Laman

Selasa, 26 Februari 2019

ANNE PREVEN



Dilahirkan pada 25 Februari 1965 di New York City, New York, AS adalah seorang penulis lagu, musisi, dan produser rekaman Amerika. Sebagai anggota band rock alternatif Ednaswap, ia ikut menulis "Torn" yang dibawakan ulang oleh Lise Sørensen (Denmark), Trine Rein (Norwegia) dan kemudian Natalie Imbruglia dan menjadi lagu pemutaran nomor satu di seluruh dunia, menghabiskan 11 minggu di Billboard Hot 100 Airplay Chart di AS. "Torn" telah terjual sekitar empat juta kopi, ini adalah disertifikasi platinum di tiga negara, dan dinyatakan sebagai "single radio nomor satu tahun 1990-an" oleh kepribadian radio Rick Dees. Sebagai penulis lagu, Preven telah berkolaborasi dengan beberapa artis top industri musik termasuk Madonna, Beyoncé, Katy Perry, Sinéad O'Connor, Miley Cyrus, Demi Lovato, Jordin Sparks, Zac Brown Band, Pnau, Andy Grammar, Lea Michele, Pixie Lott, dan Westlife.
 
Ayahnya, David Preven, adalah seorang psikiater di New York City, dan dia adalah seorang pekerja kesehatan mental pada usia 17, di mana dia menghabiskan waktu dengan remaja yang depresi. Pengalaman ini memberikan "alur psikotik dan neurotik" dalam lirik lagunya, serta jurusan kuliahnya.

Preven lulus Magna Cum Laude dari Harvard College dengan jurusan yang dirancang sendiri: "psikobiologi." Saat di sekolah, ia bernyanyi bersama dan adalah direktur musik "the Opportunes," kelompok acapella dari Harvard. Setelah Harvard, ia kembali ke Kota New York, di mana ia mulai menulis lagu-lagunya sendiri. Saat berada di New York City, dia bertemu Scott Cutler yang sedang berkunjung dari Los Angeles. Pada 1991 dia pindah ke sana. 



Cutler dan Preven membentuk sebuah band dengan Rusty Anderson, Paul Bushnell dan Carla Azar pada tahun 1993. Nama band, "Ednaswap," berasal dari mimpi buruk yang Preven miliki tentang menonton dirinya sendiri dalam sebuah band dengan nama yang dicemooh di atas panggung. Ednaswap menandatangani kontrak rekaman pada tahun 1995, meskipun hanya memiliki beberapa lagu yang ditulis dan tidak pernah melakukan set live penuh. Mereka memainkan set akustik pendek di ruang tamu Cutler. Konser singkat menyebabkan kontrak rekaman, meskipun album yang berjudul sendiri "mengejutkan" Elektra Records. Sementara set akustik menyarankan folk pop, hasilnya adalah rock alternatif. Seperti yang dicatat Preven, "Mereka mengira mereka membeli mobil merah dan kami memberi mereka yang biru." Label tidak mempromosikan album dan mencoret band.

Band ini menandatangani kontrak dengan Island Records pada Januari 1996 setelah presidennya, Chris Blackwell, melihat band bermain di Roxy. Band ini memproduksi full-album kedua mereka, Wacko Magneto, dengan produser Dave Jerden pada tahun 1997. Band ini mempromosikan album dengan melanjutkan tur dengan No Doubt, Weezer, Failure, dan Better than Ezra. Pada tahun 1998, mereka membuat album ketiga dan terakhir, lebih ramah radio, Wonderland Park. Ednaswap dibubarkan setelah album ini pada tahun 1999. 



Setelah Ednaswap, Preven, Cutler dan Coogan membentuk "Annetenna" yang berumur pendek. Band ini menandatangani kontrak dengan Columbia Records dan menghasilkan album. Namun, Columbia menangguhkan album setelah reorganisasi perusahaan, dan Annetenna kemudian bubar. Pada tahun 2001, band ini akhirnya merilis semua lagu secara gratis melalui situs web mereka. Lagu Annetenna, "74 Willow," awalnya merupakan lagu Ednaswap, ditampilkan di Six Feet Under milik HBO.

Keberhasilan besar pertama Preven adalah "Sanctuary", yang dibawakan oleh Madonna untuk Bedtime Stories 1994-nya. Madonna diperkenalkan ke lagu itu oleh seorang teman Preven dan Cutler, yang mendengar versi awalnya dan berpikir, "Madonna akan suka lagu ini!" Versi Madonna keluar sebelum Ednaswap bahkan menerima kontrak rekaman, dan lagu itu menyimpang dari ide Preven. Sebelumnya Preven mengira Madonna telah merusak lagu itu, sampai bertemu dengan Madonna untuk meminta perubahan. Namun, setelah mendengar lagu itu sebagai bagian dari keseluruhan album, Preven mengatakan dia "mengerti untuk apa [Madonna] melakukannya." Cover milik Preven dan Cutler yang paling terkenal adalah lagu, "Torn". Keduanya ikut menulis lagu pada tahun 1993 dengan produser Phil Thornalley sebelum mereka memiliki band. Preven mengklaim bahwa liriknya ditulis dengan cepat. Rekaman album pertama dari lagu tersebut berasal dari penyanyi Denmark Lis Sørensen pada tahun 1995, yang diperkenalkan pada lagu tersebut oleh Thornalley. Versi kedua tiba pada tahun 1996 oleh Trine Rein, yang juga diperkenalkan ke lagu oleh Thornalley. Ednaswap merilis versi pertama mereka dari "Torn" di album self-titled mereka.

