Laman

Senin, 19 November 2018

KIM WILDE



Dillahirkan dengan nama Kim Smith pada 18 November 1960 di Chiswick, Middlesex, Inggris adalah penyanyi pop, penulis, DJ dan presenter televisi Inggris yang masuk ke dunia musik pada tahun 1981 dengan single perdananya "Kids in America", yang mencapai nomor dua di Inggris. Pada tahun 1983, ia menerima Brit Award untuk artis solo Wanita Inggris Terbaik. Pada tahun 1986, ia memiliki hit nomor dua Inggris dengan versinya dari lagu milik the Supremes "You Keep Me Hangin' On", yang juga menjadi hit besar AS, menduduki tangga lagu di sana pada tahun 1987. Antara tahun 1981 dan 1996, ia memiliki 25 single yang mencapai Top 50 di chart single UK. Hits lainnya termasuk "Chequered Love" (1981), "You Came" (1988) dan "Never Trust a Stranger" (1988). Pada tahun 2003, ia berkolaborasi dengan Nena pada lagu "Anyplace, Anywhere, Anytime", yang menduduki tangga lagu Belanda.


Di seluruh dunia, ia telah menjual lebih dari 10 juta album dan 20 juta single. Mulai tahun 1998, ketika masih aktif di dunia musik, ia telah memiliki cabang ke dalam sebuah karir alternatif sebagai seorang tukang kebun lanskap.

Anak tertua dari tahun rock 'n' roller 1950-an Marty Wilde (nama lahir Reginald Smith) dan Joyce Baker, yang telah menjadi anggota dari kelompok bernyanyi dan menari Vernons Girls, Kim Smith lahir di pinggiran London Barat dari Chiswick dan belajar di Oakfield Preparatory School, di daerah London Selatan dari Dulwich. Ketika dia berusia sembilan tahun, keluarganya pindah ke Hertfordshire, di mana dia dididik di Tewin dan kemudian Presdales School. Pada tahun 1980, pada usia 20, ia menyelesaikan sebuah kursus dasar di St Albans College of Art & Design. Sebagai Kim Wilde, ia menandatangani kontrak dengan RAK Records oleh Mickie Most.

Wilde merilis single perdananya "Kids in America" pada Januari 198. Sebuah kesuksesan instan, mencapai nomor dua di UK Singles Chart dan skala 5 besar di negara lain seperti Jerman, Prancis dan Australia. Meskipun hanya meraih sukses moderat di AS, mencapai nomor 25 ketika dirilis pada tahun 1982, sering dianggap hari ini sebagai lagu khas milik Wilde. Album debutnya, Kim Wilde, mengulang kesuksesan single tersebut, menghasilkan dua hits lebih lanjut dalam "Chequered Love" (Top 5 di Inggris, Perancis, Australia dan Jerman) dan singel hanya di Inggris "Water on Glass".

Album tindak lanjut milik Wilde adalah Select pada 1982, yang dipimpin oleh single hit "Cambodia" dan "View from a Bridge". Keduanya adalah hit nomor 1 di Perancis dan mencapai posisi 10 Besar di Jerman dan Australia. Pada saat itu, ada beberapa kontroversi tentang keraguan Wilde untuk melakukan konser langsung. Konser pertamanya pada September 1982 berlangsung di Denmark, sebelum memulai tur di Inggris pada bulan Oktober. Album ketiga milik Wilde, Catch as Catch Can (1983) adalah kegagalan relatif. Single pertama dari album, "Love Blonde", adalah kesuksesan lain di Perancis dan Skandinavia, tetapi gagal memiliki sukses besar di negara lain. Kegagalan album menyebabkan dia meninggalkan RAK dan menandatangani kontrak dengan MCA Records pada musim panas 1984. 


Album MCA pertama milik Wilde, Teases & Dares lagi-lagi diabaikan di negara asalnya, tetapi bernasib lebih baik di Jerman, Prancis, dan Skandinavia serta mencetak Top 10 Jerman lainnya dengan "The Second Time" (yang merupakan Top 30 di UK). Video untuk lagu ini muncul di sebuah episode dari hit TV 1980-an Knight Rider pada tahun 1985. Single kedua, "The Touch", bukanlah sukses komersial, tetapi single ketiga, rockabilly "Rage to Love", menjadi top 20 di Inggris pada tahun 1985. Semua lagu Wilde sampai titik ini, termasuk semua lagu besarnya, telah ditulis oleh ayahnya Marty dan saudara laki-lakinya, Ricky. Pada Teases & Dares dia menulis dua lagu. Sementara itu, Wilde telah memulai tiga tur konser Eropa (1983, 1985 dan 1986).

