Laman

Kamis, 28 Juni 2018

LEIGH NASH


Dilahirkan dengan nama Leigh Bingham Nash pada 27 Juni 1976 di New Braunfels, Texas, AS adalah penyanyi dan penulis lagu Amerika yang merupakan vokalis utama untuk band pop Sixpence None the Richer dan juga seorang anggota Fauxliage dan Nashville Movement. Album solo debutnya, Blue on Blue, dirilis pada 15 Agustus 2006 oleh label rekaman One Son/Nettwerk.


Dia mulai menyanyi musik country dan belajar lagu country lama di gitar pada usia 12 tahun. Dia memiliki pengalaman beberapa tahun bernyanyi di kafe lokal dengan band dan tampil secara teratur di negara bagian Texas & sebuah aula dansa barat. Dia bertemu gitaris dan penulis lagu Matt Slocum di acara gereja di awal 1990-an.

Leigh Nash dan Matt Slocum membentuk Sixpence None the Richer (dinamai dari sebuah baris dari buku Mere Christianity oleh penulis C.S. Lewis ) segera setela itu dan melanjutkan untuk merekam empat album penuh dengan band. Album pertama mereka, dirilis ketika dia baru berusia 16 tahun, adalah The Fatherless & the Widow. Album ini mendapat pujian kritis dan Slocum dan Nash mencari anggota band baru.

Ditambah oleh Tess Wiley, Dale Baker, dan J.J. Plascencio, band baru ini merekam This Beautiful Mess, yang memenangkan Dove Award untuk Album Terbaik. Wiley keluar dari band setelah tur AS mereka dan band ini merilis Tickets for a Prayer Wheel EP dan kemudian menandatangani kontrak dengan label Squint Records setelah runtuhnya R.E.X.

Album eponymous band ini dirilis pada tahun 1997 dan single "Kiss Me" pada tahun 1999. Pada tahun 1999 mereka menerima banyak Dove Award, termasuk Best Artist of the Year. Band ini juga dinominasikan untuk Grammy Award. Single kedua, "There She Goes", juga menjadi hit Hot 100, diikuti oleh single ketiga, "I Can't Catch You".

Pada tahun 2000, Nash menyanyikan lagu "Need to Be Next to You" untuk film Bounce untuk berterima kasih kepada Miramax yang telah menggunakan "Kiss Me" dalam film She All That dan membawa mereka ke dalam sorotan. Ditulis oleh Diane Warren, lagu itu menjadi single solo pertama milik Nash. 



Setelah masalah dengan label rekaman mereka, Sixpence None the Richer kembali pada tahun 2001 dengan album Divine Discontent setelah kehilangan Dale Baker dan J.J. Plascencio. Dua single dari album itu, "Breathe Your Name" dan "Don't Dream It's Over", masuk ke tangga lagu. Namun, Sixpence None the Richer mengumumkan perpisahan mereka pada tanggal 26 Februari 2004, ketika Slocum mengirim surat kepada CCM Magazine. Setelah itu, band ini merilis The Best of Sixpence None the Richer.

Pada tahun 2003, mereka tampil di Sabrina, The Teenage Witch sebagai pemain utama untuk pacar Sabrina dan klub tunangan masa depan. Juga, Nash memukul Harvey Kinkle, pacar lama Sabrina sebagai lelucon.

Terlepas dari kesuksesan besar band ini menikmati dengan single pop terkenal seperti "Kiss Me" dan "There She Goes", kelompok ini terus-menerus diganggu oleh kesengsaraan bisnis dari perdagangan dan akhirnya memutuskan untuk berpisah secara damai. Merasa tidak puas dengan perubahan besar ini, Nash dan suaminya meninggalkan rumah mereka di Nashville selama 10 tahun dan pindah ke Los Angeles.

Sementara di L.A., Nash menulis sejumlah lagu yang pada akhirnya akan menjadi rekaman solo perdananya, Blue on Blue, yang dirilis pada Agustus 2006 di One Son Records, label imprint Nash sendiri melalui Nettwerk Productions. Selama waktu rekaman dari pembuatan Blue on Blue, Nash terbang ke Kanada beberapa kali. Single pertama, "My Idea of Heaven", dirilis ke radio AS pada minggu 14 Juli 2006, dan lagu "Ocean Size Love" akan menjadi single kedua, tetapi itu adalah rilisan promo saja. Dia juga telah merekam lagu "Mirrors and Smoke" dengan band Jars of Clay di album Good Monsters mereka pada tahun yang sama. Dia juga membawakan lagu "A Place for Us" dengan Tyler James untuk film Disney 2007 Bridge to Terabithia, yang ditulis oleh Bryan Adams.

