Laman

Kamis, 15 November 2018

BUTCH WALKER




Dilahirkan dengan nama Bradley Glenn Walker pada 4 November 1969 di Rome, Georgia, AS adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan produser rekaman Amerika. Dia adalah gitaris utama untuk band glam metal SouthGang dari akhir 1980-an hingga awal 1990-an serta vokalis dan gitaris utama untuk band rock Marvelous 3 dari tahun 1997 hingga 2001.

Walker tumbuh di Cartersville, Georgia, bekerja sebagai gitaris dan pemain di beberapa band rock pada 1980-an, termasuk Badd Boyz dan Byte the Bullet. Pada tahun 1988, ia membawa Byte the Bullet ke Los Angeles dan mereka menandatangani kontrak dengan Virgin Records dalam tahun ini. Band ini kemudian mengubah nama mereka menjadi SouthGang dan merilis dua album, Tainted Angel pada tahun 1991 dan Group Therapy pada tahun 1992. SouthGang adalah salah satu band pertama yang melakukan tur Tiongkok pada awal 1990-an. Southgang akhirnya bubar setelah Virgin mengubah kontrak mereka dan mencoba mengirim mereka ke arah yang salah. Walker dan anggota SouthGang lainnya tetap berada dalam hubungan yang baik. 


Setelah Southgang, Walker membentuk band baru dengan mantan anggota SouthGang Jayce Fincher dan Mitch McLee (alias: Doug Mitchell), menyebut diri mereka Floyd's Funk Revival dari tempat kelahiran Walker Floyd County, Georgia. Walker berbagi vokal utama dalam band dengan istri Fincher, Chrystina Lloree. Mereka merilis satu album penuh, Creamy. Album ini berisi tiga belas lagu asli dengan Lloree mengambil bagian besar dari vokal utama dan ketergantungan berat pada gitar. Band ini kemudian memendekkan nama mereka menjadi The Floyds. Mereka merilis satu album self-titled di label Deep South, yang berisi sepuluh lagu asli bersama dengan bagian intro lucu. Lagu bonus menampilkan cover “Rio” milik Duran Duran, dan pertunjukan langsung dari jingle soda Shasta dari akhir tahun tujuh puluhan. Gaya kedua album ini adalah berorientasi gitar, mainstream rock dengan pengaruh funk yang ringan, dan merupakan pelopor untuk pendekatan rock berorientasi gitar lebih dasar yang kemudian dilakukan Walker dengan Marvelous 3. Meskipun album ini sangat dihargai di antara orang-orang yang menemukan mereka, mereka gagal menjual banyak salinan, dan kedua album sekarang cukup langka. Mereka sangat didambakan oleh penggemar dari Butch Walker, dan beberapa salinan yang muncul di pasar CD yang digunakan saat ini memberi harga sangat tinggi. 


Pada tahun 1997, Walker, Fincher, dan McLee mengubah diri mereka kembali, dengan skala kembali ke trio dengan Walker menangani semua vokal utama. Mereka juga memutuskan untuk merampingkan suara mereka menjadi lebih dari jenis band "power pop". Memanggil diri mereka sendiri Marvelous 3, mereka merilis album Math and Other Problems di Deep South Records pada tahun 1997. Mereka mengikuti ini pada tahun 1999 dengan Hey! Album di Elektra Records dan memiliki hit kecil dengan lagu "Freak of the Week." Tahun berikutnya, mereka merilis album terakhir mereka, ReadySexGo, juga di Elektra. Album itu gagal melanjutkan momentum yang diciptakan oleh rilisan sebelumnya, dan merasakan kurangnya dukungan dari label rekaman mereka, mereka bubar pada tahun 2001. Konser terakhir mereka adalah pada 3 Agustus 2001 di Atlanta Centennial Olympic Park di depan penggemar kampung halaman mereka. 


