Laman

Senin, 04 Juni 2018

ED WYNNE


Dilahirkan dengan nama Edward Wynne pada 3 Juni 1961 di Wandsworth, London adalah gitaris dan keyboardis Inggris yang dikenal sebagai anggota pendiri, komposer utama dan satu-satunya anggota tetap band psychedelic rock Ozric Tentacles.


Ed merupakan putra pematung Inggris David Wynne, dan cucu dari penulis Inggris Joan Grant. Teman keluarga dan mendiang gitaris Beatles, George Harrison, mendorong Wynne yang berusia tujuh tahun untuk mengambil gitar. Ayah Wynne secara teratur memiliki nama-nama besar dalam musik, seperti Jimi Hendrix dan Donovan, menginap di rumah. Penekanan keluarga pada seni dan musik memungkinkan Wynne untuk mencapai berbagai apresiasi musik, termasuk antara lain Gong/Steve Hillage, Hawkwind, Kraan, Frank Zappa, Steve Vai, Squarepusher, dan Todd Rundgren.

Ketidaktertarikannya di sekolah menyebabkan dia meninggalkan sekolah pada usia 16 tahun. Orang tuanya mendorong dia untuk mengikuti hasrat bermusiknya, dan menginstruksikan dia untuk memainkan suara alam di piano. Dia terlibat dengan beberapa band saat di sekolah, termasuk Bolshem People, yang melakukan rekaman di loteng studio Wynne di Rushmere. Lagu mereka, Erp Riff 83, dapat didengar di album kompilasi A Psychedelic Psauna. 



Dia membentuk Ozric Tentacles pada tahun 1983 bersama saudaranya Roly Wynne dan anggota lainnya di Stonehenge Free Festival. Setelah beberapa perubahan line-up, Ozric Tentacles mulai dipandu secara keseluruhan oleh Wynne, yang selain gitar dan keyboard juga menjadi bertanggung jawab untuk pemrograman musik dan upaya studio lainnya. Dia menjadi satu-satunya anggota asli band. Line-up saat ini termasuk mantan istri Ed Wynne, Brandi Wynne pada gitar bass, dan putranya Silas Neptune di keyboard.

Wynne berkolaborasi dengan Joie Hinton di Nodens Ictus, setelah diminta oleh promotor klub Crypt di Deptford, London Selatan, untuk memproduksi perangkat ambient untuk ruang "chillout" klub. Wynne juga muncul sebagai musisi tamu dalam karya-karya seniman diantaranya seperti Jordan Rudess, Amon Düül UK , Eat Static, dan Invisible System.

Dia (bersama dengan mantan rekan band Merv Pepler) menyusun dan memprogram sebuah lagu berjudul "Sphere Wave's" untuk soundtrack Cognition Factor. Perlengkapannya termasuk synthesizer seperti Novation Supernova II, Korg M50, Roland S760, Roland Fantom XR, Roland D-50, Korg Wavestation EX, Korg Prophecy, Sequential Pro-1, gitar Ibanez JEM, Ibanez Artist, Yamaha Acoustic, pedal Boss GT -3 dan Boss GT-10, dan Amplifikasi Marshall

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...