Laman

Senin, 26 November 2018

AMY GRANT



Lahir pada 25 November 1960, di Augusta, Georgia. Grant membantu merevolusi musik Kristen kontemporer. Dia dibesarkan di Nashville, Tennessee, dalam keluarga religius yang erat. Di gereja itulah Grant dihadapkan pada nyanyian pujian dan kisah-kisah Kristen yang akan mempengaruhi pekerjaannya.

Saat masih remaja, Grant belajar sendiri cara bermain gitar dan bekerja paruh waktu di sebuah studio rekaman. Dia membuat rekaman musik untuk orangtuanya, yang telah ditemukan oleh produser dengan Word Records, sebuah label musik Kristen. Ini menyebabkan kontrak rekaman, dan album pertamanya dirilis pada tahun 1977. Album self-titled adalah sebuah kesuksesan besar di dunia musik Kristen. Dengan gayanya yang unik, Grant memetakan wilayah baru. Dia menggabungkan unsur-unsur dari genre gospel, himne, dan musik Yesus yang ada — yang menggunakan musik rock untuk menyampaikan ajaran Kristen — untuk menciptakan suara baru yang segar, tidak didengar sebelumnya. Lagu-lagunya sering sangat pribadi serta mencerminkan keyakinan spiritualnya.

Grant terus rekaman dan tampil di seluruh sekolah menengah dan perguruan tinggi. Setelah beberapa tahun di Furman University, dia dipindahkan tetapi akhirnya keluar dari Vanderbilt University untuk mengejar karirnya secara penuh waktu. Grant bertemu penulis lagu Gary Chapman saat membuat My Father's Eyes (1979) dan dia bergabung dengannya dalam tur sebagai pembuka untuk album Never Alone (1980). Pasangan ini menikah pada tahun 1982. Pada tahun yang sama, ia merilis Age to Age, yang menerima banyak penghargaan kritis. Ini memenangkan Grammy Award untuk Best Gospel Performance — milik Grant yang pertama. Dia juga menerima beberapa Dove Awards dari Gospel Music Association (GMA), termasuk untuk Performer of the Year.

Dengan album 1985 Unguarded, suara Grant mulai berubah. Sebagian besar musiknya memiliki elemen rock yang lembut, tetapi rilisan ini terdengar lebih mirip dengan rekaman pop mainstream. Kenyataannya, Grant mendapatkan kesuksesan crossover pertamanya di tangga lagu pop dengan lagu "Find a Way." Dia bahkan memiliki video musik untuk lagu ini yang diputar di MTV. Tetapi tidak semua orang menghargai keberhasilan barunya. Lirik di album ini memiliki sedikit referensi religius langsung, yang membuat kesal sebagian di komunitas musik Kristen.

Grant menemukan lebih banyak kesuksesan mainstream dengan album Heart in Motion (1991), yang menampilkan lagu "Baby, Baby." Ini mencapai nomor satu di tangga lagu Billboard. Grant menemukan inspirasi untuk lagu tersebut dalam kelahiran putri pertamanya, tetapi video untuk lagu tersebut menggambarkannya sebagai lagu romantis. Video dan album ini menciptakan kegemparan dengan beberapa penggemar dan kritikus Grant. Mereka mengklaim bahwa dia lagi-lagi meninggalkan akar injilnya sebagai bintang pop. 


Pada rilis berikutnya, House of Love (1994), Grant menyanyikan beberapa lagu cinta serta lagu-lagu yang mencerminkan pengabdiannya kepada Tuhan. Album ini menampilkan duet dengan Vince Gill, seorang pemain musik country terkenal, di trek judul, yang mencetak posisi tinggi di tangga lagu pop dan dewasa kontemporer. Sebuah cover dari lagu Joni Mitchell "Big Yellow Taxi" dan komposisinya "Lucky One" juga menemukan kesuksesan tangga lagu.

Grant mengalami masa pergolakan pribadi di akhir 1990-an. Penderitaannya tampak pada Behind the Eyes rilisan 1997. Grant yang biasanya optimis tampak lebih cengeng kali ini pada lagu seperti "Cry a River," "Missing You," dan "The Feeling I Had." Tidak lama setelah album ini, berita dari perceraian Grant yang akan datang dari suaminya selama 16 tahun pecah.

Grant mengakhiri tahun 1990-an dengan bercabang secara profesional, berakting di film televisi 1999 A Song from the Heart, di mana dia memainkan seorang guru musik tuna netra. Dia juga membuat perubahan lain dalam hidupnya saat ini. Dia menikahi Vince Gill pada tahun 2000, dan setahun kemudian, pasangan itu memiliki seorang anak perempuan bernama Corrina Grant Gill. Corrina adalah anak keempat Grant; dia memiliki tiga anak dari pernikahan pertamanya: Matthew Garrison, Gloria Mills “Millie,” dan Sarah Cannon. Sejak menikah, Grant dan Gill terus bekerja sama dalam sejumlah proyek. Gill bertindak sebagai produser di albumnya Legacy . . . Hymns & Faith rilisan 2002 dan pasangan itu menyanyikan duet yang berjudul "Beautiful" di Simple Things rilisan 2003.

Kemudian Grant merilis album-album: Rock of Ages... HYmns and Faith (2005), Somewhere Down the Road (2010), How Mercy Looks from Here (2013) dan Tennessee Christmas (2016). 


Selama karirnya yang panjang, Grant telah memenangkan banyak penghargaan, termasuk 6 Penghargaan Grammy dan lebih dari 20 Penghargaan Dove. Kemenangan Grammy terbarunya adalah untuk Best Southern, Country, or Bluegrass Gospel Album untuk Rock of Ages. . . Hymns & Faith (2005). Rekaman yang sama ini memenangkan Penghargaan Dove untuk Inspirasional Album of the Year di tahun 2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...