Laman

Kamis, 06 Juli 2017

RAY SUEN



Dilahirkan dengan nama Raymond Liang Suen di Newark, Delawara, AS pada 5 Juli 1985, adalah seorang musisi Amerika asal Los Angeles, CA dikenal untuk karyanya dengan The Killers, Mariachi El Bronx dan Childish Gambino.

Dibesarkan di San Diego, California dan berlatih secara klasik, Suen mulai memainkan violin pada usia tiga tahun. Dia bertindak sebagai seorang violinis utama dengan the La Jolla Symphony Orchestra dan juga mempelajari jazz sambil mengerjar sebuah gelar dalam Psikologi di UCSD. Dia menjadi seorang panutan di kancah musik San Diego yang tampil dengan grup rock, folk, jazz, dan world music juga rekaman dengan beberapa artis seperti Jason Mraz, Matt Curreri & the Exfriends, Joanie Mendenhall, dan Gregory Page. Dia juga terkadang tampil dengan band tetap Joe Firstman di Last Call with Carson Daly.

Setelah lulus pada 2007, dia mulai tur nasional pertamanya memainkan violin dan kibord dengan band glam-rock San Diego, Louis XIV membuka untuk band rock asal Las Vegas, The Killers di putaran akhir dari Sam’s Town Tour mereka. Suen kemudian bergabung dengan The Killers pada 2008 sebagai kibordis, gitaris, violinis, dan vokalis latar untuk Day & Age World Tour dan muncul di DVD konser milik The Killers, Live from the Royal Albert Hall.

Suen bertemu dengan para anggota dari Mariachi El Bronx saat mereka membuka untuk The Killers dan mulai melakukan tur dengan mereka menyusul akhir dari Day & Age Tour. Dia kemudian menjadi anggota, menulis lagu dan memainkan vihuela, jarana, harpa, gitar, violin, dan vokal untuk album “II” dan “III”. Suen meninggalkan band pada 2014.


Artis lain yang sudah tampil bersama meliputi Devon Sproule, The Flaming Lips dan Childish Gambino. Suen bermain dengan Sproule selama sebuah tur pemdek pada Februari 2009 dan memainkan perkusi dengan The Flaming Lips di The Tonight Show with Conan O’Brien pada Oktober 2009. Suen muncul lagi dengan The Flaming Lips di the 2011 New Year’s Eve Freakout memainkan harpa, gitar, synth dan perkusi lain untuk penampilan live pertama dari album The Soft Bulletin. Dia bermain di pertunjukan lanjutan Soft Bulletin juga pertunjukan Dark Side of the Moon sebagai musisi tambahan.

Suen bergabung dengan Childish Gambino selama tur I Am memainkan gitar, kibord, dan violin. Dia kembai bermain dengan Childish Gambino untuk tur the Camp and Beacause the Internet. Dia juga berkontribusi untuk album “Awaken, My Love!” yang dirilis pada Desember 2016.


Pada 2015, Suen menjadi seorang anggota tur dari Passion Pit untuk mendukung album ketiga mereka, Kindred. Pada 2016, dia melakukan tur dengan artis soul Australia Jarryd James memainkan kibord dalam mendukung album Amerika pertamanya, “High.”

Suen sudah merilis 2 EP sebagai proyek solonya, Savio Savio.

Pada 2017, Suen mulai bekerja sebagai penata musik untuk Lorde.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...