Laman

Sabtu, 24 November 2018

LANCE KING



Dilahirkan dengan nama Lance Thomas King pada 23 November 1962 adalah vokalis heavy metal Amerika yang berspesialisasi dalam musik melodic rock progresif dan power metal. Lance telah bernyanyi dengan banyak kelompok selama 35 tahun terakhir dan memulai label rekaman Nightmare pada tahun 1990 untuk merilis musiknya sendiri dan saat ini masih berada di pucuk pimpinan dari label itu.


Sebagai seorang musisi yang tampil sejak tahun 1981, King telah menyanyi dengan banyak band dalam karirnya, pada musim panas tahun 1981 setelah ia lulus SMA di Winona, MN, King diminta oleh beberapa teman musisi yang pernah ia temui di masa lalu untuk bergabung dengan band klub akhir pekan kecil yang bernama "The News". Band ini berfokus terutama pada lagu cover rock Kanada dan setelah beberapa pertunjukan mereka memutuskan untuk mengubah nama band menjadi "Freelance". Selama lima tahun dengan band (1981-1986), Freelance mulai bermain di bar lokal pada akhir pekan, hampir setiap akhir pekan, kemudian band ini menjangkau agen bakat di Twin Cities dan band mulai bermain lebih jauh dan lebih luas, pada 1983 mereka sedang melakukan pertunjukan klub, dari British Columbia, dan Idaho ke Michigan di sebuah bus sekolah tua yang telah mereka renovasi dan dijuluki "kendaraan penghinaan perkotaan" sebagian besar karena fakta bahwa mereka hanya melukisnya abu-abu primer sehingga bukan bus sekolah kuning lagi. Freelance membuat 10 lagu dari materi orisinal dan memainkannya secara langsung, tetapi tidak pernah merekamnya dengan baik dan karenanya hilang tidak berbekas. 


Pada tahun 1986 ketika Freelance mulai berantakan, King bergabung dengan sebuah band berbasis Rochester, MN, Gemini. Gemini telah memainkan rangkaian klub dan ballroom di daerah tri-state Minnesota, Iowa dan Wisconsin selama lebih dari sepuluh tahun ketika King bergabung pada tahun 1986. Mereka adalah band cover yang bermain sebagai gelombang baru karena mereka adalah band rock, setelah setahun King memberikan ultimatum pada band, entah mereka mulai menulis lagu dan mencoba pindah ke tingkat berikutnya atau King berpindah ke sesuatu yang lain. Setelah sedikit memainkan pengaruh, King berhasil menjadi kekuatan pendorong di band dan pada tahun 1988 mereka mulai memasuki klub-klub di pasar Minneapolis dan Saint Paul, akhirnya menurunkan juara klub yang bertahan di hari itu di kamar-kamar utama "The Mirage" dan "Iron Horse" sementara juga bermain di banyak ruangan lain. Gemini sangat luar biasa dengan kehadiran mereka, biasanya antara 700-1000 orang semalam di acara mereka, bermain lebih dari 250 pertunjukan setahun, mereka mulai memiliki label besar yang datang ke pertunjukan. Band ini didekati oleh label dan manajer tetapi tidak ada yang solid yang pernah ditawarkan oleh label besar karena band ini hanya memiliki beberapa lagu asli pada saat itu. Para manajer yang mengontrak King dianggap tidak layak oleh band. Jadi, Gemini terus memainkan pertunjukkan dan menulis di klub selama hari-hari itu, menguji materi baru pada kerumunan orang pada malam hari, dan setiap bulan cukup menghemat untuk merekam beberapa lagu baru mereka yang mereka rasakan cukup kuat. Pada tahun 1990 band ini telah merilis album self-titled, dengan biaya sendiri dan diproduseri sendiri pada label rekaman Nightmare milik King sendiri ... "Coming Home" diambil oleh stasiun lokal 93X dan stasiun radio bajakan Z-Rock, stasiun radio pasukan di Irak selama operasi Desert Storm serta beberapa stasiun siaran regional dari Minnesota dan Iowa. Band ini mulai memperluas pertunjukan mereka dengan bermain di pasar utama di Kansas City, Chicago, Milwaukee, Winnipeg dan semua poin di tengah-tengah dalam upaya untuk membangun. Line up memiliki perubahan lineup terus menerus dari gitaris kedua, drummer, dan bassis, satu-satunya konsistensi adalah King dan gitaris Rob Kruger. Rob dan Lance beralih dari vokal, gitar, dan keyboard selama pertunjukan band tiga jam. Pada tahun 1992 Gemini merilis album kedua Out for Blood. Dengan jadwal yang menuntut untuk memainkan begitu banyak pertunjukan secara konsisten selama beberapa tahun terakhir, band ini menyalahkan satu sama lain karena terlalu banyak bahan kimia dan kurang tidur. Pada tahun 1993 King pergi untuk memulai bandnya sendiri "The Kings Machine".