Pada album kelimanya, Another Step pada 1986, Wilde menulis atau turut menulis sebagian besar lagu. Single utama album "Schoolgirl" gagal di Eropa dan Australia, tetapi keberuntungan Wilde meningkat dalam mode spektakuler dengan single kedua album ini, sebuah pengerjaan ulang Hi-NRG dari klasik milik The Supremes "You Keep Me Hangin' On". Setelah menduduki puncak tangga lagu di Australia dan Kanada dan mencapai nomor dua di Inggris, single ini menjadi single nomor satu AS pada tahun 1987. Dengan hit itu, ia menjadi artis solo wanita Inggris kelima yang pernah mencapai Hot 100 AS, mengikuti Petula Clark, Lulu, Sheena Easton, dan Bonnie Tyler. Popularitasnya, terutama di asalnya Inggris, direvitalisasi dan ia mencetak hit Top 10 lebih lanjut pada tahun 1987 dengan "Another Step (Closer to You)" (direkam dengan Junior) dan "Rockin' Around the Christmas Tree" (sebuah single amal Comic Relief, direkam dengan pelawak Mel Smith).

Pada tahun 1988, Wilde merilis album terlarirnya hingga saat ini, Close, yang mengembalikannya ke top 10 Inggris dan menghabiskan hampir delapan bulan di chart album Inggris. Ini menghasilkan empat hits utama Eropa: "Hey Mr. Heartache", "You Came", "Never Trust a Stranger" dan "Four Letter Word" (3 terakhir adalah Top 10 hits di Inggris). Perilisan album ini bertepatan dengan tur Eropa, di mana dia adalah pembuka untuk Bad World Tour milik Michael Jackson. Wilde merilis album berikutnya, Love Moves, pada tahun 1990. Album ini hampir masuk Top 40 Inggris, dan, meskipun itu adalah kesuksesan Top 10 di negara-negara Skandinavia, album ini gagal terjual seperti pendahulunya dan hanya menelurkan dua hit kecil, "It’s Here" sebuah kesuksesan Top 20 di Eropa Tengah dan Utara serta "Can’t Get Enough (Of Your Love)", hit Top 20 terakhirnya di Perancis. Dia melakukan tur Eropa lagi, kali ini membuka untuk sesama musisi Inggris David Bowie.

Sebuah kolaborasi dengan Rick Nowels, yang telah menghasilkan hits untuk Stevie Nicks dan Belinda Carlisle, menghasilkan pop yang didominasi gitar dari single "Love Is Holy" dan album Love Is (1992). Keberhasilan album ini kembali terbatas pada sejumlah kecil negara, meskipun single ini menjadi hit Top 20 lainnya di Inggris, dan single kedua ("Heart Over Mind") juga masuk top 40. Pada tahun 1993, ia merilis album kompilasi resmi pertamanya The Singles Collection 1981-1993, yang sukses di seluruh Eropa dan Australia dan single yang dipengaruhi dancefloor "If I Can't Have You" (sebuah cover dari lagu Yvonne Elliman dari film Saturday Night Fever yang ditulis oleh Bee Gees), menjadi hit Top 20 Inggris terakhirnya serta hit nomor 3 di Australia.

Wilde memulai tur konser "Greatest Hits" melalui Eropa pada tahun 1994 dan juga melakukan tur Australia dan Jepang untuk pertama kalinya dalam enam tahun. Album berikutnya, Now & Forever (1995), adalah kegagalan komersial di seluruh dunia. Namun, single-nya "Breakin' Away", adalah hit kecil, dan tindak lanjut, "This I Swear", juga merupakan hit minor di Eropa. Ia merilis single "Shame" pada tahun 1996. Dari Februari 1996 hingga Februari 1997, Wilde muncul dalam produksi musikal West End di London, Tommy. Setelah ini, Wilde mulai merekam album baru. Namun, ada masalah dengan perusahaan rekamannya - MCA Records pada saat itu menjadi bagian dari Universal Music - dan masalah hukum terkait lagu-lagu tersebut. Selanjutnya, Wilde meninggalkan album itu yang tetap belum dirilis. 


Sejak November 2001, Wilde telah melakukan tur ke UK sebanyak tiga kali (dan sekali di Australia selama 2003) sebagai bagian dari Here and Now Tour, seri konser revival Eighties, bersama dengan artis seperti Paul Young, The Human League, Belinda Carlisle, Howard Jones dan Five Star. Rekaman baru juga menyusul; pada tahun 2001, ia merekam lagu baru, "Loved", untuk album kompilasi yang menjadi sebuah hit kejutan di Belgia. Ia merekam single "Born to be Wild" pada tahun 2002, dan pada musim panas tahun 2003 ia memiliki sebuah hit besar dengan "Anyplace, Anywhere, Anytime", duet dengan bintang pop Jerman Nena. Single ini adalah hit Top 10 di Jerman, Belgia, Austria, Belanda dan Swiss.

