakhir, kinerja Human Rights milik H.R. telah menjadi jauh lebih lembut dan terkendali, dengan fokus utama pada reggae dan rasta. Ini sangat kontras dengan penampilan panggungnya yang agresif dan liar pada akhir 1970-an dan 1980-an. 


Wawancara dengan H.R. tampil menonjol dalam film dokumenter American Hardcore 2006, di mana ia membahas hari-hari awal hardcore di New York City dan Washington DC, dan hubungannya dengan sesama pelancong seperti Minor Threat dan Cro-Mags. Secara khusus, ia ingat mendorong Ian MacKaye untuk sepenuhnya mengartikulasikan filosofi straight edge milik Minor Threat yang muncul, untuk memberi orang muda arah yang positif. Seperti yang digambarkan dalam film dokumenter 2012 Bad Brains: A Band in D.C., perilaku aneh milik H.R., seperti mengenakan helm sepeda motor selama pertunjukan dan menolak untuk bernyanyi, menyebabkan gesekan dengan anggota band lainnya.

Pada akhir 2016, film Finding Joseph I: The HR From Bad Brains Documentary tayang perdana di Eropa dan Amerika Serikat. Film ini menampilkan wawancara dengan HR, serta musisi lain, teman sebaya, dan anggota keluarga; itu menceritakan kehidupan, perjuangan, dan filsafatnya. Buku pendamping film ini dirilis oleh Lesser Gods pada Januari 2017.

H.R. memiliki anak dewasa dari hubungan sebelumnya dan telah menikah dengan Lori Carnes sejak 2012.

Pada 2016, istri H.R., Lori, mengungkapkan bahwa H.R. menderita sindrom SUNCT, sebuah kelainan neurologis langka yang menyebabkan sakit kepala sporadis dan menyiksa. Ia menjalani operasi otak pada awal 2017 untuk meredakan sakit kepala. Ia juga menderita skizofrenia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...