Butch Walker kemudian memulai karier solo, merilis album Left of Self-Centered pada tahun 2002, Letters pada 2004 dan The Rise and Fall of Butch Walker and the Let's-Go-Out-Tonites pada tahun 2006. Pada tahun 2005 ia memainkan lebih dari 200 pertunjukan langsung di Amerika Serikat dan Jepang, dan dia merilis DVD pertamanya, Live at Budokan. Pada akhir 2005 ia dinobatkan sebagai produser tahun ini oleh Rolling Stone. Butch Walker ditampilkan sebagai seorang artis penampil utama di tur Onaugural Hotel Cafe yang dipromosikan MySpace, yang mendukung seniman independen dari tempat pertunjukan Los Angeles dengan nama yang sama.

Pada tanggal 14 Februari 2008, rilisan audio dari pertunjukan langsung Walker di kota asalnya, Atlanta, GA, dirilis. Sebuah DVD dari acara ini mengikuti pada tanggal 17 Maret 2008. DVD dan audio berjudul Leavin' the Game on Luckie Street (Luckie Street adalah jalan tempat di mana acara itu dimainkan, the Tabernacle di Atlanta, GA). Kemudian bekerja dengan Michael Chislett dari The Academy Is ... dan Darren Dodd dari The Let's Go Out Tonites dengan nama 1969 merilis album debut penuh berjudul Maya pada tanggal 1 April 2008. Sycamore Meadows awalnya dijadwalkan untuk rilisan liburan pada musim panas 2008, tetapi ditunda karena alasan pribadi hingga 11 November, menurut blog MySpace-nya. Single pertama dari Sycamore Meadows adalah lagu pertama, berjudul "The Weight of Her". Video untuk dokumen "Ships in a Bottle" milik Walker berlangsung di halaman rumahnya di Sycamore Meadows Drive di Southern California setelah dihancurkan oleh kebakaran hutan pada bulan November 2007. Baik Maya dan Sycamore Meadows dirilis dengan dalam bentul vinil terbatas.

Walker memainkan serangkaian pertunjukan langsung yang terjual habis hanya dengan gitar akustik dan vokal yang dimulai pada musim gugur 2009, ditemani beberapa kali oleh Pink, aktor Jeremy Piven, Jim Bianco, Chapin Sisters dan lainnya. Dari acara itu muncul sebuah cover dari single Taylor Swift berjudul "You Belong with Me" di banjolin, yang kemudian direkam sebagai versi video dan audio di studionya. Swift membuat blog tentang video tersebut dan kemudian mengundang Walker untuk muncul bersamanya di 2010 Grammy Awards musim dingin.

Walker mulai bekerja di album berikutnya pada tahun 2009, dan akhirnya merilis I Liked It Better When You Had No Heart pada 23 Februari 2010 di bawah nama band Butch Walker & the Black Widows. Sesi rekaman diadakan di RubyRed Productions di Santa Monica, California. Dukungan Walker dari rekaman termasuk tur dengan Train mulai Maret 2010, sebuah tur penampilna utama AS, dan pembukaan untuk Pink di Eropa di Stadium Festival Tour-nya.

Pada 30 Agustus 2011 Butch Walker merilis album keduanya dengan Black Widows, berjudul The Spade. Pada 25 Oktober 2011 Walker merilis buku pertamanya, sebuah otobiografi berjudul Drinking with Strangers: Music Lessons from a Teenage Bullet Belt.

Pada akhir 2012, Walker tampil di acara Live from Daryl's House di MTV Live (saat itu Palladia).

Setelah merilis dua EP pada tahun 2013 dan 2014, Walker merilis album penuhnya yang ketujuh, Afraid of Ghosts, pada tanggal 3 Februari 2015. Album ini diproduseri oleh Ryan Adams.

Pada bulan Juni 2016 diumumkan bahwa album mendatang Walker akan berjudul Stay Gold. Album ini dirilis pada 26 Agustus 2016, di Dangerbird Records di Amerika Serikat dan di Lojinx di Eropa. Album ini sekali lagi diproduseri sendiri oleh Walker, dengan lagu "Stay Gold", "East Coast Girl" dan "Descending" (menampilkan Ashley Monroe) yang dikeluarkan sebelum album dirilis.

