Laman

Jumat, 16 November 2018

CHELSEA WOLFE



Dilahirkan dengan nama Chelsea Joy Wolfe pada 14 November 1983 adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan musisi Amerika. Karyanya memadukan unsur-unsur rock gothic, doom metal, dan folk music.

Dibesarkan di California Utara dengan seorang ayah musisi country, Wolfe mulai menulis dan merekam lagu selama masa kecilnya. Dia mendapat pengakuan kritis bawah tanah untuk rilisannya, The Grime and the Glow (2010) dan Apokalypsis (2011), yang menggabungkan unsur-unsur musik gothic rock dan folk, serta album-album berikutnya, Pain Is Beauty (2013), Abyss (2015). ) dan Hiss Spun (2017), di mana Wolfe memasukkan elemen neofolk, elektronik dan heavy metal.

Musiknya telah ditampilkan dalam materi promosi untuk mobil Jaguar XE 2017 serta serial televisi Game of Thrones, Fear the Walking Dead, dan How to Get Away with Murder.

Chelsea Wolfe lahir di Roseville, California, dan besar di Sacramento. Dia keturunan Norwegia dan Jerman. Ayahnya berada di sebuah band country dan memiliki sebuah studio rumah. Pada usia 7 tahun, ia telah menulis puisi pertamanya dan pada usia 9 tahun, telah menulis dan merekam lagu-lagu yang kemudian ia gambarkan sebagai "lagu-lagu R&B gothy yang pada dasarnya berbasis Casio".

Mengenai masa kecilnya, Wolfe berkata, "Aku tumbuh cukup cepat. Aku punya kakak perempuan. Saat aku berusia 11 tahun, aku minum seperti berusia 40-an." Dia juga berjuang dengan kesulitan tidur saat masih anak-anak dan melalui masa remajanya, yang membuatnya di rumah sakit untuk belajar tidur; pengalaman ini akhirnya menjadi materi untuk albumnya Abyss dan Hiss Spun.

Wolfe tinggal bersama neneknya selama bagian masa kecilnya, yang mengajarinya tentang aromaterapi, Reiki, dan "alam lain." 


Pada tahun 2006, Wolfe menyusun sebuah album, berjudul Mistake in Parting, yang tidak pernah dirilis secara resmi. Mengenai album ini, Wolfe berkata: "Saya berusia 21 tahun dan menulis album perpisahan penyanyi-penulis lagu yang buruk. Saya bahkan tidak benar-benar ingin menjadi musisi saat itu, tetapi banyak teman saya seperti 'mari lakukan ini, saya punya teman-teman produser 'dan mereka membantu saya membuat rekaman yang sangat berlebihan, yang sangat buruk ... Saya berhenti sejenak dari musik untuk sementara waktu karena saya tidak senang dengan apa yang saya hasilkan. Wolfe kemudian berkomentar bahwa ia menghapus album sebagian besar karena telah ditulis tentang peristiwa dalam kehidupan pribadinya: "Saya menulis hal-hal yang sangat pribadi tentang kehidupan saya sendiri, dan saya tidak merasa nyaman sama sekali ... Saya tidak ingin [musik saya] begitu banyak tentang diri saya sendiri, dan saya harus menemukan perspektif baru”.

Album pertama Wolfe yang dirilis secara luas, The Grime and the Glow (2010), dikeluarkan pada label independen Pendu Sound Recordings yang berbasis di New York, didahului pada tahun yang sama oleh album edisi terbatas Soundtrack VHS/Gold dan Soundtrack VHS II. Album berikutnya, Apokalypsis (2011), dipolakan sebagai Ἀποκάλυψις , membuatnya mendapatkan pengikut bawah tanah, serta pujian kritis, menerima ulasan yang menguntungkan di Pitchfork dan CMJ. Wolfe melakukan tur secara ekstensif di Amerika Utara dan Eropa untuk mendukung kedua album, dan menderita demam panggung yang ekstrim; ketika awalnya mulai tampil live, Wolfe akan mengenakan cadar hitam di wajahnya. "Pertunjukan adalah sesuatu yang harus saya pelajari," katanya. "Saya hampir tidak bisa menangani di atas panggung selama beberapa tahun pertama, dan itulah alasan saya butuh begitu lama untuk memulai karir saya sebagai seorang musisi".

