Laman

Senin, 25 Februari 2019

NICKY HOPKINS



Dilahirkan dengan nama Nicholas Christian Hopkins pada 24 Februari 1944 adalah seorang pianis dan organis Inggris. Hopkins merekam dan tampil di banyak rilisan musik pop dan rock Inggris dan Amerika dari tahun 1960 hingga 1990-an meliputi banyak lagu oleh The Rolling Stones, The Kinks dan The Who.

Hopkins lahir di Perivale, Middlesex, Inggris. Ia mulai bermain piano pada usia tiga tahun. Dia bersekolah di Sudbury Primary School di Perrin Road dan Sekolah Tata Bahasa Wembley County, yang sekarang merupakan bagian dari Alperton Community School, dan pada awalnya diajari oleh guru piano lokal; di masa remajanya ia memenangkan beasiswa ke Royal Academy of Music di London. Ia menderita penyakit Crohn hampir sepanjang hidupnya.

Kesehatannya yang buruk dan pembedahan yang berulang-ulang kemudian membuatnya sulit untuk melakukan tur, dan ia bekerja terutama sebagai musisi sesi selama sebagian besar karirnya.

Studi Hopkins terputus pada tahun 1960 ketika ia meninggalkan sekolah pada usia 16 tahun untuk menjadi pianis dengan Screaming Lord Sutch's Savages sampai, dua tahun kemudian, ia dan rekannya di Savages Bernie Watson, Rick Brown (alias Ricky Fenson ) dan Carlo Little, bergabung dengan pemain harmonika blues terkenal Cyril Davies, yang baru saja meninggalkan Blues Incorporated, dan menjadi Cyril Davies (R&B) All-Stars. Hopkins memainkan piano pada single pertama mereka, lagu tema Davies yang sangat dikagumi "Country Line Special". Namun ia terpaksa meninggalkan All Stars pada Mei 1963 untuk serangkaian operasi yang hampir merenggut nyawanya dan istirahat tidue selama sembilan belas bulan di akhir masa remajanya. Selama masa pemulihan, Davies meninggal karena leukemia dan All Stars dibubarkan.

Kesehatan rapuh Hopkins membuatnya berkonsentrasi untuk bekerja sebagai musisi sesi alih-alih bergabung dengan band, meskipun ia meninggalkan jejaknya tampil dengan berbagai band terkenal. Ia dengan cepat menjadi salah satu pianis sesi paling laris di London dan tampil di banyak rekaman hit dari periode ini. Dia bekerja secara luas untuk produser independen terkemuka Inggris Shel Talmy dan Andrew Loog Oldham dan tampil di album dan single oleh the Easybeats, the Kinks, the Pretty Things, the Move, the Rolling Stones dan the Who.

Pada 1967, ia bergabung dengan The Jeff Beck Group. Dimaksudkan sebagai kendaraan untuk mantan gitaris Yardbirds Jeff Beck, band ini juga menampilkan vokalis Rod Stewart, bassis Ronnie Wood dan drummer Micky Waller. Ia tetap dengan ansambel ini hingga pembubarannya pada Agustus 1969, tampil di Truth (1968) dan Beck-Ola (1969).

Tahun berikutnya, Hopkins merekam Beggars Banquet dengan The Rolling Stones, setelah sebelumnya bekerja untuk mereka pada single 1967 "We Love You" dan album Your Satanic Majesties Request. Dia juga mulai merekam untuk beberapa kelompok San Fransiskan, bermain di album oleh Jefferson Airplane (dengan siapa dia juga tampil dalam penampilan satu kali di konser Woodstock Festival pada Agustus 1969 setelah pembubaran tak terduga dari The Jeff Beck Group), the New Riders of the Purple Sage dan Steve Miller Band. 


Dari tahun 1969 hingga 1970, Hopkins adalah anggota penuh dari Quicksilver Messenger Service, muncul di Shady Grove (1969), Just for Love (1970) dan What About Me (1970). Pada tahun 1975, ia berkontribusi pada album reuni Solid Silver sebagai musisi sesi.