Pada 2006, Wilde menandatangani kontrak rekaman baru dengan EMI Jerman dan merilis single pertama dari album studio kesepuluh di banyak negara di Eropa, Skandinavia dan Asia. "You Came 2006" masuk chart Top 20 di sebagian besar negara-negara ini dan menjadi hit solo terbesarnya di Jerman sejak 1988. Album Never Say Never menyertakan delapan lagu baru ditambah lima lagu yang pernah digarap sebelumnya dan masuk chart di Belgia, Prancis, Swiss, Austria, dan Jerman. Single kedua dari album, yang dipilih oleh penggemar di situs resminya adalah "Perfect Girl", dirilis pada November 2006 dan menghabiskan sembilan minggu di chart single Top 100 Jerman. Singel ketiga, "Together We Belong", dirilis pada Maret 2007 dan single keempat, "Baby Obey Me", dirilis di Jerman sebagai remix yang menampilkan rapper Jerman Ill Inspecta.

Sejak 2003, Wilde telah muncul di banyak festival dan konser di seluruh Eropa dengan bandnya sendiri. Pada awal September 2009, sebuah single baru, "Run to You", direkam sebagai duet dengan band rock Swedia, Fibes, Oh Fibes!, dirilis di Swedia. Lagu ini mencapai Top 30 Swedia.

Pada tahun 2010, Wilde menandatangani kontrak rekaman baru dengan Sony Music Jerman. Label tersebut merilis album studio kesebelasnya, Come Out and Play pada 17 Agustus, dengan "Lights Down Low" yang sebelumnya sebagai single utama. Album ini mencapai nomor 10 di Jerman dan diikuti oleh tur di Eropa pada bulan Februari dan Maret 2011.

Album studio kedua belas Wilde, Snapshots, dirilis pada 26 Agustus 2011 dan menampilkan versi cover lagu yang dipilih dari lima dekade terakhir. Sebuah rilisan ganda dari "It's Alright" dan "Sleeping Satellite" dirilis pada 19 Agustus sebagai single utama. Dua single lebih lanjut gagal mencapai tangga lagu. Kim melakukan tur untuk mendukung album di Jerman pada Maret 2012. Pada bulan November 2012, Wilde tampil sebagai vokalis utama di "A Beautiful House" milik Reflekt yang dapat ditemukan di kompilasi “Antillas & Dankmann’s Best Remix 2002-2012” milik Armada’s Music.

Wilde merilis album studio berikutnya, Wilde Winter Songbook pada November 2013.

Pada 18 Desember 2017, Wilde merilis sebuah single Natal dengan Lawnmower Deth berjudul "FU Kristmas!".

Wilde merilis album studio 14-nya Here Come the Aliens pada 16 Maret 2018. Album ini terinspirasi oleh pertemuan dengan UFO yang dia miliki di tahun 2009. Sementara duduk di kebunnya, dia melihat sesuatu yang aneh tentang langit. Saat dia melihat, ada cahaya terang besar di belakang awan. Dia berjalan di rumput karena penasaran untuk melacak sumber cahaya dan apa yang dia perhatikan adalah bahwa cahaya itu dengan cepat bergerak bolak-balik. Dia memikirkannya setiap hari dan itu memberinya ide untuk album barunya.

Wilde memegang rekor sebagai artis wanita Inggris yang paling banyak masuk chart pada tahun 1980-an, dengan tujuh belas single hit Top 40 Inggris sepanjang dekade (termasuk duetnya dengan Junior Giscombe dan Mel Smith).

Sejumlah artis telah membawakan cover dari lagu-lagu Kim Wilde, mulai dari versi pop dan rock hingga dance dan death metal. Pada 16 Februari 1991, drummer Nirvana, Dave Grohl, merekam versi 2015 "Kids in America" di sebuah studio bawah tanah Arlington, Virginia. Ini adalah lagu ketiga di EP Foo Fighters "Songs of the Laundry Room" 2015 yang langka, sebuah klip diputar selama pengguliran kredit dari episode Seattle, Washington dari serial televisi dokumenter Sonic Highways milik Grohl. Bintang pop Amerika, Tiffany, merekam sebuah versi "Kids in America" pada tahun 2007 untuk albumnya I Think We're Alone Now: '80s Hits and More. Band eurodance Jerman Cascada, merekam versi "Kids in America", pada album 2007 mereka Everytime We Touch. 


