Laman

Kamis, 15 November 2018

JOHNNY A.



Dilahirkan dengan nama John Antonopoulos pada 14 November 1952 di Malden, Massachusetts. dikenal secara profesional sebagai Johnny A., adalah seorang gitaris dan penulis lagu Amerika.

Lahir dari keturunan Yunani dan tumbuh di daerah Boston, Johnny A. menjadi tertarik pada musik, dimulai dengan drum pada usia enam tahun. Setelah tertarik dengan The Beatles pada tahun 1964 (usia 11), orang tua Johnny membelikannya gitar elektrik Lafayette senilai $49. Johnny mengatakan nama belakangnya, Antonopoulos (asal Yunani), selalu salah dieja. "Selalu Johnny A. sejak usia delapan tahun," katanya.

Pada 1970-an, Johnny A. membentuk sebuah band bernama the Streets, yang sebagian besar beraksi di wilayah Boston . The Streets memiliki beberapa single radio yang sangat populer termasuk #1 "What Gives" di WBCN Radio legendaris "The Rock of Boston". Serta penampilan utama di kancah klub Boston, The Streets melakukan tur dengan atau mendukung beberapa artis utama termasuk Aerosmith, Bob Seger. The Streets juga berkompetisi di WBCN "Rock 'n' Roll Rumble" pertama pada tahun 1979. 


Pada tahun 1980, Johnny membentuk band Hidden Secret yang juga memiliki serangkaian hit single lokal termasuk "No More Lonely Nights", yang menempati posisi teratas di BCN selama 26 minggu.

Pada tahun 1986 band-nya, Hearts On Fire, juga terus memproduksi hit single lokal, ditempatkan kedua di 1986 WBCN Rock & Roll Rumble hanya untuk ditumbangkan oleh Gang Green.

Pada 1980-an hingga 1990-an Sebagai seorang pengiring, Johnny bermain dengan perkusionis Santana Mingo Lewis serta tugas singkat dengan drummer Creedence Clearwater Revival, Doug Clifford dan kemudian dengan Delaney & Bonnie, kibordis Derek & the Dominos Bobby Whitlock. Dia kemudian memulai tugas tujuh tahun sebagai gitaris dan pena6ta musik dengan frontman J. Geils Band Peter Wolf. Dia bermain di album Wolf, dan ikut memproduseri salah satunya, Long Line, serta bergabung dengannya dalam tur dunia.

Pada tahun 1999, Johnny A. meluncurkan karir solonya dan secara independen merilis CD debutnya Sometime Tuesday Morning .

Pada tahun 2000, Johnny A. menandatangani perjanjian lisensi untuk merilis ulang Tuesday Morning dengan Favored Nations Entertainment milik Steve Vai.

Pada tahun 2001, Sometime Tuesday Morning dirilis ulang pada label Favored Nations Entertainment milik Steve Vai yang didistribusikan Sony/RED. Album ini menelurkan single #1 "Oh Yeah" di Amerika Serikat pada format radio AAA. Ini menandai pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade bahwa sebuah instrumental mencapai posisi teratas di radio. STM kemudian terjual lebih dari 100.000 eksemplar.

Pada tahun 2003, Sometime Tuesday Morning kemudian diambil untuk distribusi oleh Danny Goldberg di Artemus Records.

Pada tahun 2003, perusahaan Gibson Custom Guitar, bekerjasama erat dengan Johnny A., merilis "Johnny A." Signature Model guitar, dirancang untuk spesifikasi milik artis.

Membuat gitar model ciri khas artis bukanlah sesuatu yang kami anggap enteng. Tapi kadang-kadang seorang pemain datang yang bukan hanya seorang inovator musik dan artis berkaliber tertinggi, tetapi memiliki ide-ide inovatif tentang merancang instrumen yang benar-benar baru. Dan itulah Johnny, yang baru saja membuat kami bertekuk lutut.

- Rick Gembar, Gibson Guitars Senior VP

Pada tahun 2003, Johnny A. menandatangani kontrak multi rekaman dengan Favored Nations Entertainment milik Steve Vai yang didistribusikan Sony/Red dan melihat perilisan promosisi "radio-only" single Natal Johnny A. Christmas "Sleigh Ride", yang dirilis pada label ini.

Pada tahun 2004, "Get Inside" dirilis di label Favored Nations, menghasilkan dua single radio, "I Had To Laugh," (yang membuat nominasi pemilihan Grammy) dan sebuah eadit radio dari judul lagu "Get Inside."

Pada 2006, Warner Bros./Alfred Publishing merilis sebuah DVD pembelajaran Johnny A. berjudul " Taste, Tone, Space."

Pada tahun 2007, perusahaan gitar Gibson Custom merilis gitar signature Johnny A. kedua, Johnny A. Standard.

Pada tahun 2010, Johnny A. merilis "One November Night" (2010 Aglaophone Records), satu set DVD/CD langsung yang direkam di Sculler's Jazz di kota kelahirannya Boston, MA.

Pada tahun 2010, Johnny A. adalah penerima Blues Artist of the Year 2010 dari The Boston Music Award.

Pada tahun 2014, Johnny A. merilis, "Driven", (3 Juni 2014), menandai debut tekniknya serta mencampur, memproduksi dan memainkan semua instrumen di album.

Pada tahun 2014, Gibson Custom merilis versi "baru" dari Johnny A. Standard.

Pada 14 Desember 2014 Johnny A. dilantik ke dalam Boston Music Hall of Fame di Boston Music Awards.

Pada 2015, Johnny A. bergabung dengan The Yardbirds.

Gaya Johnny sering meyebutkan Danny Gatton serta beberapa aspek Jeff Beck dan Pat Martino. Ia mencakup unsur rock, jazz, dan blues, dan ia sering menggunakan whammy bar. Di antara pengaruh musiknya, ia mengutip The Beatles, Yardbirds, Everly Brothers, Wes Montgomery, Chet Atkins, Jeff Beck, Jimi Hendrix, dan Les Paul.

Johnny mengatakan nama belakangnya (asal Yunani) selalu salah dieja. "Selalu Johnny A. sejak usia delapan tahun.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...