Pada titik ini Hopkins adalah salah satu pemain sesi terkenal Inggris, terutama melalui karyanya dengan Rolling Stones dan setelah bermain piano elektrik pada "Revolution" milik The Beatles - sebuah kesempatan langka ketika seorang musisi rock luar muncul pada rekaman Beatles. Lebih lanjut meningkatkan profilnya, dia berkontribusi pada beberapa album Harry Nilsson pada awal 1970-an, termasuk Nilsson Schmilsson dan Son of Schmilsson, dan rekaman oleh Donovan.

Hopkins bermain dengan Rolling Stones di album studio mereka dari Between the Buttons pada tahun 1967 hingga Tattoo You pada tahun 1981. Di antara kontribusinya, ia memasok bagian-bagian piano yang terkenal pada "We Love You" dan "You 're a Rainbow" (keduanya 1967), "Sympathy for the Devil" (1968), "Monkey Man" (1969), "Sway" (1971), "Loving Cup" dan "Ventilator Blues" (1972), "Angie" (1973), "Time Wait for No One" (1974) dan "Waiting on a Friend" (1981). Ketika bekerja dengan band selama masa puncak kritik dan komersial mereka pada akhir 1960-an dan awal 1970-an, Hopkins cenderung dipekerjakan pada berbagai balada yang lebih lambat, rocker uptempo dan materi akustik; sebaliknya, keyboardist Stones lama, Ian Stewart hanya bermain di nomor utama rock blues rock pilihannya, sementara Billy Preston sering tampil pada lagu yang dipengaruhi soul dan funk. Karya Hopkins dengan Rolling Stones mungkin paling menonjol di album studio mereka tahun 1972, Exile on Main St., di mana ia berkontribusi dalam berbagai gaya musik.

Bersama Ry Cooder, Mick Jagger, Bill Wyman dan Charlie Watts, Hopkins merilis album 1972 Jamming with Edward!. Album itu direkam pada tahun 1969, selama sesi Let It Bleed milik Stones, ketika gitaris Keith Richards tidak hadir di studio. Nama "Edward" adalah alias Nicky Hopkins berasal dari olok-olok studio dengan Brian Jones. Itu dimasukkan ke dalam judul kinerja instrumental Hopkins yang luar biasa ("Edward, the Mad Shirt Grinder") dirilis di Shady Grove pada bulan Desember 1969. Hopkins juga berkontribusi pada artistik sampul Jamming With Edward!.

Hopkins ditambahkan ke tur Rolling Stones untuk tur 1971 Good-Bye Britain Tour, serta tur 1972 Amerika Utara yang terkenal dan tur 1973 Pasifik . Dia berpikir untuk membentuk bandnya sendiri dengan multi-instrumentalis Pete Sears dan drummer Prairie Prince sekitar waktu ini tetapi memutuskan untuk tidak melakukannya setelah tur Stones. Hopkins gagal ikut tur Eropa the Rolling Stones pada 1973 karena kesehatan yang buruk dan, selain dari penampilan tamu pada tahun 1978, tidak bermain lagi dengan Stones langsung di atas panggung.

Hopkins diundang pada tahun 1965 oleh produser Shel Talmy untuk merekam dengan The Kinks. Dia merekam 4 album studio: The Kink Kontroversy (1965), Face to Face (1966), Something Else by The Kinks (1967) dan The Kinks Are the Village Green Preservation Society (1968).

Namun, hubungan antara Hopkins dan Kinks memburuk setelah merilis The Kinks Are the Village Green Preservation Society. Hopkins menyatakan bahwa "sekitar tujuh puluh persen" dari pekerjaan keyboard di album adalah miliknya, dan marah ketika Ray Davies tampaknya mengkreditkan dirinya sendiri untuk sebagian besar permainan keyboard.

