Laman

Jumat, 15 Juni 2018

JULIE FELIX


Dilahirkan dengan nama Julie Ann Felix 14 Juni 1938 adalah artis rekaman lagu folk Inggris kelahiran Amerika yang mencapai kesuksesan pada akhir 1960-an dan awal 1970-an. Dia terus tampil dan merilis album di label rekamannya sendiri.


Lahir di Santa Barbara, California, ia lulus pada tahun 1956 dari sekolah menengah di Westchester, Los Angeles. Pada tahun yang sama ketika ia tiba di Inggris, ia menjadi penampil folk solo pertama yang menandatangani kontrak dengan label rekaman utama Inggris, ketika ia mendapatkan kontrak rekaman dengan Decca Records. Dalam satu dekade ia memiliki karir yang mapan. Pada tahun 1965 ia dilaporkan penyanyi folk pertama yang mengisi Royal Albert Hall, dan dideskripsikan oleh The Times sebagai "Britain’s First Lady of Folk".

Pada tahun 1966, Felix menjadi penyanyi tetap di program televisi BBC The Frost Report, yang disajikan oleh David Frost. Dia menjadi tuan rumah acara sendiri untuk BBC dari 1968 hingga 1970, termasuk seri Once More With Felix (episode pertama ditransmisikan pada 9 Desember 1967). Di antara yang ditampilkan dalam acaranya adalah The Kinks, Fleetwood Mac, Leonard Cohen dan gitaris utama Led Zeppelin, Jimmy Page, yang memainkan bagian solo gitar "White Summer" dan "Black Mountain Side". Pada 1 Mei 1967 ia muncul di acara TV Jerman, Beat-Club; pada September 1968 di International Essen Song Days. Dia tampil di Isle of Wight Festival pada tahun 1969.

Dia memiliki dua hits UK Singles Chart pada tahun 1970, yang pertama dari beberapa di label RAK, diproduksi oleh Mickie Most. Yang pertama adalah dengan lagu berjudul "If I Could (El Cóndor Pasa)", sedangkan yang kedua, sedikit kurang sukses, "Heaven Is Here", ditulis oleh Errol Brown dan Tony Wilson dari Hot Chocolate. 1990 terlihat rilisan album baru, Bright Shadows. 




Pada 24 Maret 2008, dia muncul di program BBC Four di mana bintang-bintang The Frost Report berkumpul untuk malam yang merayakan 40 tahun sejak Frost Over England; Felix menyanyikan "Blowin' in the Wind". Dia telah muncul di Wynd Theater, Melrose, Perbatasan Skotlandia, secara tahunan pada tahun 2000-an.

Felix kini tinggal di Chorleywood, Hertfordshire, Inggris, dan masih merekam dan tampil, tampil di atas panggung pada ulang tahunnya yang ke-70 pada tahun 2008. Pada tahun 2018, ia dijadwalkan tampil di New Forest Folk Festival pada bulan Juli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...