Laman

Selasa, 06 November 2018

TESS WILEY



Dilahirkan pada 5 November 1974 di Texas, AS adalah seorang penyanyi-penulis lagu Amerika.


Tess Wiley adalah putri dari penyair Kathryn Wiley dan musisi Fletch Wiley. Dia menunjukkan minat dalam musik dan penulisan lagu sejak usia dini, menambahkan "Create in Me a Clean Heart" dan "Tender Shepherd" untuk repertoarnya pada usia dua tahun. Dia mulai bermain piano pada usia lima tahun, kemudian biola pada usia 12 tahun, dan gitar pada usia 14 tahun. Dia ingin membuat gaya musiknya di sepanjang alur dari gitaris Slash, tetapi riff itu segera memberi jalan untuk menulis lagu kontemplatif. Dia menghabiskan tahun-tahun SMA-nya bernyanyi di band Nothing in Return sambil belajar piano klasik di Sekolah Tinggi untuk Performing and Visual Arts di Houston, Texas. 


Pada tahun 1994, Wiley bergabung dengan band Sixpence None the Richer dalam tur Eropa dan Amerika mereka dan menulis "Disconnect" untuk rekaman kedua mereka, This Beautiful Mess. Wiley meninggalkan band sesaat setelah tur Amerika pada tahun 1996. Ketika Sixpence bersatu kembali pada tahun 2007, Wiley bergabung kembali pada tahun 2008 dan melakukan beberapa pertunjukan termasuk tur Eropa, tetapi pergi tidak lama kemudian.

Setelah kepergiannya dari Sixpence, ia mulai merekam dengan nama "Splendora", "Phantasmic", dan "Tess Wiley and Her Orchestra". Dia juga meminjamkan vokalnya ke Velor 100 di album Of Color Bright pada tahun 1997. Wiley kemudian pindah ke Jerman, di mana dia menikah dengan Christian Roth, salh satu pendiri dari MOB Skateboards, dan tinggal di kampung halaman Roth di Giessen.


Wiley kembali ke Amerika secara berkala, termasuk ke New York City untuk merekam album debutnya, Rainy Day Assembly (Effanel, 2002). Yang diikuti oleh Not Quite Me (Tapete, 2004), Superfast Rock n' Roll Played Slow (Tapete, 2007), dan Little Secrets (Nordpol, 2013).

Wiley menikah dengan Christian Roth dan pada 2005 mereka memiliki putra pertama mereka, Henry Fletcher Roth.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...