Laman

Sabtu, 23 Juni 2018

BARRY SPARKS


Dilahirkan pada 20 Juni 1968 di Lucasville, Ohio adalah mantan pemain bass dari antara lain Yngwie Malmsteen, Michael Schenker Group, UFO, Dokken, dan Ted Nugent. Saat ini Sparks adalah bagian dari grup tur untuk grup rock Jepang B'z , dan juga berkontribusi pada beberapa album dan single mereka.


Barry Sparks pertama mulai mendapatkan nama untuk dirinya sebagai pemain bass untuk mantan artis rekaman MCA Guy Mann-Dude dengan siapa dia melakukan tur dan merekam rilisan 1991 "Mannic Distortion". Hal ini menyebabkan Sparks mendapatkan pertunjukan bass dengan virtuoso gitar Swedia Yngwie Malmsteen pada saat untuk tur The Seventh Sign pada tahun 1994, diikuti oleh tugas 4 tahun on-dan-off dengan legenda gitar Jerman Michael Schenker, dimulai dengan album Written in the Sand pada 1996. 



Pada tahun 1997, Sparks dan drummer Michael Schenker Group Shane Gaalaas bekerja sama dengan gitaris Jeff Kollman untuk membentuk trio fusion all-instrumental dengan siapa Sparks merekam 3 album sebelum keluar. Trio ini juga mendukung vokalis John West pada rilisannya di tahun 1998, Permanent Mark. Pada tahun 1998, Sparks menjadi musisi tur dengan penyanyi pop Billie Myers dari "Kiss the Rain", tampil di TV dan stasiun radio dan bermain di seluruh dunia, termasuk pertunjukan yang mendukung Bob Dylan di Eropa.

 

Pada akhir 90-an Sparks juga menjadi tamu pada album oleh mantan vokalis Loudness Michael Vescera dan mantan gitaris Helloween Roland Grapow, melakukan tur bersama calon rekan band UFO masa depan Vinnie Moore, dan merekam dan melakukan tur dengan mantan legenda gitar Scorpions, Uli Jon Roth. 



Pada tahun 2001, Sparks merilis album debut solo gitar akustiknya, Glimmer of Hope, pada label Moonbeam Music miliknya. Album kedua, Can't Look Back, dengan penampilan tamu spesial oleh Billy Gibbons dari ZZ Top (di "Breathe") dan Ted Nugent (di "Liberty"), menyusul pada 2004. Sparks mulai bekerja dengan Nugent di tur musim panas "Beer Drinkers & Hell Raisers” AS tahun 2003. 



Pada tahun 2001, Sparks menjadi pemain bass untuk Dokken, sebuah afiliasi yang berlangsung hingga tahun 2009 dan menghasilkan 3 album studio. Selama waktu ini, Sparks dan drummer Dokken Mick Brown juga bermain dengan Ted Nugent, didokumentasikan pada rilisan live Sweden Rocks tahun 2008. 


Pada tahun 2004, Sparks dipanggil untuk merekam trek bass untuk album Unbreakable milik Scorpions. Pada tahun yang sama, Sparks mengisi untuk salah satu pahlawan bassnya sepanjang masa, Pete Way dari UFO, pada tur AS You Are Here. Dia terakhir melakukan tur dengan grup pada tahun 2011. 


Setelah sebelumnya melakukan tur dengan band pada tahun 2003 untuk album Big Machine mereka, Sparks kembali direkrut oleh superstar Jepang B'z untuk tur "Glory Days" tahun 2008, kembali bekerja sama dengan mantan rekan ritemnya di Yngwie Malmsteen, MSG dan Cosmosquad , drummer Shane. Gaalaas. Dia tetap menjadi anggota tur sejak itu dan juga telah melakukan rekaman dengan band.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...