Laman

Minggu, 11 November 2018

MIRANDA LAMBERT



Dilahirkan dengan nama Miranda Leigh Lambert pada 10 November 1983 di Longview, Texas, AS adalah seorang penyanyi dan penulis lagu Amerika. Pada tahun 2003, ia berakhir di tempat ketiga dari program televisi Nashville Star, kompetisi menyanyi yang disiarkan di USA Network. Di luar karier solonya, ia adalah anggota dari Pistol Annies bersama Ashley Monroe dan Angaleena Presley. Lambert telah dianugerahi oleh Grammy Awards, Academy of Country Music Awards, dan Country Music Association Awards.


Miranda lahir dari Rick dan Bev (née Hughes) Lambert dan dibesarkan di Lindale, Texas. Dia dinamai dari nenek buyutnya, Lucy Miranda. Ia memiliki satu adik laki-laki, Luke Lambert. Ia memiliki keturunan Inggris, Irlandia, dan penduduk asli Amerika.

Orang tuanya bertemu ketika Bev menghadiri perkemahan di Southern Methodist University, dan Rick adalah seorang petugas narkotika yang menyamar di kampus, dan mereka berkumpul beberapa tahun kemudian. Rick adalah mantan perwira polisi Dallas yang bermain di grup rock country bernama Contraband pada tahun 1970-an. Rick dan Bev kemudian menjadi detektif swasta, dan bahkan bekerja pada kasus profil tinggi dari impeachment dari Presiden Bill Clinton. Pada usia 6 tahun, Miranda mulai membantu dengan beberapa kasus. Setelah krisis minyak yang menewaskan ekonomi di Texas, keluarganya kehilangan segalanya.

Setelah penurunan, segalanya menjadi lebih baik dan orang tuanya memulai pelayanan berbasis agama dan menawarkan rumah mereka sebagai tempat berlindung bagi korban kekerasan dalam rumah tangga dan anak-anak mereka. Miranda mengatakan bahwa pengalaman ini memicu musiknya dan bahwa lagunya "Gunpowder & Lead" adalah cerminan dari itu.

Saat masih di SMA, Lambert membuat debut menyanyi profesionalnya dengan "The Texas Pride Band". Dia juga memimpin band rumah di Reo Palm Isle di Longview, Texas, tempat yang sudah berjalan lama yang telah menghadirkan legenda seperti Elvis Presley dan Willie Nelson, dan tempat di mana Brooks & Dunn memulai sebagai band rumah.

Pada usia 16, Lambert muncul di Johnnie High Country Music Revue di Arlington, Texas, pertunjukan bakat yang sama yang telah membantu meluncurkan karir dari LeAnn Rimes. Lambert kemudian memperoleh sesi rekaman di Nashville, Tennessee, tetapi meninggalkan studio setelah ia menjadi frustrasi dengan jenis musik "pop" yang disajikan kepadanya. Dia kembali ke Texas pada tahun 2000 dan meminta ayahnya untuk mengajarinya cara bermain gitar, sehingga dia bisa menulis lagu sendiri. 


Pada tahun 2002, Dusty Meador menyewa Miranda untuk tampil di restoran dan tempat musik country "Love And War in Texas" milik Tye Phelps. Miranda terus tampil di sekitar pembukaan Music Scene Texas untuk Cooder Graw, Kevin Fowler dan Jack Ingram. Pada tahun 2003 ia mengikuti audisi untuk kompetisi bakat Nashville Star, di mana ia meraih tempat ketiga di belakang Buddy Jewell dan John Arthur Martinez. Selama 9 minggu masa tinggalnya di Nashville Star Miranda menarik perhatian hakim acara dan eksekutif Sony Record, Tracy Gershon, yang kemudian meyakinkan label untuk mengontraknya ke label mereka.

Pada 15 September 2003, dia menandatangani kontrak dengan Epic Records. Single debutnya, "Me and Charlie Talking", ditulis bersama oleh ayahnya dan Heather Little, dirilis pada musim panas 2004 sebagai single utama untuk album debutnya, berjudul Kerosene. Album ini terdiri dari 12 lagu, 11 di antaranya dia menulis atau menulis bersama. Album ini debut di nomor satu di tangga album Billboard Top Country Album, dan akhirnya memperoleh sertifikasi Platinum oleh RIAA untuk pengiriman lebih dari satu juta kopi, terjual lebih dari 930.000 eksemplar hingga Juli 2008. Secara keseluruhan, album ini menghasilkan empat single Top 40 di tangga lagu country Billboard , termasuk judul lagu yang menjadi hit Top 20. Lambert juga melakukan tur dengan Keith Urban dan George Strait pada awal 2006. Pada tahun 2007, ia melakukan tur dengan Dierks Bentley dan Toby Keith.