Segera King mulai mengaudisi pemain pada tahun 1993 untuk proyek solo barunya "The Kings Machine", bergabung dengan mantan gitaris "Touched" Dave Barilla. Dipersenjatai dengan empat lagu dan kelaparan, keduanya menulis lebih dari 15 lagu sebelum menemukan pemain yang cocok; drummer Todd Silverstone dan bassist/keyboardist Brian Hollenbeck. Band yang baru terbentuk segera menemukan diri mereka membuka untuk ikon-ikon rock seperti David Lee Roth, Great White, Slaughter dan Cinderella dan merilis EP empat lagu yang berjudul "sampler plate EP" pada awal tahun 1994. Band ini merekam rekaman digital 24 track dengan bidikan multi-kamera untuk acara TV kabel rock lokal yang bernama "On the Rocks", yang diproduksi oleh engineer FOH terkenal, Sandy Marks. Tak lama sebelum rekaman dimulai untuk album utuh pertama milik band, drummer Todd Silverstone meninggalkan grup untuk bergabung dengan mantan vokalis TOTO Fergie Frederiksen. Silverstone digantikan dua minggu sebelum band ini masuk ke studio untuk merekam album 1995 "A State of Mind" dengan drummer Brian Waterman. King merekam rilisan utuh pertama milik band ini di studio rumahnya dengan baik sebagai engineer dan produser. Band ini juga merekam materi album utuh lainnya yang belum pernah diedarkan di luar pertunjukan langsung. Setelah beberapa perubahan lineup besar TKM telah dikonfigurasikan menjadi cover band yang dimuliakan dan bubar ketika King melakukan tur di Eropa dengan Balance of Power pada tahun 2000.

Pada tahun 1997 King diminta untuk mendemonstrasikan beberapa lagu untuk band Inggris Balance of Power. Balance of Power telah merilis satu album "When the World Falls Down" pada tahun 1996 melalui Point Music/Metal Heaven ke Eropa dan melalui Pony/Canyon Jepang. Band ini mendapatkan kemajuan yang bagus dari masing-masing label yang berjumlah $50.000 plus penerbitan. Band menawarkan kepada King biaya mingguan sebesar $1500 seminggu untuk merekam dan tur ditambah royalti dan pengeluaran penampilan, dan King berkata ya!. Band ini segera menerbangkan King ke London, Inggris dan mereka merekam semua vokal untuk album kedua mereka "Book of Secrets" dalam waktu sepuluh hari. Ini adalah perubahan yang cukup untuk Balance Power karena mereka baru saja mengganti gitaris mereka Paul Curtis dengan Pete Southern, dan arahnya menjadi jauh lebih berat dan lebih progresif dengan King dan Southern dalam formasi, membawa band jauh dari akar AOR mereka. Band ini mempekerjakan "the voice of BBC Rob Brown" untuk segmen narasi pada album konsep dan drummer/produser Lional Hicks terbang ke Minneapolis untuk mencampur album dengan King, karena dia menyukai apa yang telah dilakukan Lance dengan pencampuran demo. Mereka mencampur album di studio rekaman Logic dimana King telah menggabungkan rekeman Gemini pertama dengan Brian Bart membantu di formasi. 