Pada tahun 2012, Wolfe membawakan ulang lima lagu oleh band anarko-punk Inggris, Rudimentary Peni, dan menerbitkannya sebagai A Tribute To Rudimentary Peni pada 17 Februari sebagai unduhan gratis melalui Pendu Sound. Dia kemudian merekam ulang lagu Peni dengan bandnya di Southern Studios di London, dan merilisnya sebagai EP, Prayer for the Unborn, pada Januari 2013 di Southern Records. 


Wolfe menandatangani kontrak dengan Sargent House Records pada tahun 2012 untuk merilis album ketiganya. Unknown Rooms: A Collection of Acoustic Songs dirilis pada 16 Oktober 2012, dan menampilkan suara yang lebih berorientasi pada folk, yang bertentangan dengan karya sebelumnya, yang telah sangat terpusat pada penggunaan gitar listrik dan distorsi. Album akustik berisi lagu "once-orphaned", menurut Wolfe. Pada 28 Juli 2012, single pertama, "The Way We Used To", ditayangkan perdana pada NPR. Pada tanggal 20 September, single kedua, "Appalachia," ditayangkan di The Fader.

Wolfe merilis album live, Live at Roadburn , pada 28 September 2012, direkam pada 12 April di Festival Roadburn di Tilburg, Belanda. Album studio keempat Wolfe, Pain Is Beauty, dirilis pada 3 September 2013, serta sebuah trailer album, diikuti oleh tur Amerika Utara yang mendukungnya. Selama 2013 dan 2014, Wolfe merilis dua split 7" single dengan King Dude, Sing Songs Together ... dan Sing More Songs Together ... , dan EP langsung, Chelsea Wolfe Folkadelphia Session 5/31/2014.

Wolfe juga berkontribusi vokal tamu untuk album studio kelima milik band post-metal Amerika Russian Circles, Memorial, yang dirilis pada Oktober 2013. Wolfe dan Russian Circles melakukan tur Eropa bersama pada akhir 2013.

Pada tahun 2014, lagunya "Feral Love" ditampilkan dalam trailer untuk musim keempat Game of Thrones dan adaptasi televisi dari 12 Monkeys. Dia juga merilis film berdurasi panjang, Lone, menampilkan musik dari Pain Is Beauty dan disutradarai oleh Mark Pellington.

"Carrion Flowers", "Iron Moon" dan "After the Fall" masing-masing dirilis sebagai single kedua, ketiga dan keempat, dari album kelimanya, Abyss. "Carrion Flowers" muncul di trailer untuk Fear the Walking Dead dan Far Cry Primal , iklan TV untuk Life Below Zero, dan dalam sebuah episode The Magicians. Lagu ini juga muncul di iklan TV Jaguar untuk XE 2017.

Pada tanggal 1 April 2016, Wolfe merilis single non-album 7" "Hypnos", didahului oleh sebuah video musik pada 22 Maret. Pada Januari 2017, ia mengumumkan tur Inggris/Eropa untuk dimulai pada bulan April.

"Survive" muncul di trailer terakhir untuk film Live by Night pada Desember 2016.

Album studio kelima, Hiss Spun, dirilis oleh Sargent House pada 22 September 2017. Dia juga muncul dalam kolaborasi pada album Myrkur 2017, Mareridt dan album Deafheaven 2018 yang berjudul Ordinary Corrupt Human Love. 