Sementara itu, Nash pindah kembali ke Nashville, Tennessee, dan masuk ke komunitas musisi baru — kelompok rock yang baru-baru ini dibentuk, yang bernama Nashville Movement.

Pada tahun 2007, Nash memulai band baru, Fauxliage, dengan band Kanada Delerium, yang merilis album self-titled pada 14 Agustus 2007. Nash, Megan Thompson dan Kate York juga memulai sebuah band Kristen bernama Thompson, York & Nash. Mereka mengerjakan beberapa lagu yang telah diletakkan di MySpace. Namun, tidak ada lagu yang diposting di halaman MySpace mereka telah dirilis secara resmi.

Pada akhir 2007, Nash dan Slocum bertemu sambil minum kopi dan membahas secara positif penyatuan kembali Sixpence None the Richer. Pada bulan Januari 2008 Nash pergi ke Selandia Baru untuk tampil di Parachute Music Festival tahunan. Tampil di panggung utama dua kali, ia menarik kerumunan lebih dari 30.000 yang menikmati cover akustik nya dari hit Sixpence None the Richer "Kiss Me" dan "There She Goes". Pada akhir 2008, Nash melakukan tur dengan Delerium. 



Nash sejak itu bergabung kembali dengan Sixpence dan mengerjakan EP baru My Dear Machine EP, dan album Natal The Dawn of Grace dengan jadwal tur yang direncanakan sepanjang tahun 2008 di Amerika dan Eropa. Tess Wiley juga kembali mendukung tur Eropa Sixpence.

Nash bergabung dengan tur Open Wings-Broken Strings pada akhir 2009, bersama dengan Ed Kowalczyk dari Live, Art Alexakis dari Everclear. Pada tahun 2011 ia merilis sebuah album pujian yang berjudul Hymns and Sacred Songs. Ini diharapkan menjadi yang pertama dari tiga album solo melalui kemitraan dengan Kingsway Music. Dalam wawancara baru-baru ini dengan FUSE TV, Nash menyebutkan bahwa proyek berikutnya akan menjadi album pujian ambient. Tidak ada tanggal rilis yang ditetapkan.

Pada Agustus 2012, Nash merilis Lost in Transition — album studio keenam dengan bandnya, Sixpence None the Richer.

Pada 18 September 2015, Nash merilis albumnya: The State I'm In. Dia menulis untuk BMG.

Nash memiliki dua kutub inspirasi yang berbeda: karyanya dengan Sixpence dalam lingkup musik Kristen dan ketertarikan masa kecilnya dengan seniman country perempuan yang lebih tua seperti Tanya Tucker, Loretta Lynn, dan Patsy Cline.

"Saya mulai menyanyi musik country dan belajar lagu country lama di gitar ketika saya berusia 12 tahun. Saya benar-benar, benar-benar pemalu tetapi hanya memiliki keinginan untuk naik ke panggung dan mulai memanggil klub sendiri untuk bertanya apakah saya bisa turun dan bernyanyi", kata Nash, yang tumbuh di kota Texas Hill Country di New Braunfels.

Tak lama, Nash remaja sedang menyanyikan lagu-lagu Loretta Lynn dan Tanya Tucker seperti "You Ain't Woman Enough to Take My Man" dan "Texas When I Die" di acara bebas alkohol, buka mikropon Minggu malam, didukung oleh seorang band setengah baya dari penduduk kota. Terlepas dari daya tarik negaranya, Nash tidak pernah mengembangkan aksen, dan di kemudian hari ketertarikannya pada akting pop seperti The Sunday, Innocence Mission, dan The Cranberries memberikan materi yang lebih formatif untuk penulisan lagu dan nyanyiannya.

Leigh adalah bungsu dari dua saudara perempuan. Dia menikah dengan drummer PFR Mark Nash pada Mei 1996, yang dia temui ketika kedua band tampil di Cornerstone Festival di Illinois. Mereka memiliki satu anak (putra) bersama pada tahun 2004. Pasangan ini bercerai pada tahun 2007. Leigh menikahi musisi Stephen Wilson pada 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...