Versi kedua muncul di EP Chicken 1996 mereka, dan versi ketiga lebih mirip- Dirge di Wacko Magneto. Namun, lagu itu menjadi terkenal melalui versi Natalie Imbruglia tahun 1997 di album debutnya, Left of the Middle. Versi Imbruglia telah digambarkan sebagai "lagu yang menentukan tahun, jika bukan dekade." Lagu ini mendominasi radioplay selama berminggu-minggu dan album Imbruglia meraih platinum di Inggris dan platinum ganda di AS, sebagian besar karena kekuatan "Torn". Lagu ini telah muncul beberapa kali di acara televisi, seperti Canadian Idol dan X Factor. Meskipun Preven senang mendengar lagunya di radio, dia kecewa karena itu versi Imbruglia dan bukan Ednaswap yang menjadi terkenal. Pada tahun 1998, penggemar Ednaswap mengajukan petisi kepada KROQ, stasiun radio LA, untuk memainkan keduanya secara berdampingan untuk perbandingan, dengan para pemilih untuk stasiun musik rock sangat menyukai Ednaswap. Namun, versi pop menang lebih luas.

Setelah pembubaran dari Ednaswap dan Annetenna, Preven semakin banyak menulis dan memproduksi untuk artis lain. Dia bekerja dengan Cutler di Faith and Courage milik Sinead O’Connor pada 2000, dan album self-titled Mandy Moore pada 2001. Mereka juga menulis untuk Miley Cyrus, keduanya sebagai Hannah Montana di acara Disney-nya, dan di album pertamanya, Breakout. Sejak itu, ia telah bekerja dengan Katy Perry, Sinéad O'Connor, Demi Lovato, Jordin Sparks, Pixie Lott, Conway, Pnau, Adam Lambert, Lea Michele, Miranda Cosgrove, dan Leona Lewis.

Pada tahun 2007, ia (bersama dengan rekan penulis Cutler dan Henry Krieger) dinominasikan untuk Academy Award dan Golden Globe Award dan memenangkan Critic's Choice Award untuk Best Original Song untuk " isten" dari adaptasi film bergerak Dreamgirls. "Listen" kemudian ditambahkan ke tahap produksi Dreamgirls, yang saat ini diputar di Teater Savoy di West End London. Pada tahun 2011, Preven dinominasikan untuk Grammy Award for Best Song Written for Visual Media untuk kolaborasinya dengan Zac Brown Band pada "Where The River Goes" dari film Footloose. Pada tahun 2009, ia bekerja dengan band pop Irlandia Westlife untuk lagu "The Difference" yang dimasukkan dalam album Where We Are di mana ia masuk chart di #2 di UK Album Chart dan Irish Album Chart.

Pada tahun 2015, ia mulai menulis dan memproduksi musik untuk film dan televisi dimulai dengan dua lagu, "Come Clean" dan "Dead Hider and Seeker," untuk seri USA Network, Satisfaction. Pada 2016, ia memproduksi versi cover "New World Coming" milik Nina Simone dan "Hologram" milik Sia, yang ditampilkan di musim kedua dari seri Transparent milik Amazon Prime. Pada tahun 2017, Preven ikut menulis lagu "Zan Astam", ditampilkan dalam seri Amazon Prime I Love Dick.

Untuk penulisan lagu, Preven menyimpan buku catatan bersamanya dan "selalu mencatat entri puisi dan prosa." Dia kemudian kembali memeriksa mereka di studio untuk mencoba dan melihat apakah ada sesuatu di jurnal dapat dicocokkan dengan melodi yang sedang dia kerjakan untuk menjadi lirik. Dia menemukan bahwa lagu-lagu hit sering yang terdengar mirip dengan lagu-lagu lain, tetapi dia menolak mencoba untuk "merekayasa genetika" sebuah lagu secara formal, berpendapat bahwa lagu-lagu seperti itu "akhirnya terdengar seperti nada tebusan."

Pada 2007, Preven dan Cutler memulai perusahaan penerbitan musik mereka sendiri dengan produser rekaman Josh Abraham, yang mendirikan Pulse Recording (baru-baru ini berganti nama menjadi Pulse Music Group) pada tahun 2004. Pulse Music Group adalah perusahaan induk dari Pulse Music Publishing. Pulse menggambarkan dirinya sebagai "oleh musisi dan musisi," dan berusaha untuk menjadi "tempat perlindungan" bagi seniman untuk mengeksplorasi potensi kreatif mereka. Pada 2012, perusahaan menjalin kemitraan dengan Creative Nation, manajemen musik dan perusahaan penerbitan yang berbasis di Nashville yang dimiliki oleh penulis lagu Luke Laird dan istrinya Beth Laird. Setelah membentuk kemitraan dengan Fuji Music Group pada 2014, PULSE memperluas daftar kliennya untuk memasukkan antara lain Christian "Bloodshy" Karlsson, BØRNS, Gallant, Starrah, El- Run Run The Jewels, DRAM (rapper), RY X, dan Kaytranada. Perusahaan besar lainnya termasuk perusahaan penerbitan musik pertama Rick Rubin, American Songs, dan perusahaan hiburan Latin Marc Anthony, Magnus Media. Pulse mengoperasikan dua studio rekaman, satu berbasis di kantor pusatnya di Los Angeles, dan empat studio yang berbasis di Burbank, California.

Preven tinggal di Los Angeles. Dia memiliki dua anak: Max dan Violet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...