Laman

Rabu, 12 Juli 2017

RICKY WARWICK




Dilahirkan pada 11 Juli 1966 di Newtonards, County Down, Irlandia Utara.

Warwick menghabiskan tahun-tahunnya di Irlandia Utara dan mendapatkan gitar pertamanya pada usia 14 tahun. Dia segera bisa memainkan lagu-lagu milik para artis rock dan country seperti Bruce Springsteen, Bob Dylan dan Johnny Cash. Warwick segera beralih ke musik yang lebih keras seperti Motorhead, MC5, Stiff Little Fingers dan The Clash. Dia kemudian mengenang bahwa “Artis-artis itu memberikan saya sebuah suara”, menambahkan bahwa “...saat tidak satupun yang mendengarkan seorang bocah berusia 14 tahun, mereka memberi saya sesuatu yang penting untuk dikatakan.” Satu tahun kemudian dia pindah dengan keluarganya ke Strathaven di Skotlandia. Di sekolah barunya di Skotlandia Warwick pertama bertemu rekan band masa depannya Stump Monroe dan Floyd London.

Warwick mendapatkan kesempatan besar pertamanya pada akhir 1980an, saat dia diundang untuk bergabung dengan New Model Army sebagai gitaris ritem di tur dunia album Ghosts of Cain mereka. Dia menyatakan bahwa dia mempelajari hal besar tentang penulisan lagu dan penguasaan panggung selama waktunya dengan band itu. Warwick kemudian meninggalkan New Model Army dan membentuk The Almighty pada 1988 dengan gitaris Andy ‘Tantrum’ McCafferty dan mantan teman sekolah Warwick, drumer Stump Monroe dan gitaris bass Floyd London. Warwick adalah vokalis utama dan memainkan gitar di beragam format dari band ini. Walaupun keempat anggota pendiri memiliki latar belakang yang kuat di musik punk rock, The Almighty mengambil arah musik yang lebih berorientasi heavy metal/hard rock.


Pada awal 1990an terlihat The Almighty melakukan tur secara luas menempuh UK dan Eropa sebagai pendukung untuk band-band rock besar seperti Motorhead, Megadeth, Alice Cooper, Iron Maiden dan Metallica. Band juga melakukan tur sebagai penampil utama. Lima album studio dan satu album live dirilis oleh The Almighty selama waktu ini, dimana semuanya diterima dengan baik oleh para penggemar musik rock di UK dan Eropa. Namun, mereka tidak bisa menembus AS meskipun melakukan disana pada 1993. Tahun yang sama, Warwick juga tampil dengan The Stiff Little Fingers di sebuah acara di Barrowlands di Glasgow. Sebuah album live yang memperlihatkan acara itu dari Maret 1993, Pure Fingers, dirilis pada 1995.

Pada 1996, tidak pasti dengan arah yang ditempuh The Almighty Warwick pindah ke Dublin dimana dia membentuk sebuah band baru bernama (sic) dengan Ciaran McGoldrick (bass) dan Gary Sullivan (drums). Sebuah rekaman milik band - I Feel So Lonely I Could Die - hanya dirilis di Jepang, walaupun sebuah EP empat trek diedarkan di UK. (sic) bubar pada 1999 dan kemudian Warwick kembali ke The Almighty. The Almighty kemudian merilis dua album lagi sebelum kembali dibubarkan pada 2001.

Setelah pembubaran kedua dari The Almighty, Warwick mengakui dia merasa berhenti tampil sama sekali. Malahan, dia melakukan tur pada 2002 sebagai seorang artis solo dan, mengambil arah musik sendiri untuk musik country dan Americana, dia memainkannya secara akustik. Tur ini meningkatkan kecintaan Warwick pada musik dan dia mulai menulis lagu untuk album baru.

Album solo pertama milik Warwick, Tattoos & Alibis, dirilis pada Oktober 2003. Hampir akustik secara keseluruhan, album itu sebuah pertanada peralihan dari musik hard rock The Almighty. Album susulan dirilis pada Januari 2006, Love Many Trust Few, adalah gaya yang mirip dengan album solonya walaupun sedikit berorientasi hard rock.


Pada Januari 2006 The Almighty terbentuk kembali dengan formasi ‘classic’ mereka dari Warwick, Stump, Floyd dan Pete untuk acara amal. Kemudian di tahun itu, mereka muncul sebagai penampil utama di the 2006 Bulldog Bash dan kemudian menjalani 5 jadwal tur di UK pada Desember 2006. Selama tahun yang sama, Warwick juga bergabung dengan band Circus Diablo, bersama dengan Billy Duffy (dari The Cult). Band ini merekam satu album dan tampil di Ozzfest selama 2007, tapi sudah tidak aktif lagi.

Dia di masa lalu melakukan tur dengan British Isles dan menempuh Eropa mendukung Bob Dylan, Sheryl Crow dan Keith Caputo.