Kedua Label menyukai perubahan, dan begitu pula media dan para penggemar. "Book of Secrets" mendapatkan nilai yang sangat tinggi di semua ulasan mendapatkan "album of the month" dan bahkan menjadi sampul di beberapa majalah terbesar di Eropa. Di Jepang, Burrn Magazine menempatkan Lance King sebagai vokalis terbaik #1 di Rock/Metal untuk tahun 1998. Band ini bersemangat dan ditawari tur bersama Bruce Dickinson karena band Dickinson berbagi bassis Chris Dale dengan Balance of Power. Namun King tidak mengetahui tentang peluang sampai setelah fakta, karena salah satu anggota di Balance of Power menolak tur karena alasan pribadi. Jadi band segera fokus pada penulisan album ketiga mereka "Ten More Tales ..." dengan King lagi terbang dari Minneapolis/St. Paul, Minnesota ke London, Inggris untuk merekam bagian-bagiannya, kali ini hanya dalam tujuh hari. Lagi Hicks terbang keluar untuk mencampur rekaman dengan King dan kali ini mereka memilih untuk bekerja di OarFin Studio pusat kota Minneapolis dengan telinga emas dari engineer rumah Todd Fitzgerald. Band ini membuat kesepakatan dengan King untuk merilis "Book of Secrets" dan "Ten More Tales ..." ke Amerika Utara melalui Nightmare dan "Ten More Tales of Grand Illusion" dirilis secara bersamaan ke Eropa, Jepang dan Amerika Utara. pada musim semi 1999.

Sebuah slot pembukaan tur Eropa ditawarkan untuk Balance of Power dengan co-headliners "Axis" dan "Pink Cream 69" dan pada musim panas tahun 2000 band ini melakukan tur secara ekstensif. Kemudian pada album keempat yang berjudul "Perfect Balance", album ini lagi-lagi memiliki semua rekaman pra-produksi yang terjadi di London di studio POD Lionel Hicks, tapi kali ini, seluruh band terbang ke studio rumah Lance King di mana dia dan penyanyi asli, bassis Tony Ritchie yang kini kembali merekam semua vokal untuk album Perfect Balance, setelah itu Hicks dan King kembali mencampur dan membuat master album dengan Fitzgerald di OarFin. Perfect Balance dirilis pada tahun 2001. Chris Beck, dari majalah HM menyebutnya sebagai "album superior dalam hampir segala hal" ketika membandingkannya dengan upaya band sebelumnya. Dia juga mengatakan album "memiliki nyanyian, musik dan produksi yang sangat baik".

Pada tahun 2003, band ini berpisah dengan penyanyi Lance King setelah beberapa ketidaksepakatan. Dalam sebuah wawancara dengan majalah HM, King mengatakan bahwa "sayangnya kami tidak dapat bekerja sama lagi - beberapa bisnis, dan sebagian dari itu pribadi, terutama karena King bukan bagian dari "perusahaan" band." Gitaris Pete Southern berkata di lain wawancara bahwa kepergian Lance adalah "tidak pernah tentang musik", tetapi menghubungkannya dengan "sisi bisnis" hubungan mereka. Pada Juni 2003, mereka merekrut penyanyi John K, dari Biomechanical dan merilis album Heathen Machine yang pergi setelah satu album dan sebuah tur singkat.

Pada tahun 2005, band ini merilis kompilasi pertama dari hits mereka, berjudul Heathenology. Paket ini termasuk DVD dengan cuplikan langsung dari band, ditambah koleksi lagu dari album sebelumnya yang menampilkan banyak pertunjukan King baik video maupun rekaman. 


