Laman

Minggu, 16 Juli 2017

JONATHAN NOYCE




Dilahirkan dengan nama Jonathan Mark Thomas Noyce pada 15 Juli 1971 di Sutton Coldfield, Warwickshire, Inggris. Ayahnya, Peter, adalah Choirmaster dan organis pembantu di Lichfield Cathedral, dan Jane, ibunya, pernah menjadi seorang perencana kota. Jonathan tumbuh dalam suasana music kor, organ dan orchestra pada koleksi rekaman kecil milik orangtuanya. Pertama dia mencoba banyak alat musik yang berbeda sebelum dia memilih bass. Dia lulus dari Royal Academy of Music di London.

Noyce menikmati kesuksesan pertamanya dengan grup pop Inggris Take That, untuk siapa dia mengisi bass di studio pada 1993. Selama periode ini Noyce bekerja secara dekat dengan produser Joey Negro alias Dave Lee.

Pada 1995, Noyce bertemu dan diminta untuk bermain di album solo milik gitaris Jethro Tull, Martin Barre, The Meeting. Ini menjadi batu loncatan untuk bertemu frontman Ian Anderson, yang kemudian meminta Jonathan untuk bergabung dengannya di tur dunia Divinities miliknya kemudian pada tahun itu. Beberapa bulan kemudian Dave Pegg mengumumkan pensiunnya dari Jethro Tull. Noyce adalah pilihan pertama alami dan bergabung dengan band pada Agustus 1995. Selama 11 tahun jabatannya dengan band, dia mengelilingi dunia, merekam beberapa album studio juga beberapa album live.


Menurutnya dia bermain bass dengan tidak nyata: “kalian tidak bisa mendengarnya, tapi kalian merasakannya.”

Diluar Jethro Tull, Noyce memiliki hubungan jangka panjang dengan gitaris Gary Moore, bermain dengannya di CD Old New Blues Ballads Blues milik Moore, rekaman DVD dari konser untuk merayarakan kehidupan dari Phil Lynott, One Night in Dublin, yang menampilkan para anggota dari Thin Lizzy, dan perilisan dari pertunjukan yang direkam terakhir milik Moore, Live at Montreux 2010.

2006 terlihat Noyce bergabung dengan The Divine Comedy untuk beberapa jadwal dan satu pemunculan televise di Eropa.

Sejak 2007 Noyce menjadi anggota dari band Inggris, Archive.

Rick Wakeman memanggil Noyce untuk konsernya di Hampton Court Palace pada 2009. Pertunjukan ini juga direkam dan difilmkan, The Six Wives of Henry VIII Live at Hampton Court Palace.


2010 dia bergabung kembali dengan Gary Moore untuk pertunjukan Summer of Rock di Eropa miliknya. Band ini juga menyertakan drummer dan teman Darrin Mooney dan, menyusul 21 tahun libur, pemain kibord dan gitar Neil Carter, tangan kanan Moore selama masa jayanya di kesuksesan internasional pada 1980an. Proyek Celtic-Rock ini berakhir dengan kematian mendadak dari Moore pada 6 Februari 2011. Band sedang berlatih sebelum kematiannya dalam persiapan untuk sesi rekaman dari album baru pada Februari tahun itu.

2010 Noyce mendapatkan salah satu kesuksesan komersil terbesarnya dengan perilisan album Bleu Noie dari superstar Perancis-Kanada Mylene Farmer, dimana dia mengisi bass. Dia memainkan bass untuk pertunjukan pertama milik Love Amongts Ruin di Eurosonic Festival pada Januari 2010.

2012 Noyce bergabung dengan rekan band Jethro Tull lamanya Martin Barre untuk pertunjukan di Eropa.

2013 Noyce bermain di album solo milik Martin Barre, Away With Words. Tahun yang sama dia bergabung dengan Sixto Rodriguez untuk sejumlah pertunjukan yang meliputi Monterux Jazz Festival dan Glatonbury Festival. Pada Desember dia bermain dengan Pentangle untuk sebuah konser untuk merayakan kehidupan dari Bert Jansh. Ini disiarkan di tv BBC.

2014 Noyce bergabung dengan band sampingan Gentle Giant, Three Friends, yang menampilkan para mantan anggota band Gary Green dan Malcolm Mortimore. Kerja lain meliputi memainkan soundtrack untuk film I Am Ali dan The Man from U.N.C.L.E., yang terakhir dengan Daniel Pemberton. Archive merilis sebuah film, Axiom, dan kembali ke Montreux Jazz Festival untuk memainkan soundtrack secara langsung. Tahun yang sama dia juga memproduseri untuk album mendatang yang belum diberi judul milik artis Mike Marlin.

2015 album baru milik Archive, Restriction menampilkan Noyce pada bass dan Mini Moog. Mereka melakukan tur pada 2016.

2016 Noyce memainkan bass di soundtrack untuk film King Arthur: Legend of the Sword oleh Guy Ritchie. Judul lagu dari film ini Gold oleh Stephen Gaghan (soundtrack Daniel Pemberton), ditulis dan dibawakan oleh Iggy Pop dan Danger Mouse. Noyce mengisi bass di sejumlah musik soundtrack.

Noyce terpengaruh oleh J.S. Bach, The Beatles, Miles Davis, Aphex Twin, Squarepusher dan Tom Petty & The Heartbreaker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...