Album kedua Lambert, Crazy Ex-Girlfriend, dirilis pada 9 Mei 2007. Dia menulis delapan dari 11 lagu dari album, termasuk empat single-nya. Sebagian besar lagu "Gunpowder & Lead," single ketiga album dan singel di chart tertingginya, ditulis saat ia mengambil kelas pistol tersembunyi di kota kelahirannya. Fady Joudah dari The New Yorker mengatakan album ini membuktikan "dia memiliki bakat dan karisma setara dengan Dolly Parton, keindahan pirang lain yang pernah diremehkan."

Pada tahun 2005, di Academy of Musik Country Awards ke-40 di Las Vegas, Lambert memenangkan Cover Girl "Fresh Face of Country Music Award". Dia juga dinominasikan untuk Horizon Award untuk Country Music Association pada tahun 2005; pada tahun 2007, Lambert juga menerima nominasi Grammy Award untuk Best Female Country Vocal Performance untuk single "Kerosene". Dia juga memenangkan penghargaan Top New Female Vocalist pada ACM (Academy of Country Music) Awards 2007. Pada ACM (Academy of Country Music) Awards 2008, Crazy Ex-Girlfriend memenangkan Album of the Year.

Lambert merilis album ketiganya, Revolution, pada 29 September 2009. Dia ikut menulis 11 dari 15 lagu album; album ini juga menampilkan andil menulis dari Dave Haywood dan Charles Kelley dari Lady Antebellum dan Blake Shelton. 


Revolution menerima pujian kritis yang signifikan pada perilisannya. Pada Metacritic, yang memberikan peringkat yang dinormalisasi dari 100 untuk ulasan dari kritik utama, album ini menerima skor rata - rata 85, berdasarkan 11 ulasan, yang menunjukkan "pengakuan universal". Majalah Rolling Stone memuji album yang mengatakan, "Lambert tetap menjadi tindakan paling menyegarkan di negara itu, dan bukan hanya karena dia membuat senjata api tampak seperti aksesori wanita biasa." Entertainment Weekly berkata, "Dia menemukan corak dari pencipta lagu dua kali umurnya ..." dan albumnya adalah "... sebuah potret seorang artis yang memiliki kekuatan penuh, dan album arus utama terbaik sejauh ini tahun ini." Boston Globe berkomentar bahwa "Revolution" adalah suara dari Miranda Lambert datang ke dalam dirinya sendiri. " Majalah Slant memuji album tersebut dengan mengatakan, "Miranda Lambert mengembangkan kepribadian artistiknya secara penuh ...”

Lambert memulai debutnya single barunya, "Dead Flowers", di Academy of Country Music Awards ke-44 pada 5 April 2009. Album ini dirilis pada 4 Mei 2009, dan merupakan hit Top 40 minor di tangga lagu. Single kedua album, "White Liar", dirilis pada 17 Agustus 2009, dan memulai debutnya di No. 50 di tangga lagu US Billboard Hot Country Songs. Pada bulan Februari 2010, "White Liar" menjadi hit Top Five pertama milik Lambert, mencapai puncak No. 2 di tangga lagu US Billboard Hot Country Songs.

The House That Built Me, single ketiga dari album ini, dirilis pada tanggal 8 Maret 2010 dan menjadi No. 1 di tangga lagu US Billboard Hot Country Songs. Lagu ini bertahan di sana selama empat minggu, dan menerima sertifikasi platinum dari RIAA pada tanggal 8 Juli 2010. "Only Prettier" mengikuti sebagai single keempat album pada bulan Juli 2010 dan video musik yang menyertainya menjadi viral. Video musik untuk "Only Prettier" menampilkan penampilan cameo oleh sesama seniman country Kellie Pickler, Laura Bell Bundy, dan Hillary Scott dari Lady Antebellum. Pada bulan Desember 2010, "Only Prettier" mencapai puncak nomor 12 di chart US Billboard Hot Country Songs, memberikan Lambert hit Top 20 ketujuhnya. "Heart Like Mine" dirilis pada Januari 2011 sebagai single kelima dan terakhir dari Revolution. Ini menjadi hit nomor Satu kedua milik Lambert di chart country untuk grafik tanggal 28 Mei 2011.

Dalam promosi dari Revolution, Lambert meluncurkan tur penampilan utama; Roadside Bars & Pink Guitars pada Maret 2010, dengan perhentian di 22 kota dan pertunjukan di Bonnaroo Music Festival.