Pyramaze dibentuk pada tahun 2001 oleh gitaris Michael Kammeyer. Selanjutnya untuk bergabung adalah sesama Denmark drummer Morten Sørensen (Wuthering Heights) dan bassis Niels Kvist. Keyboardis Amerika Jonah Weingarten, yang awalnya bertemu dengan Kammeyer melalui Internet, bergabung berikutnya. Band ini kemudian mencari penyanyi. Setelah mendengarkan banyak demo, band ini memilih Lance King untuk menjadi vokalis utama mereka. King merekam semua vokalnya sendiri dari studio pribadinya dan mengirim trek digital ke produser band Jacob Hansen di Denmark melalui internet pada tahun 2003 di mana Kammeyer dan Hansen mencampur dan membuat master dua album Pyramaze pertama "Melancholy Beast" dan "Legend of the Bone Carver" . Pertunjukan live pertama band berlangsung pada 23 dan 24 April 2004 di Minneapolis, Minnesota. Mereka merilis album studio debut mereka, Melancholy Beast, pada Mei 2004 dan diikuti dengan tur Eropa selama musim panas 2004. Selama waktu ini, gitaris Denmark, Toke Skjønnemand bergabung dengan grup tersebut. Pada bulan Februari 2006, band ini merilis album kedua mereka, "Legend of the Bone Carver", sebuah album konsep yang diterima dengan sangat baik oleh media metal dan penggemar di seluruh dunia. Band ini melakukan beberapa pertunjukan pemanasan klub dan kemudian festival besar di Denmark, Prancis, Inggris, dan Jerman. Pada tanggal 15 September 2006, band ini tampil di festival ProgPower USA VII di Atlanta, Georgia. Tak lama setelah pertunjukan itu, pada 9 November 2006, King mengirimkan siaran pers yang mengatakan bahwa dia dan band itu berpisah. Pada tanggal 14 April 2007, mantan vokalis Iced Earth Matt Barlow kembali ke kancah metal sebagai penyanyi baru dari Pyramaze. Pada 11 Desember 2007, Jon Schaffer mengumumkan di situs Web-nya bahwa Barlow telah bergabung kembali dengan Iced Earth. Barlow selesai merekam Immortal dengan Pyramaze sebelum pergi untuk bekerja hanya dengan Iced Earth.

Pada tanggal 31 Juni 2011, King mengaransemen secara konsep sebuah album konsep berdasarkan hidupnya dan fenomena waktu cepat 11:11, mengirim email ide-idenya dan demo kasar dari lagu-lagu yang dia buat untuk musisi yang diinginkannya untuk ditulis bersama. Hanya dalam waktu tiga bulan, dengan bantuan dari teman-teman, sejawat dan rekan bisnis Jacob Hansen (Beyond Twilight, Invocator & Anubis Gate), Kim Olesen (Anubis gate), Michael Harris (Darkology, Thought Chamber), Tore St Moren (Jørn), Fred Colombo (Spheric Universe Experience), Markus Sigfridsson (Darkwater & Harmony), Kevin Codfert (Adagio), Michael Hansen & Shane Dhiman (Phonomik), Morten Gade Sørensen (Pyramaze, Wuthering Heights), Elyes Bouchoucha, Malek Ben Arbia, dan Anis Jouini (Myrath), Mistheria (Bruce Dickinson), dan banyak lainnya, album, yang berjudul A Moment in Chiros dari retorika Kairos Moment of Greek dan teologi Kristen, ditulis dan direkam dalam tiga bulan yang singkat. Lagu ini dirilis melalui Nightmare Records melalui Sony/Red ke Amerika Utara pada 7 November 2011 (meskipun awalnya ditujukan untuk 11 November 2011 sebagai pelengkap dengan judul album), dan didistribusikan secara digital dan fisik ke seluruh dunia oleh mitra distribusi dari Nightmare Records pada 11/11/11. $1,11 dari setiap penjualan dari A Moment in Chiros akan mendukung upaya memerangi perdagangan manusia, salah satu kegiatan kriminal yang paling cepat berkembang di seluruh dunia, melalui sebuah organisasi bernama NOT FOR SALE. 


Pada tahun 2015 King akan mulai bekerja pada album solo kedua, ia ingin kembali melakukan pertunjukan live lagi, hiatusnya dari panggung dimulai pada awal musim gugur 2010 setelah hampir 30 tahun pertunjukan live.

Proyek sampingan King antara lain:

Empire - sebuah band hard rock Jerman yang menampilkan anggota dari Whitesnake, Black Sabbath, Hammerfall and Rainbow (2001)

Defyance - American Progressive Metal (2002)

Mattsson -Power Games Finish Progressive Metal (2003)

Shining Star - Brazilian Melodic Hard Rock (2003–05)

Avian - American Power Metal menampilkan bassis Megadeth David Ellefson (2005–10)

Decibel - band cover hard rock berbasis Twin Cities (2000-10)

Krucible - American Progressive Metal (2007–10)

Lance King telah memproduseri katalog besar materi asli selama bertahun-tahun yang dirilis melalui banyak perusahaan rekaman yang berbeda di seluruh dunia meliputi, Pony Canyon-Jepang, Point Music-Jerman, Massacre-Jerman, King-Jepang, Replica-France, Melodic Heaven- Korea Selatan, Metal Heaven-Germany, Avalon/Marquee-Jepang, Toshiba/EMI-Jepang, Rubicon-Jepang, Advantage-Brazil, Frontline Rock-Brazil, Silent- Brazil, CD Maximum-Russia dan tentu saja labelnya sendiri di Amerika Utara Nightmare Records.