Terlepas dari dendam Hopkins yang terus-menerus terhadapnya, Davies berbicara positif tentang kontribusinya dalam wawancara New York Times pada 1995:

Nicky, tidak seperti musisi yang lebih merendah, tidak mencoba pamer; dia hanya akan bermain jika perlu. Tapi dia memiliki kemampuan untuk mengubah trek biasa menjadi permata - menempatkan di akord yang tepat pada waktu yang tepat atau menjatuhkan satu set kembar tiga di sekitar ketukan latar, hanya cukup untuk membuat Anda ingin menari. Pada sebuah balada, dia bisa merasakan nada mana yang membungkus lagu itu tanpa mengganggu. Dia berhasil memberikan "Days," misalnya, kualitas religius yang misterius tanpa sentimental atau serius.

Nicky dan aku bukan sahabat karib. Kami hanya bersosialisasi saat rehat kopi dan di antaranya. Dalam banyak hal, saya masih kagum pada lelaki yang pada tahun 1963 bermain dengan Cyril Davies All Stars pada rekaman R&B Inggris klasik, "Country Line Special." Saya terkejut mengetahui bahwa Nicky berasal dari Wembley, tepat di luar London. Dengan gayanya, dia seharusnya dari New Orleans, atau Memphis.

... Karya terbaiknya dalam jabatan singkatnya dengan Kinks adalah di album Face to Face. Saya telah menulis lagu berjudul "Session Man," sebagian diinspirasi oleh Nicky. Shel Talmy meminta Nicky untuk melemparkan "sesuatu yang berkelas" di awal trek. Nicky merespons dengan memainkan bagian harpsichord gaya klasik. Ketika kami merekam "Sunny Afternoon," Shel bersikeras bahwa Nicky menyalin gaya piano lamban saya. Musisi lain akan dihina tetapi Nicky tampaknya masuk ke dalam gaya saya, dan dia bermain persis seperti yang saya lakukan. Tidak ego. Mungkin itu rahasianya.

Pada tahun 1969, Hopkins adalah anggota Sweet Thursday yang berumur pendek, kwintet yang terdiri dari Hopkins, Alun Davies (Cat Stevens), Jon Mark, Harvey Burns dan Brian Odgers. Band ini menyelesaikan album debut mereka; Namun, proyek itu hancur sejak awal. Label rekaman Amerika mereka, Tetragrammaton Records, secara tiba-tiba menyatakan kebangkrutan (berdasarkan legenda, pada hari yang sama album tersebut dirilis) dengan promosi dan tur yang mungkin tidak pernah terjadi.

Dia merilis album solo keduanya (The Tin Man Was a Dreamer) pada tahun 1973 di bawah naungan produser David Briggs, yang terkenal karena karyanya dengan Neil Young dan Spirit. Musisi lain yang muncul di album termasuk George Harrison (dikreditkan sebagai "George O'Hara"), Mick Taylor dari Rolling Stones dan Prairie Prince. Dirilis ulang oleh Columbia pada tahun 2004, album ini menampilkan penampilan vokal Hopkins yang langka.


Pada bulan Agustus 1975, ia bergabung dengan Jerry Garcia Band, dipertimbangkan sebagai kendaraan kreatif utama bagi gitaris itu selama hiatus pertengahan tujuh puluhan Grateful Dead. Meningkatnya penggunaan alkohol memicu beberapa pertunjukan live yang tidak menentu, mengakibatkan dia meninggalkan grup dengan kesepakatan bersama setelah penampilan 31 Desember.

Album solo ketiganya, berjudul No More Changes, juga dirilis pada tahun 1975. Muncul di album ini adalah Hopkins (vokal utama dan semua keyboard), David Tedstone (gitar), Michael Kennedy (gitar), Rick Wills (bass), dan Eric Dillon (drum dan perkusi), dengan vokal latar dari Kathi McDonald, Lea Santo-Robertie, Doug Duffey dan Dolly. Album keempat, Long Journey Home, belum dirilis. Dia juga merilis tiga album soundtrack di Jepang antara tahun 1992 dan 1993, The Fugitive, Patio dan Namiki Family.

Selama 1979-1989, ia bermain dan tur dengan Night yang berbasis di Los Angeles, yang memiliki hit dengan cover dari "Hot Summer Nights" milik Walter Egan.