Pada bulan April 2016, Wolfe dan rekan band Ben Chisholm adalah tamu istimewa untuk pertunjukan konser kolaboratif milik Converge, Blood Moon, bersama dengan Stephen Brodsky dari Cave In dan Steve Von Till dari Neurosis. Terbatas untuk empat pertunjukan Eropa, kolektif ini melakukan "interpretasi ambient/post-rock" dari berbagai lagu dari diskografi Converge, terutama lagu-lagu "karya mereka yang kurang didengar dan lebih lambat". Penampilan Blood Moon pertama berlangsung di Postbahnhof di Berlin pada 11 April. Yang kedua berlangsung di La Cartonnerie di Reims pada 12 April. Yang ketiga berlangsung di Electric Brixton di London pada 13 April. Pertunjukan Blood Moon keempat dan terakhir berlangsung di Festival Roadburn di Belanda pada 16 April.

Dia menyusun dua album pertamanya pada gitar klasik ibunya, yang kehilangan sebuah pasak tala; sebagai akibatnya, string harus disetel remdah, yang merupakan elemen gaya yang dibawa ke rekaman studio.

Wolfe menyebutkan sederetan seniman dan genre sebagai pengaruh, termasuk black metal dan musik folk Skandinavia, tetapi mengatakan: "Saya memiliki waktu yang sulit menempel pada satu genre, dan jujur saya lebih suka seperti itu. Saya lebih suka bebas untuk bereksperimen dan membuat jenis seni yang ingin saya buat daripada mudah didefinisikan." Berbagai kritikus telah mencatat unsur doom metal, drone metal, gothic rock, folk dan dark ambient dalam musiknya. Selain dari gothic dan eksperimental, banyak kritikus telah menjuluki suaranya "doom folk". Wolfe mengatakan: "Saya pikir dalam hati saya berharap saya memiliki salah satu suara yang benar-benar dalam seperti Kurt Cobain, jadi mungkin saya mengimbanginya dengan gitar yang terdistorsi." Mojo mendeskripsikan musiknya sebagai "Siouxsie & The Banshees territory, dengan senar yang dirawat, menggemakan drum dan perluasan reverb yang mengelilingi suara uniknya yang direkam ganda,".

Wolfe telah menyatakan afinitas yang kuat untuk musik R&B, mengutip Aaliyah sebagai pengaruh besar pada karirnya sejak masa kecilnya. Dia berkata, "Saya tumbuh dengan mendengarkan ayah saya bermain gitar sambil bernyanyi harmoni ... Saat masih anak-anak saya ingin merekam lagu saya sendiri sehingga dia mengatur saya dengan 8-track. Getaran dari lagu-lagu paling awal itu seperti, Aaliyah bertemu Fleetwood Mac - apa yang saya dengarkan dicampur dengan apa yang orang tua saya dengarkan. "Age Ain’t Nothing But a Number" adalah lagu favorit saya waktu itu..

Pengaruh musik lainnya termasuk Vladimir Vysotsky, Selda Bagcan, Nick Cave, Hank Williams, Townes Van Zandt, Suicide, SPK dan berbagai "musik 1920-an dan 30-an", dan baru-baru ini, Black Sabbath, Sunn O))), Deftones dan Neurosis. Di masa lalu dia menyebut Burzum sebagai pengaruh, tetapi kemudian mengatakan bahwa dia menganggap pandangan politik milik Burzum terlalu ekstrim. 


Wolfe mengutip unsur-unsur visual dari pembuat film Ingmar Bergman dan fotografer Nan Goldin sebagai pengaruh, serta tulisan-tulisan dari D.H. Lawrence dan Ayn Rand. Namun, pada 24 September 2015, ia menyatakan bahwa sehubungan dengan kedekatannya dengan Rand: "Ketika saya mengatakan bahwa saya menyukai Ayn Rand beberapa tahun yang lalu saya tidak tahu apa-apa tentang apa yang dia perjuangkan atau apa arti buku-bukunya. Saya menarik kembali!". Penulis lain yang dia sebutkan sebagai inspirasi termasuk Marcel Proust, Louis-Ferdinand Céline dan Sylvia Plath.

Wolfe tercatat memiliki rentang vokal soprano.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...