Pada bulan Juli 2009, Butch Walker bekerja dengan Weezer di album mereka, Raditude. Walker menyebutkan bekerja dengan band selama sebuah wawancara radio dengan 99X. Walker ikut menulis dan memproduseri beberapa lagu di Raditude, termasuk single pertama, "If You’re Wondering If I Want You To... (I Want You To)", yang mencapai nomor dua di Modern Rock Chart.

Pada tahun 2007, Walker menjadi vokalis tamu pada album ketiga Fall Out Boy, Infinity on High, pada lagu "You're Crashing, but You're No Wave", dan ikut memproduseri lagu "Don't You Know Who I Think I Am?" dengan penyanyi Patrick Stump. Dia juga membuat cameo singkat dalam video untuk "This Ain't A Scene, It's An Arms Race".

Walker juga muncul di video The Academy Is ... untuk "Slow Down" dan "You've Got a Big Mess on Our Hands" serta video untuk "So What" oleh Pink. Dia juga ikut menulis lagu "Breaking" dan "Younglife", keduanya dibawakan dan ikut ditulis oleh Anberlin.

Walker juga bergabung dengan panel juri Independent Music Awards tahunan ke-9 untuk membantu karir musisi independen. Ia juga seorang hakim untuk Independent Music Awards Tahunan ke-8. Pada tahun 2008 Walker mendaftar untuk menilai kompetisi yang bernama Hot Pursuit milik Spin untuk menemukan band yang tidak memiliki kontrak untuk Epic Records/Original Signal yang berlangsung di Music Nation.

Pada Januari 2009, band post-hardcore Saosin memilih Walker untuk memproduseri album kedua mereka untuk Capitol Records.

Pada bulan Maret 2009, lagu "Open Happiness" memulai debutnya, sebuah usaha bisnis baru oleh Coca-Cola, ditulis oleh Walker, dan menampilkan Cee-Lo Green, Brendon Urie, Patrick Stump, Janelle Monáe dan Travis McCoy. Lagu ini memiliki sebuah versi cover Kanton oleh Joey Yung di album barunya, A Time For Us, dan dia juga sedang syuting iklan untuk Coca Cola dalam bahasa Cina.

Banyak dari lagu-lagunya telah menjadi hit untuk artis lain, termasuk SR-71, Avril Lavigne, Sevendust, Injected, The Donnas, Hot Hot Heat, American Hi-Fi, Default, Gob, Midtown, Puffy AmiYumi, Pink, Katy Perry, Pete Yorn, Quietdrive, All-American Rejects, The Academy Is ... , The Cab, Saosin, Never Shout Never, dan terakhir Weezer, New Politics, Fall Out Boy dan The Struts.

Dokumenter Out of Focus ditayangkan di Festival Film Nashville pada April 2012. Disutradarai oleh Shane Valdés dan Peter Harding, berfokus pada kehidupan dan musik milik Butch Walker. Pertunjukan Eropa pertama terjadi dalam konteks dari Oldenburg Filmfest, Jerman (Agustus 2012).

Saat masih anak-anak, Walker berjuang dengan disleksia yang tidak terdiagnosis. Ia juga mengalami masalah berat badan. Ketika dia lulus SMA, dia mengatakan bahwa beratnya 215 lbs tetapi kemudian turun menjadi 185 lbs. Pada bulan November 2007, Walker dan keluarganya kehilangan semua harta benda mereka, termasuk master untuk setiap lagu yang pernah ia rekam, ketika rumah Malibu yang ia sewa dari Flea dari Red Hot Chili Peppers terbakar sebagai akibat dari kebakaran di California Selatan. Ia memberi judul album berikutnya Sycamore Meadows dari nama jalan di rumah itu.

Butch Walker membagi waktunya antara Malibu, CA dan Nashville, TN.

Butch adalah seorang pendeta yang ditahbiskan di negara bagian Ohio. Pada sebuah konser 7 September di House of Blues di Cleveland, Ohio, Butch naik dari panggung dan ke kerumunan untuk menikahkan sebuah pasangan secara langsung sebelum akhir dari pertunjukan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...