Laman

Rabu, 07 November 2018

CHRIS GLEN



Dilahirkan dengan nama Christopher John Glen pada 6 November 1950 di Paisley, Renfrewshire, Skotlandia yang dikenal hanya sebagai Chris Glen, adalah seorang musisi rock Skotlandia. Dia terkenal karena bermain dengan The Sensational Alex Harvey Band dari tahun 1972 hingga 1978, dan Michael Schenker Group dari tahun 1980 hingga 1984, 2008 hingga 2010, dan 2016 hingga saat ini. Dia saat ini tampil bersama Michael Schenker Fest; menampilkan anggota band MSG asli.

Glen memulai karirnya sebagai bassist untuk band yang dikenal sebagai The Jade pada tahun 1969. Band itu mengubah nama mereka menjadi Mustard, yang akhirnya terdiri dari Eddie Campbell (keyboard), Zal Cleminson (gitar), Chris Glen (bass, vokal), Gilson Lavis (drum) dan Andi Mulvey (vokal). Setelah mengganti nama menjadi Tear Gas, Mulvey digantikan oleh David Batchelor, dan Lavis digantikan oleh Richard Munro. Lineup ini merekam album pertama mereka Piggy Go Getter pada tahun 1970. Akhirnya perubahan personel lain dimana Campbell pergi dan Ted McKenna dan sepupunya Hugh McKenna mengambil alih untuk Munro dan Batchelor (yang kemudian memproduseri beberapa album SAHB). Mereka merekam album kedua Tear Gas pada tahun 1971. Tidak satu pun album terjual tersebut dengan baik. 


Pada tahun 1972, rekan sesama Skotlandia Alex Harvey bergabung dengan Tear Gas dan bersama-sama mereka membentuk The Sensational Alex Harvey Band. Mereka bermain dengan lineup dari Harvey, Cleminson, Glen dan McKenna bersaudara sampai perubahan personel pada tahun 1978 dimana Hugh McKenna digantikan oleh Tommy Eyre. Harvey yang pergi sebentar pada tahun 1977, meninggalkan band untuk selamanya pada tahun 1979. Band ini bubar setelah itu, hanya untuk direformasi pada awal 1990-an. 


Glen telah tampil bersama Brian Robertson (Thin Lizzy), Robin McAuley, dan Phil Taylor dalam sebuah band bernama GMT (GLEN/MCAULEY/TAYLOR), dan mereka merekam sebuah album pada tahun 1985 berjudul Wargames. Dia juga melakukan tur dengan Ian Gillan pada tahun 1990 untuk Naked Thunder World Tour bersama sesama anggota band SAHB, Ted McKenna.

Pada tahun 1992, Glen bekerja sama dengan mantan anggota SAHB Zal Cleminson & Ted McKenna untuk membentuk The Party Boys yang menampilkan vokalis tamu seperti FISH, Dan McCafferty, dan Stevie Doherty dengan Ronnie Leahy, keyboardist The Crows. Band ini bertahan sekitar 2 tahun sebelum mereka memutuskan untuk merekrut pemain keyboard SAHB Hugh McKenna, dan mereformasi sebagai SAHB, dan juga merilis album live Live in Glasgow 93 yang menampilkan Stevie Doherty pada vokal. Susunan SAHB ini bubar pada tahun 1995, sebelum reformasi pada tahun 2002 untuk malam penghormatan kepada Frankie Miller di The Barrowlands di Glasgow dengan mantan gitaris Nazareth Billy Rankin pada vokal. Setelah setahun 'Mad' Max Maxwell menggantikan Rankin di vokal. 


SAHB merilis sebuah album live berjudul Zalvation, yang merupakan rilisan resmi pertama mereka sejak Rock Drill dengan Alex Harvey pada tahun 1977, dan sebuah otobiografi berjudul SAHBSTORY, yang ditulis oleh mantan manajer tur dan penulis Martin Keilty. Band ini melakukan banyak tur dan festival di Inggris, Eropa, dan Australia sebelum sekali lagi bubar pada tahun 2008 setelah kepergian Zal Cleminson pada gitar. Band ini melakukan beberapa pertunjukan yang telah dipesan sebelumnya dengan gitaris Julian Hutson Saxby tetapi setelah itu, mereka memutuskan untuk beralih ke proyek terpisah. 


Sejak 2008, Glen telah terlibat dengan bandnya sendiri Chris Glen and the Outfit. Dia juga bergabung kembali dengan Michael Schenker Group (MSG) dengan Ted McKenna dari 2008—2010 untuk mempromosikan albumnya, In the Midst of Beauty. Ini adalah tur pertamanya dengan MSG sejak ia pergi pada tahun 1984. Dia juga tampil di dua lagu di album terakhir Michael Schenker, Temple Of Rock pada tahun 2012. 


Glen dan Ted McKenna bekerja dengan gitaris Australia Gwyn Ashton, dan gitaris Newcastle Paul Rose dalam sebuah album berjudul Prohibition pada 2004.

Dia adalah anggota band dalam band 70-an yang direformasi Cafe Jacques, proyek 3 orang Votadini, dan pada awal 2013, ia melakukan tur dengan mantan drummer AC/DC Chris Slade untuk HUT ke-50 dalam tur musik yang diberi nama Chris Slade's Timeline. 


Chris kembali dalam tur dengan Michael Schenker mempromosikan DVD live mereka 'Live In Tokyo 2016' yang menampilkan semua 3 Vokalis MSG asli Gary Barden, Graham Bonnet, dan Robin MacAulay, dan juga menampilkan Ted McKenna pada Drums. Proyek ini berjudul 'Michael Schenker Fest' dan terus melakukan tur hingga 2017. Setelah melakukan kunjungan yang sukses ke Jepang, menjelang akhir tahun 2017, diikuti oleh beberapa tanggal di Inggris pada bulan Oktober dan November, lineup Michael Schenker Fest, termasuk Chris, baru saja kembali dari tur Amerika Serikat yang diterima dengan sangat baik. Penggemar Jepang sangat mencintai band ini - Chris telah diberi nama hewan peliharaan "Ichiban", itu berarti "Number One", dalam bahasa Jepang, seorang penggemar yang sangat istimewa, Hidenori Saito, membuat dia menyediakan kaos dengan karakter Jepang untuk ichiban!!! Lebih banyak pertunjukan Jepang dipesan untuk akhir tahun ini. Sepertinya beberapa tanggal di Inggris sedang dalam proses untuk akhir tahun ini dan penampilan lain di Hard Rock Hell, di North Wales.

Setiap tahun, Glen menempatkan bandnya Outfit bersama-sama dan melakukan sebuah pertunjukan Natal menggunakan berbagai musisi termasuk:
  • Jon Morrison (Aktor / Musisi)
  • Julian Hutson Saxby (Gitaris dengan Nina Hagen Band/SAHB/Katy Lied)
  • Chris Thomson (Vokalis/Gitaris dengan Cafe Jacques)
  • Stuart Clyde (Keyboardist dengan Glasgow/Cafe Jacques)
  • Davie Halley (Drummer dengan Cafe Jacques)
  • David Cowan (Keyboardist dengan The SAHB Experience/Natalie Clark/Zal Cleminson Sin DOGS)
  • Peter Higgins (Vokalis dengan Chris Slade’s Timeline)
  • Gordon Bell (Artis dan Vokalis Solo dengan Not The Sensational Alex Harvey Band/Giant Stone Eater/The Sinking Ships)
  • Johnny Bohran Watson (Bohran)
  • Wes Bird (Pemain Biola)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...