Laman

Rabu, 19 Juli 2017

MARI HAMADA




Dilahirkan pada 18 Juli 1962 di Nishi-Shinjuku, Tokyo, Jepang.

Mari Hamada mulai menyanyi secara komersil saat berada di SMA Metropolitan Musahigaoka saat dia membentuk sebuah band punk rock bernama Mari Band. Setelah lulua dari SMA dia belajar di Aoyama Gakuin University, dekat Tokyo, Jepang. Di Universitas dia bergabung dengan sebuah band pengiring bernama Hamachan dan mengisi vocal latar untuk sebuah grup bernama Misty Cats. Hal inilah yang memulai memberinya perhatian dari publik tapi hard rock kurang dikenal secara luas pada saat itu di Jepang dan tidak dianggap komersil.

Pada 1985 band merilis album studio kelima mereka berjudul Blue Revolution dengan sebuah single yang juga berjudul Blue Revolution yang memberi mereka perhatian lebih luas dari public Jepang. Ini diikuti oleh In The Precious Age pada 1987 dimana band mempekerjakan seorang produser asing untuk memberi mereka sebuah suara yang lebih komersil. Pada saat ini Mari mulai melakukan eksperimen dengan pengaruh dari genre music lainnya seperti melodi pop yang ringan berbasis hard rock. Pada 1988 mereka merekam tema yang digunakan untuk siaran Olimpiade Seoul di radio dan tv NHK, memberi mereka perhatian dari penonton yang lebih besar. Band diberi tawaran sebuah tempat di sebuah kontes menyanyi tahunan yang disiarkan tv berjudul Kohaku Uta Gassen, salah satu program tv yang paling banyak ditonton di Jepang, tapi menolak tawaran itu. Malahan, mereka merilis single baru mereka berjudul Heart and Soul.

Tahun berikutnya mereka merilis salah satu album terkenal mereka hingga kini, Return to Myself, yang menyertakan single Return to Myself diikuti enam bulan kemudian oleh Colors yang menyertakan single-single Tomorrow dan Anti-Heroine, yang terakhir menjadi nomor satu di tangga lagu Jepang.

Pada 1993, Mari berpartisipasi dalam sebuah grup amal bernama “Used to be a Child”, sebuah konsep yang mirip dengan Band Aid yang memberi donasi dari sebuah single, dalam hal ini uang diberikan untuk Islet Organization di Imabari City. Ini memberinya kesempatan untuk melakukan tur secara luas dengan grup dan pada 1994 dia muncul untuk pertama kali di Eropa dan sebuah album, Introducing… Mari Hamada juga dirilis di Eropa.


Album-album studio kemudian mengikuti dengan jarak dua tahun dengan Persona (1996), Philosophia (1998), dan Marigold (2000), tapi Mari mengambil cuti dari penampilan langsung hingga 2002 saat dia tampil di Akasaka Blitz sebelum tempat itu dibongkae dan dibangun kembali. Setelah itu Mari melanjutkan untuk merekam album setiap dua tahun dan menambahkan tur setiap tahun. Pada 2010 album Aestetica mendapatkan penyiaran gencar dan konsernya di gendung Nakano Sun Plaza direkam secara langsung dan dirilis sebagai 2-DVD box set dengan judul Mari Hamada Live in Tokyo ‘Aestetica’. Dalam waktu dua minggu album ini menjadi nomor tiga di tangga album Jepang. Album Legenda rilisan 2012, direkam langsunmg di gedung Nakano Sun Plaza pada 26 Mei 2012, menjadi nomor 5 di tangga single Oricon Music dan nomor 9 di tangga album.

Pada Januari 2014 Mari merilis sebuah boxset yang berisi 4 CD, 2 DVD dan sebuah buku dengan lagu-lagu yang menampilkan lagu langka dari katalog lamanya meliputi Bye Bye My Little Summer, Someone Like You dan untuk pertama kali dalam bentuk CD, Heartless Woman. Pada April 2014 Mari menampilkan konser tambahan di Tokyo menampilkan 28 lagu yang difilmkan untuk WOWOW, stasiun tv bayar pertama yang disiarkan melalui satelit di Jepang. Ini ditayangkan pada 20 Juli 2014 meliputi dua wawancara dengan Mari dan dirilis sebagai kumpulan 2 DVD dan Blu-Ray pada Januari 2015.

Pada 16 Agustus 2014, Mari tampil langsung di Summer Sonic Festival, sebuah festival rock tahunan selama dua hari yang diadakan di dua tempat secara simultan dengan band berpindah tempat untuk hari kedua. Pada 31 Agustus, 3 September dan 7 September 2014, Mari menampilkan konser dengan sebuah orkes simfoni berjudul “Rock Queen Orchestra”.

Pada 11 Oktober 2015, Mari tampil langsung di Loud Park Festival. Tamu khusus adalah Akira Takasaki (gitar) dari Loudness.


Pada 13 Januari 2016 Mari merilis albumnya “Mission”. Pada 29 Mei 2016 dia menampilkan konser terakhir dari tur “Mission”, konser ini difilmkan untuk rilisan DVD baru.

Pada 22 Februari 2017 adalah perilisan dari DVD barunya “Mission Tour”. Pada 18 Juli 2016 di hari ulang tahunnya dia menampilkan konser terakhir dari tur “Mission”, konser ini difilmkan untuk perilisan DVD baru. Konser dari 29 Mei tidak akan dirilis.

Band: Vokal: Mari Hamada (18.7.1962)/Gitar: Takashi Masuzaki (8.12.1962)/Gitar: Yoichi Fujii (16.7.1963)/Bass: Tomonori “You” Yamada (29.1.1961)/Drum: Satoshi “Joe” Miyawaki (5.6.1964)/Kibord: Takanobu Masuda (28.2.1962)/Vokal latar: Eri Hamada (8.5.1967)/Kibord & SE: Masafumi Nakao (18.8.1968)/Gitar: Nozomu Wakai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...