Laman

Kamis, 28 Juni 2018

JASON CROPPER


Dilahirkan dengan nama Jason Rosanoff Cropper pada 27 Juni 1971 di Oakland, Calfornia adalah seorang musisi Amerika yang dikenal sebagai anggota asli band Weezer.


Cropper mengambil gitar pada usia 16 tahun. Ibunya melaporkan bahwa ia pertama "mengguncang" ke rekaman 45 rpm kecil di kamar tidurnya di mana ia memainkan "Let’s Go to the Hop" oleh Danny and the Juniors. Dia berumur sekitar dua tahun, dan dia sangat menyukainya. Dia biasanya menghabiskan berjam-jam, sebagai anak yang sangat muda, mendengarkan Tommy oleh The Who. Dia tidak pernah secara terbuka mengakui apa rekaman pertama yang dia beli, tapi album "keren" pertamanya adalah Jimi Hendrix. Dia adalah penggemar berbagai genre, seperti psychedelic, grunge, dan punk. Dia berada di berbagai band di usia dua puluhan sebelum bergabung dengan band yang berisi anggota inti dari apa yang akan menjadi Weezer.

Cropper adalah gitaris asli untuk Weezer, dan karena itu hadir di latihan resmi pertama milik band pada 14 Februari 1992. Dia melakukan rekaman pada tiga kaset demo resmi pertama milik band sebelum penandatanganan mereka ke Geffen Records. 



Selama rekaman Weezer (alias The Blue Album ) pada tahun 1993, Cropper meninggalkan band dan kemudian digantikan oleh gitaris Brian Bell. Cropper menandatangani perjanjian kerahasiaan, dan tidak pernah secara terbuka berbicara tentang alasannya untuk meninggalkan band. Meskipun telah merekam gitar dan vokal latar untuk semua lagu di Weezer, lagu-lagunya dikatakan telah digantikan oleh vokalis/gitaris/penulis lagu band Rivers Cuomo, dengan suara latar sesekali diganti oleh Bell.

Cropper memiliki kredit penulisan bersama pada "My Name Is Jonas" milik Weezer untuk menulis intro gitar akustik lagu. Lagu "Jamie", ditampilkan pada kompilasi 1994 DGC Rarities, Vol. 1, direkam pada tahun 1993 dan menampilkan Cropper pada gitar dan vokal latar. Sebelum edisi deluxe The Blues Album yang diperluas pada tahun 2004, ini adalah satu-satunya lagu Weezer yang dirilis untuk menampilkan Cropper pada gitar dan vokal latar.

Cropper tetap berteman baik dengan anggota Weezer lainnya dan menghadiri pernikahan Rivers Cuomo pada 2006.

Dalam sejarah lisan Weezer tahun 2014 yang melibatkan anggota band (termasuk Cropper) dan berbagai asosiasi, terungkap bahwa ketika merekam album debut mereka di New York, Cropper mengetahui bahwa Amy Wellner, pacarnya di Los Angeles, sedang hamil. Konsekuensi dari berita ini mulai mempengaruhi kepribadian Cropper dan mengganggu lingkungan kerja band. Ketika Wellner muncul tanpa pemberitahuan di New York tanpa tempat tinggal, Cuomo menganggapnya sebagai peringatan terakhir dan menginformasikan kepada Cropper bahwa dia harus meninggalkan band.

Setelah Cropper meninggalkan Weezer, ia dan istrinya, Amy Wellner Cropper, membentuk band Chopper One. Pasangan ini (bersama dengan drummer Tyrone Rio) merilis single "Free Lunch" pada tahun 1995, diikuti oleh album Now Playing pada tahun 1997. 



Pada Januari 1994, anak pertama mereka, putri Kiefer Rain Cropper, lahir. Putra mereka, Jake Hudson Cropper, lahir pada tahun 1999, dan putri lainnya, Devon Jade Cropper, lahir pada tahun 2001. Pasangan ini bercerai pada 2004-2005.

Pada tahun 1996, Cropper bermain gitar di Uncle Bob, sebuah album alt-rock dari 22 Jacks, yang menampilkan anggota dari Wax, The Ramones, Adolescents and Agent Orange.

Setelah Chopper One berakhir, Cropper memulai band pop punk supergroup Fliptop merilis sendiri 5-track EP. Band ini terdiri dari Cropper pada vokal, gitar dan piano, Dallan Baumgarten pada gitar & vokal, Scott Shiflett pada bass dan Josh Freese - drum. Band ini memainkan pertunjukan langsung di sekitar LA, dan berhasil memainkan beberapa pertunjukan Warped Tour lokal.

Cropper menyanyikan lagu tema untuk sitkom Amerika 2002-2003 Andy Richter Controls the Universe dan pada awal 2006 mulai menunjukkan tanda-tanda kembali ke bisnis musik. Selain memposting lagu di halaman MySpace-nya, dia mulai merekam dan memproduksi band, termasuk band rock asal Atlanta, Buffalo Alice, memproduksi album kedua mereka Mitchell (2007) dan dikreditkan untuk menulis setidaknya satu lagu dan bermain gitar dan bernyanyi di beberapa lagu. Dia terus berkontribusi untuk Buffalo Alice, menulis bersama dan memproduksi album ketiga mereka Alexander Rosenhoff Testament: A Work Of Fiction (2008), dan terdaftar untuk sementara sebagai pemain bass di situs web milik band.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...