Wilde telah memberikan inspirasi bagi artis lain, termasuk Charlotte Hatherley, yang menulis lagu tentang dia yang berjudul "Kim Wilde", dan memasukkannya ke dalam album debutnya, Gray Will Fade. Band punk rock Jerman Timur Feeling B juga merekam lagu berjudul "Kim Wilde", yang tampil di album debut mereka. Pada tahun 1985, penyanyi Prancis Laurent Voulzy memberi penghormatan kepada Wilde dalam lagunya "Les Nuits Sans Kim Wilde" ("Nights Without Kim Wilde"). Dalam novel grafisnya Persepolis, kartunis Iran Marjane Satrapi memiliki komik strip berjudul Kim Wilde. Di dalamnya tokoh utama Marji, seorang gadis muda Iran, menyanyikan "Kids In America" di jalan-jalan ibukota Iran. Juga, ketika orang tuanya pergi berlibur di Turki, mereka membeli sebuah poster Kim Wilde dan menyelundupkannya ke Teheran untuk Marji. Marji memasang poster di dinding kamar tidurnya dan mempraktekkan meniru Wilde.

Wilde sudah memperoleh penghargaan-penghargaan sebagai berikut: 

1996 RSH-GOLD Female Classic of 1995 (Germany)
1993 Bambi Award for "The Singles Collection" (Germany)
1990 Diamond Award (Netherlands)
1988 European Platinum Award as female singer who sold the most records across Europe (she shared this award with equally successful 80s singer Sandra)
1984 Golden Otto Best Singer (Germany)
1983 BRIT Awards - Best British Female Solo Artist (UK)
1983 Silver Otto Second Best Singer (Germany)
1982 Silver Otto Second Best Singer (Germany)
1981 Golden Otto Best Singer (Germany)
1981 Rockbjörnen - Best female singer (Sweden)

Selama kehamilan pertamanya, minat lama dalam berkebun muncul kembali dan dia kuliah di perguruan tinggi Capel Manor untuk belajar tentang hortikultura, sehingga menciptakan taman untuk anak-anaknya. Sebagai seorang selebriti, ia diminta oleh Channel 4 untuk bertindak sebagai desainer untuk program Better Gardens mereka. Setahun kemudian, ia memulai komitmen dua tahun dengan BBC, merekam dua seri Garden Invaders.

Pada tahun 2001, ia (bersama dengan rekan ahli perkebunan David Fountain) menciptakan taman "All About Alice" untuk Tatton Flower Show dan dianugerahi penghargaan 'Best Show Garden'. Pada tahun 2005, ia memenangkan penghargaan Emas untuk kebun halamannya di Royal Horticultural Society's Chelsea Flower Show. Dia telah merancang dan menciptakan banyak kebun selama keterlibatannya dalam program TV Better Gardens dan Garden Invaders dan ditugaskan oleh individu dan organisasi. Dia juga telah membuat kebun untuk Pertunjukan Bunga di Inggris dan menerima, dengan David Fountain, sebuah entri di Guinness Book of World Records untuk berhasil memindahkan (dari Belgia ) dan menanam kembali pohon terbesar di dunia pada Januari 2001. Namun, setelah berdiri di lokasinya yang baru selama enam tahun, pohon itu dirobohkan oleh badai pada Januari 2007.

Wilde telah menulis dua buku sebagai bagian dari karir berkebunnya. Yang pertama, Gardening with Children, dirilis pada 4 April 2005 oleh penerbit Collins. Terjemahan dari buku itu dirilis pada waktu yang sama di Spanyol, Prancis, Denmark dan Belanda, dan kemudian di Jerman. Buku keduanya, The First-Time Gardener, dirilis pada 3 April 2006 (lagi oleh Collins), dan merupakan panduan pemula untuk berkebun.

Wilde memperluas citranya yang ramah lingkungan dengan mengambil pekerjaan iklan untuk berbagai perusahaan 'hijau'. Selama dua tahun, ia tampil di iklan untuk toko makanan kesehatan highstreet Holland & Barrett. Dia menulis infomersial untuk Bold dan Timotei, dan pada tahun 2008, ia mulai mengiklankan 'dapur hijau' untuk Magnet.

Wilde saat ini membawakan acara Secret Songs di Magic 105,4 setiap hari Minggu antara jam 10 pagi dan 1 siang. 


Pada 1 September 1996, Wilde menikahi rekan mainnya di Tommy, Hal Fowler, dan menyatakan keinginan untuk memiliki anak secepat mungkin. Pada 3 Januari 1998 ia melahirkan Harry Tristan. Pada 13 Januari 2000, Rose Elisabeth lahir.

Hingga 2008, saudara laki-laki Kim, Marty adalah tukang kebun lanskap, dan saudara perempuannya, Roxanne, adalah penyanyi pendukung untuk Kylie Minogue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...