Warwick membuat debut aktingnya dalam sebuah film independen yang ditulis dan disutradarai oleh Bobby Field. Berjudul The Bridge, film ini dimulai pada pertengahan 2017. Para pemain menampilkan beberapa musisi rock lainnya seperti Joe Elliott, Al Jourgensen (Ministry) dan Joey Santiago (The Pixies).

Pada April 2009, Warwick merilis album solo ketiganya, Belfast Confetti, melanjutkan sebagian besar gitar akustik berdasarkan pendekatan dari dua album solo sebelumnya.


Pada September 2009, Warwick diundang untuk bergabung dengan formasi dari Thin Lizzy dan bergabung dengan mereka sebagai vokalis utama dan gitaris. Warwick ambil bagian di 2011 European Tour milik Thin Lizzy memperingati 25 tahun sejak kematian dari frontman asli Phil Lynott. Pada Desember 2012, dia ikut mendirikan band spin-off Thin Lizzy, Black Star Riders untuk bisa merilis materi baru yang sebagian besar dibuat oleh Warwick dengan gitaris Damon Johnson. Album pertama milik Black Star Riders, All Hell Breaks Loose dirilis pada Mei 2013.


Pada 2014, Warwick merekam sebuah album kedua dengan Black Star Riders. Berjudul The Killer Instinct, album ini dirilis pada 20 Februari 2015. Bersama komitmen turnya dengan Black Star Riders pada 2015, Warwick melakukan tur UK dengan rekan bandnya Damon Johnson, menampilkan lagu-lagu akustik dari Thin Lizzy dan Black Star Riders, juga beragam cover dan materi terpilih dari The Almighty dan solo. Dia juga merekam sebuah album dari cover berjudul Stairwell Troubador, kembali melalui PledgeMusic.


Selama 2016 dan awal 2017, Warwick dan Thin Lizzy menampilkan sejumlah pertunjukan kecil untuk merayakan ulang tahun ke 40 dari album hit terobosan milik band, Jailbreak dan ulang tahun ke 30 dari kematian Phil Lynott. Album ketiga milik Black Star Riders, Heavy Fire, dirilis pada 3 Februari 2017 dan mencapai #6 di tangga album UK. 

Pada Februari 2014, Warwick meluncurkan sebuah kampanye melalui PledgeMusic untuk meluncurkan dua album di tahun itu, satu berisi lagu-lagu akustik dengan yang lain adalah sebuah rekaman hard rock. Dua album itu, Hearts on Trees dan When Patsy Cline Was Crazy (And Guy Mitchell Sang The Blues), dirilis pada akhir 2014 untuk yang berkontribusi untuk kampanye PledgeMusic, dan di rilisan umum sebagai album ganda pada Februari 2016 di label Nuclear Blast. Para musisi tamu di rekaman ini meliputi Damon Johnson, Joe Elliott, Andy Caims, Billy Morrison, Nathan Connoly, Ginger Wildheart, Richard Fortus dan Jake Burns. Warwick membuat sebuah band bernama The Fighting Hearts untuk melakukan tur untuk album itu, yang menampilkan Gary Sullivan pada drum, bassis Black Star Riders Robbie Crane, dan mantan gitaris Mission Mark Gemini Thwaite. Ricky Warwick dan The Fighting Hearts mendukung Stiff Little Fingers di sebuah tur UK selama akhir Februari dan Maret 2016.


The Fighting Hearts menjalankan sebuah tur UK kedua pada November 2016, didukung oleh Vice squad. Mengisi peran bass pada tur ini adalah Richard Vernon.

Selama masanya dengan The Almighty, Warwick bertemu dan menikah dengan pembawa acara TV Vanessa Young, walau pasangan itu sudah bercerai. Dia kini menikah dengan Christina, dan pasangan ini tinggal di Los Angeles dengan keempat anak mereka.

Warwick berteman baik dengan penyanyi Joe Elliott, sudah menampilkan vokal latar di album-album Def Leppard, sementara Elliott membantu rekaman dan memproduseri album solo milik Warwick. Warwick juga bertindak sebagai pendamping pengantin Elliott di pernikahannya pada 2004.

Warwick adalah seorang penggemar dari klub sepakbola Irlandia Utara Glentoran, dan pada 2010 dia merilis sebuah DVD tiga lagu untuk membantu kampanye Spirit of 41 untuk menyelamatkan Glentoran dari kepunahan. Pada Desember 2014, dia menampilkan sebuah pertunjukan amal akustik di Dundonald (sebuah kota sebelah timur Belfast) untuk menggalang dana untuk Glentoran Community Trust. Warwick mengenakan sebuah seragam sepakbola bergaris resmi Glentoran untuk pertunjukan itu. Seragam itu menampilkan logo dari semua bandnya, meliputi The Almighty dan Thin Lizzy, dan dilelang untuk membantu menggalang dana untuk Yayasan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...