Pada tahun 1990, King mendirikan Nightmare Records berbasis St Paul, Minnesota, yang berspesialisasi dalam hard rock, progresif metal, dan power metal dan memiliki banyak pilihan dari band-band dan artis-artis positive metal, spritual dan christian band dari seluruh dunia. Nightmare memiliki lisensi 100 seniman dan telah mendistribusikan ribuan rilisan selama bertahun-tahun. King mendirikan label awalnya untuk merilis album self-titled milik Gemini, tidak ingin menyerahkan semua hak dan lisensi kreatif ke banyak label besar dan manajer yang ditemuinya pada akhir 1980-an.

Pada tahun 2008, Lance mulai melakukan acara radio satu jam yang berjudul The Sunday Hour of Progressive Power pada hari Minggu yang disiarkan dari Norwegia di MetalExpressRadio.com, tidak lama setelah ia memiliki sepuluh stasiun lain, beberapa internet, dan beberapa siaran menambahkan pertunjukan dan itu menjadi sindikasi dan nama acara diubah menjadi "The Stellar Hour of Progressive Power" karena secara efektif bermain tujuh hari seminggu di satu atau lebih stasiun. Lance melakukan pertunjukan mingguan hingga musim gugur 2013. Anda masih bisa mendengar siaran ulang dari 189 pertunjukan yang ia produksi sendiri di MetalExpressRadio, PowerProgRadio dan PureRockRadio serta beberapa pertunjukan di media player di situs web Nightmare Records.

Pada 2013, Lance merilis merek kopi miliknya sendiri "Awakenings", sebuah roasting gelap halus yang dijualnya melalui situs web Nightmare Records.

Pada 2013 dan 2014 Lance King merekam 15 lagu dengan band Australia Ilium untuk rilisan dual disc khusus yang akan menjadi rilisan album keenam milik band, vokalis sebelumnya untuk Ilium adalah Mike DeMio (sebelumnya dari Riot dan Masterplan). Campuran selesai pada album di akhir Juli 2014 dan dikirim ke King untuk dibuat master, tanggal rilis tertunda. 


King adalah seorang tenor dengan rentang 4-oktaf (G♯1-) C♯2 hingga G♯5, mampu bernyanyi dengan sangat nyaman di bariton dan tenor tinggi dengan suara penuh dan hingga sopran kedua di falsetto. Dia dikenal karena bernyanyi dalam berbagai gaya melodi rock dan metal yang berbeda dan suara non modal, tetapi kebanyakan untuk perpaduan tradisionalnya dari, vokal melodik dan progresif metal/hard rock, dengan nada yang hangat dan kaya.

King dibesarkan dalam keluarga New Age, dan selama beberapa tahun adalah seorang Kristen, dia benar-benar menganggap dirinya lebih dari seorang Jedi. Hobinya meliputi seni bela diri, khususnya Muay Thai, Kali, Jiu Jitsu dan Jeet Kune Do, seni grafis, berperahu, sepeda motor, bagian tukang kayu bagian gemuk, bagian nomor pria dan semua tentang orang vokal. Lance mengambil panggung akting dalam musikal pada tahun 2010 dan telah melakukan peran utama dalam enam produksi yang berjalan, selain menjalankan label rekeman hard rock/metal-nya Nightmare Records (bekerja sama dengan Sony/RED/The Orchard). Lance juga memulai acara radio jam mingguan yang bernama "The Sunday Hour of Progressive Power" atau hanya The S.H.O.P.P. di Radio Express Metal yang disindikasikan ke lebih dari dua puluh stasiun radio (baik internet maupun siaran) yang mengambil pertunjukan hingga tujuh hari seminggu. Acara ini berganti nama menjadi "THE STELLAR HOUR OF PROGRESSIVE POWER" yang diputar selama lima tahun sampai ketegangan dari sebuah pertunjukan mingguan dengan sisa hidupnya menjadi terlalu banyak. Ia menikah dan memiliki dua anak dengan siapa ia tinggal di Twin Cities, Minnesota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...