Pada tanggal 1 September 2010, diumumkan bahwa Lambert telah menerima 9 nominasi penghargaan rekaman CMA. Dia tampil di Annual Country Music Association Awards ke-44 pada 10 November 2010. Dia memenangkan CMA Award for Female Vocalist of the Year, dan Revolution-nya memenangkan Album of the Year. Lambert dan Sheryl Crow membawakan "Coal Miner's Daughter" sebagai penghormatan kepada legenda country Loretta Lynn, yang juga memasuki panggung untuk bergabung dengan mereka dan menyelesaikan lagu dengan Crow dan Lambert sebagai pendukung. Malam itu, Lynn mempersembahkan penghargaan Female Vocalist of the Year CMA kepada Lambert. Pada 13 Februari 2011, Lambert memenangkan sebuah Grammy Award dalam kategori Best Female Country Vocal Performance untuk "The House That Built Me." 


Pada tanggal 4 April 2011, selama perekaman dari televisis khusus ‘Girls’ Night Out' dari Academy of Country Music di Las Vegas Lambert memulai debut proyek barunya, girl group Pistol Annies. Kelompok ini terdiri dari Lambert, Ashley Monroe, dan Angaleena Presley. Mereka merilis single mereka, "Hell on Heels," pada Mei 2011, dan merilis album debut mereka, Hell on Heels, pada 23 Agustus 2011, yang memulai debutnya di No 1 di chart country dari Billboard. Sasha Frere-Jones dari The New Yorker mengatakan trio ini "cukup bagus untuk mengingat saat-saat transenden dari vokal harmoni, yang digunakan Dixie Chicks untuk menadapatkan hit setiap beberapa bulan."

Album studio keempat milik Lambert, Four the Record, dirilis pada tanggal 1 November 2011; album pertamanya untuk RCA Nashville, setelah Sony Music Nashville mengumumkan restrukturisasi perusahaan. Four the Record menghasilkan lima single: "Baggage Claim", "Over You", "Fastest Girl in Town", "Mama's Broken Heart", dan "All Kinds of Kinds". "Over You", yang ditulis bersama Lambert dan Shelton, mencapai nomor 1 pada awal 2012.

Pada 8 Februari 2012, Lambert melakukan debut aktingnya di drama hukum milik NBC yang sudah lama berjalan, Law & Order: Special Victims Unit dalam sebuah sebuah episode berjudul "Father's Shadow". Lambert kemudian mengatakan kepada CMT News bahwa dia adalah penggemar berat dari pertunjukan ini: "Saya tidak pernah ingin berakting. Saya masih tidak ingin. Saya tidak ingin menjadi seorang aktris. Saya hanya ingin berada di pertunjukan itu agar saya bisa menjadi seorang groupie [untuk tanda tangan mereka]."

Akhir tahun 2012, Lambert muncul di album Natal milik Shelton Cheers, It's Christmas, di mana ia berkontribusi vokal tamu pada sebuah versi dari "Jingle Bell Rock". Soundtrack ini dirilis pada tanggal 2 Oktober 2012. Pada tanggal 23 Oktober 2012, Lambert dan Dierks Bentley mengumumkan tur 33 pertunjukan bersama Locked & Reloaded, dimulai pada 17 Januari 2013.

Pada 7 Mei 2013, album Pistol Annies kedua, Annie Up, dirilis. Album ini menghasilkan entri chart country pertama kelompok ini dengan "Hush Hush". The Pistol Annies juga merupakan salah satu dari banyak aksi yang ditampilkan pada single 2013 milik Blake Shelton "Boys 'Round Here", yang menjadi nomor 1 di Country Airplay. Mereka sebelumnya telah menemani Shelton membawakan sebuah rendisi dari "Blue Christmas" di Cheers, It’s Christmas.

"Automatic," single utama dari album studio kelima milik Lambert, Platinum, dirilis pada 5 Februari 2014, untuk mendapatkan pujian dari kritikus musik. Album ini, berisi 16 lagu, dirilis pada 3 Juni 2014. Single kedua album ini, "Somethin' Bad", berduet dengan Carrie Underwood dan memulai debutnya di 2014 Billboard Music Awards pada 18 Mei. Single ketiga album, "Little Red Wagon", dirilis ke radio country pada 12 Januari 2015. Single keempat album, "Smokin' andd Drinkin'" dirilis ke radio country pada 22 Juni 2015. 


Pada Maret 2016, Lambert membuat penampilan pertamanya di luar AS dan Kanada sebagai salah satu penampilan utama dari C2C: Country to Country, festival musik country terbesar di Eropa, yang memperlihatkan Lambert bermain di Inggris, Skotlandia dan Irlandia bersama Dwight Yoakam, Thomas Rhett dan Ashley Monroe. Pada 18 Juli 2016, Lambert merilis "Vice" ke radio dan digital outlet country. Ditulis oleh Lambert, Shane McAnally dan Josh Osborne, itu adalah lagu pertamanya yang dirilis sejak Platinum. Pada bulan September, Lambert mengumumkan album studio keenamnya, The Weight of These Wings, yang dirilis pada 18 November 2016. Dia terpilih sebagai salah satu dari 30 artis untuk tampil di Forever Country, sebuah lagu mash-up dari "Take Me Home, Country Roads", "On the Road Again" dan "I Will Always Love You" yang merayakan 50 tahun dari CMA Awards. Tak lama setelah perilisan dari The Weight of These Wings, Highway Vagabond Tour diumumkan dan dimulai pada 24 Januari 2017. Ini akan menjadi pertunjukan langsung pertama milik Lambert karena dia diberi istirahat vokal yang diwajibkan dan dipaksa untuk membatalkan Keeper of the Flame Tour pada tahun 2016. Tur ini akan mencakup Amerika Serikat, Kanada dan akan menjadi pertunjukan solo pertamanya di Eropa, memperlihatkan dia kembali ke Inggris, Irlandia, Skotlandia dan, untuk pertama kalinya, Belanda.

