Laman

Sabtu, 23 Juni 2018

KELLY JOHNSON


Dilahirkan dengan nama Bernadette Jean Johnson pada 20 Juni 1958 di Edmonton, London, Inggris adalah seorang gitaris Inggris, dikenal luas di Inggris pada awal 1980-an sebagai gitaris utama dari band all-female Inggris Raya Girlschool.


Johnson mulai bermain piano dari ayahnya ketika berusia lima tahun dan beralih ke gitar pada usia dua belas. Ia belajar di Edmonton County School di Edmonton, yang berada di London Utara, dan bagian dari London Borough of Enfield, di mana ia mengenal musik rock dan bermain bass dan piano di band-band sekolah. Dia kembali ke gitar dan sudah menulis dan memainkan materi sendiri ketika dia bertemu rekan band masa depannya pada usia 19 tahun. Setelah pertemuan pertamanya dengan Kim McAuliffe dan Enid Williams pada bulan April 1978, dia langsung diterima di jajaran dari band baru yang terbentuk dari abu dari grup Painted Lady, yang mengambil nama Girlschool.

Permainan gitar yang kasar milik Girlschool, unik, berpakain kulit (dan digambarkan seorang pengluas sebagai sikap "stiletto in the groin") segera memenangkan band ini pengikut yang setia, memberi mereka peringkat tinggi di fenomena new wave of British heavy metal yang meledak, terima kasih juga untuk hubungan yang kuat dengan sesasam musisi Motörhead. Gaya milik Johnson dan McAuliffe sebaliknya membuat terkesan yang dengan sebanyak cepat menaikkan mereka ke band penampil utama. 



Johnson adalah penulis lagu, bermain gitar dan menyanyi baik vokal utama dan vokal latar pada empat album pertama grup. Dia memberikan keduanya fokus visual yang kuat untuk band dengan sosok tinggi dan rambut pirangnya dan kontribusi musik yang sangat baik dengan permainan gitarnya yang tajam. Saat mendengar riff Johnson pada ‘Race With the Devil', Jeff Beck mengutip "Tidak mungkin gadis itu yang bermain" sebuah pernyataan yang digambarkan oleh DJ John Peel sebagai komentar paling seksis yang pernah dia dengar. Sedangkan Lemmy dari Motörhead menyatakan "Saya pikir mereka sangat hebat. Saya mendapatkan mereka di tur di tempat pertama dan semua orang mengatakan, 'Ugh, perempuan,' dan saya berkata, 'f*ck you, mereka sebaik dirimu.' Kelly Johnson, pada hari yang baik, sama baiknya dengan Jeff Beck di hari-hari rock & roll-nya. Dia pemain gitar yang sangat brilian."

Girlschool tidak mengambil posisi feminis, tetapi sebagai band all-female dalam genre yang didominasi oleh musisi laki-laki dan sering dengan sikap machismo dan seksis adalah sebuah pernyataan tersendiri. Selain itu, Johnson mengaku dari awal karirnya sensibilitas kuat untuk tema lingkungan, yang diungkapkan dalam beberapa lagu-lagunya. Ia kemudian menjadi seorang pencinta lingkungan, seorang aktivis untuk hak-hak hewan dan juga seorang vegetarian.

Girlschool memiliki keberhasilan UK chart terbaik mereka pada tahun 1980 dan 1981, dengan St. Valentine’s Day Massacre EP dan album Hit and Run, tetapi kesuksesan mereka segera menurun dan pendekatan mereka ke pasar AS dengan album Play Dirty tidak sesukses yang diharapkan. Pada awal 1984, Johnson meninggalkan band. Seperti yang dikemukakan oleh Kim McAuliffe pada tahun 1997, "Pada dasarnya, Kelly baru saja bosan dengan semua hal (...) dia tidak lagi menyukai heavy rock".

Johnson meninggalkan Inggris ke AS, untuk memulai karir baru dan hidup dengan Vicki Blue, mantan bassis dari band all-female Amerika The Runaways, yang juga manajernya. Di Los Angeles, ia menulis musiknya sendiri dan merekam demo rock mainstream dengan penggunaan besar synthesizer dan efek elektronik, tetapi tidak ada label yang membuatnya mendapatkan kontrak. Pada tahun 1987, ia masuk band rock World's Cutest Killers, yang menampilkan pada gitar ritem dan vokal mantan anggota Painted Lady dan The Go-Go, Kathy Valentine. WCK mengubah nama mereka menjadi The Renegades dan bekerja di sirkuit klub lokal, tetapi tidak memperoleh kontrak rekaman. Menyelesaikan pengalamannya dengan band ini setelah dua tahun, dia meninggalkan musik sama sekali untuk belajar bahasa isyarat dan bekerja dengan orang tuli. 



Pada tahun 1993, setelah hampir sepuluh tahun di Amerika Serikat, ia kembali ke Inggris untuk melanjutkan perannya sebagai gitaris utama Girlschool untuk tur reuni. Dia tetap bersama band dan melakukan tur terus-menerus sampai tahun 1999, ketika dia didiagnosis mengidap kanker. Setelah ia meninggalkan band, Johnson tetap berhubungan dengan Girlschool, memainkan pertunjukan sesekali, menginstruksikan penggantinya Jackie Chambers dan mengumpulkan foto dan materi untuk biografi band.

Johnson meninggal pada Minggu 15 Juli 2007, berusia 49 tahun, setelah pertempuran enam tahun melawan kanker tulang belakang. Bahwa dia menderita penyakit itu tidak diketahui secara luas di luar lingkaran dekatnya dari teman-temannya dan bahkan keluarga yang lebih dekat. Pada peringatannya, temannya dan mantan rekan sebandnya, Tracey Lamb, membaca pidato itu.

“ Tidak mengejutkan atau mengejutkan saya bahwa ada begitu banyak dari Anda di sini hari ini untuk Kelly karena Kelly menyentuh hati kita semua dengan cinta, persahabatan, kepribadiannya yang luar biasa dan caranya mengilhami begitu banyak dari kita untuk mengambil atau melanjutkan untuk bermain musik. Dia adalah seorang bintang rock sejati, kelincahannya di atas panggung dan ketika merekam, penulisan lagunya yang produktif dan tampilan yang kuat di setiap pertunjukan akan selalu diingat. ”

Girlschool melakukan sebuah pertunjukan penghormatan pada 20 Agustus 2007 di Soho Revue Bar di London, dengan banyak teman-teman Johnson dan mantan anggota band.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...