Hopkins, mengingat hubungannya yang panjang dengan The Who, adalah seorang instrumentalis utama dalam soundtrack untuk film Ken Russell 1975, Tommy. Hopkins bermain piano di sebagian besar trek, dan diakui dalam catatan liner album untuk karyanya pada pengaturan untuk sebagian besar lagu.

Selain merekam dengan The Beatles pada tahun 1968, Hopkins bekerja dengan masing-masing dari keempatnya ketika mereka bersolo karier. Antara tahun 1970 dan 1975, ia muncul di banyak proyek oleh John Lennon, George Harrison dan Ringo Starr, memberikan kontribusi kunci pada album solo Imagine, Living in the Material World dan Ringo yang diakui secara kritis. Dia hanya bekerja satu kali dengan Paul McCartney, di album 1989 milik MccCartney, Flowers in the Dirt.

Hopkins tinggal di Mill Valley, California, selama beberapa tahun. Selama waktu ini ia bekerja dengan beberapa band lokal dan terus merekam di San Francisco. Salah satu keluhannya sepanjang karirnya adalah bahwa ia tidak menerima royalti dari sesi rekamannya, karena statusnya pada saat itu hanya sebagai "tangan upahan", yang bertentangan dengan bintang pop dengan agen. Dia menerima kredit penulisan lagu untuk karyanya dengan Jeff Beck Group, termasuk instrumental, "Girl From Mill Valley", di album 1969 Beck-Ola. Hanya Quicksilver Messenger Service, melalui manajernya Ron Polte dan anggotanya, yang memberi Hopkins kepemilikan saham. Menjelang akhir hidupnya ia bekerja sebagai komposer dan pembuat orkestra dari musik film, dengan kesuksesan besar di Jepang.

Pada awal 1980-an, Hopkins memuji program rehabilitasi Narconon yang berafiliasi dengan Gereja Scientology dengan mengalahkan kecanduan narkoba dan alkoholnya; dia akhirnya tetap menjadi Scientologist selama sisa hidupnya. Sebagai hasil dari afiliasi agamanya, ia berkontribusi pada beberapa rekaman musik milik L. Ron Hubbard.

Hopkins meninggal pada tanggal 6 September 1994, pada usia 50 tahun, di Nashville, Tennessee, dari komplikasi yang diakibatkan oleh operasi usus yang berkaitan dengan pertempuran seumur hidupnya dengan penyakit Crohn. Pada saat kematiannya, ia sedang mengerjakan otobiografinya dengan Ray Coleman. Dia meninggalkan seorang istri, Moira. Penulis lagu dan musisi Julian Dawson berkolaborasi dengan Hopkins dalam satu rekaman, yang terakhir dari pianis ini, pada musim semi 1994, beberapa bulan sebelum kematiannya. Setelah kematian Ray Coleman, hubungan itu menyebabkan Dawson mengerjakan biografi Hopkins yang definitif, pertama kali diterbitkan oleh Random House di Jerman pada 2010, diikuti pada 2011 oleh versi berbahasa Inggris dengan judul And on Piano… Nicky Hopkins (hardback in Inggris melalui Desert Hearts, dan buku saku di Amerika Utara melalui Backstage Books/Plus One Press). 


Pada 8 September 2018, tugu peringatan bangku taman "piano" Nicky Hopkins, di-crowdfunded melalui PledgeMusic, diluncurkan di Perivale Park dekat tempat kelahiran Hopkins. Kampanye ini menawarkan kesempatan bagi para pledger untuk menuliskan nama mereka di bangku cadangan dan berkontribusi terhadap pendanaan beasiswa musik di Royal Academy of Music London, di mana Hopkins sendiri memenangkan beasiswa pada 1950-an. Nama-nama yang telah dijanjikan dalam kampanye termasuk Mick Jagger, Keith Richards, Charlie Watts, Ronnie Wood, Bill Wyman, Yoko Ono Lennon, Roger Daltrey, Jimmy Page, Johnnie Walker, dan Kenney Jones. Sebuah kutipan tentang Hopkins oleh Bob Harris muncul di bangku cadangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...