Pada tahun 2009, Lambert dan dua penyanyi lainnya, menjadi wajah baru dari kampanye dari Cotton Inc., The Touch, The Feel of Cotton. Dia telah muncul di iklan untuk mempromosikan katun, dan situs webnya menampilkan unduhan gratis dari versi lengkap dari lagunya, "Fabric of My Life."

Pada bulan Desember 2014, jajaran sepatu dan sepatu bot milik Lambert dirilis di DSW. Pada bulan November 2014, kemitraan Lambert dengan truk Chrysler’s Ram diumumkan. Di bawah kemitraan ini, Ram memberi Lambert 1500 Laramie Longhorn yang disesuaikan yang dilelang, dengan hasilnya diberikan ke ke Lambert's Muttnation Foundation yang mengikat kehidupan bagi hewan-hewan dilindungi. 


Pada tahun 2009, Lambert membuka MuttNation Foundation, bersama ibunya, Bev. Organisasi ini berfokus pada penyelamatan hewan dan tempat penampungan, dan Lambert telah menjadi vokal tentang penyebabnya karena sangat dekat dengan hatinya. Masalah inti yang MuttNation kerjakan adalah:
  • Adopsi drives - dilakukan oleh Lambert di konsernya, penghargaan musik CMA, dan Grand Ole Opry
  • Fill the little red wagon - melakukan donasi
  • Keadaan khusus - bantuan bencana darurat atau kasus penimbunan
  • Causes for the Paws - konser penggalangan dana tahunan
  • Mutts Across America - menyediakan dana dan dukungan ke tempat penampungan di seluruh 50 negara bagian AS.
  • Ran’s Animal Care Express - transportasi hewan peliharaan
  • Mutt March - sebuah 5k tahunan dengan hasil akan diberikan ke MuttNation
Pada tahun 2017, setelah kehancuran oleh Hurricane Harvey, MuttNation menyelamatkan puluhan hewan sebagai bagian dari tujuan darurat/bencana alam.

Pada tahun 2014, Lambert membuka Redemption Ranch, tempat penampungan di Tishomingo, Oklahoma, kota kelahirannya di mana dia tinggal bersama Shelton.

Pada tahun 2016, Lambert membayar $3,4 juta untuk pertanian seluas 400 hektar plus, dengan tiga tempat tinggal, dekat Primm Springs, Tennessee. Setelah bercerai, Lambert juga mempertahankan kepemilikan sebuah rumah di pinggiran kota di Nashville, Tennessee, dibeli pada tahun 2013 seharga $2.258 juta.

Pada tahun 2006, Lambert mulai berkencan dengan penyanyi Blake Shelton. Mereka bertunangan pada Mei 2010 dan menikah pada 14 Mei 2011, di Don Strange Ranch di Boerne, Texas. Pada 20 Juli 2015, pasangan itu mengumumkan bahwa mereka bercerai setelah empat tahun menikah. 


Pada Desember 2015, dikonfirmasi bahwa Lambert mengencani penyanyi R&B Anderson East; mereka bertemu di Live on the Green Music Festival di Nashville pada bulan September tahun itu. Pada bulan April 2018, dikonfirmasi bahwa Lambert dan East telah putus bulan sebelumnya setelah dua tahun berpacaran. Lambert mulai berpacaran dengan pentolan Turnpike Troubadours, Evan Felker, pada Februari 2018. Istrinya yang ditinggalkan, Staci, menuduh bahwa Felker meninggalkannya tiba-tiba untuk bersama Lambert. Mereka putus pada Agustus 2018.

Pada April 2018 Lambert memenangkan ACM Award untuk Female Vocalist of the Year untuk tahun kesembilan berturut-turut, melebihi Reba McEntire sebagai yang paling banyak diberikan dalam kategori tahun lalu pada tahun 2017. Pada bulan November 2015 ia menjadi wanita pertama yang memenangkan Album of the Year milik Country Music Association Awards dua kali. Dia telah memenangkan dua Grammy Awards dari enam belas nominasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...